Saturday, May 6, 2017

Mendidik Mental Anak Agar Jauh Lebih Sukses

Mendidik Mental Anak Agar Jauh Lebih Sukses - Setiap orang dituntut untuk mengeyam pendidikan setinggi mungkin. Dalam Hal ini adalah mencari ilmu hingga pendidikan tertinggi. Dari sekian model pendidikan, ternyata ada pendidikan yang mampu membuat orang berbeda dari yang lain. Perbedaan ini adalah pada output setelah dia menyelesaikan pendidikannya. Karena banyak anak yang sekolah tinggi-tinggi tapi setelah keluar malah menjadi pengangguran.

Mendidik Mental Anak Agar Jauh Lebih Sukses

Fenomena seperti ini memang sangat banyak sekarang ini. Salah satu hal yang bisa membantu seorang anak dalam mencapai output yang bagus adalah pada pendidikan mental. Model pendidikan seperti ini tidak ada dalam kurikulum sekolah. Sehingga, sangat jarang diketahui oleh setiap orang. seperti apakah pendidikan mental ini sebenarnya?

Pendidikan mental adalah suatu pendidikan yang diajarkan kepada anak untuk memberikan nilai percaya diri pada seorang anak. Hal ini memang sangat penting mengingat secerdas apapun seorang tapi pendidikan mentalnya rendah maka dia akan mudah putus asa ketika bertemu orang yang jauh lebih cerdas dari dia. Untuk memupuk pendidikan mental ini dapat dilakukan beberapa cara :

Pertama, temukan kelebihan seorang anak. Ini tentu sangat penting karena untuk menemukan kelebihan dari seorang anak tentu tidaklah mudah. Perlu waktu yang cukup panjang untuk mengeahui kelebihannya. Cara menemukannya adalah dengan cara melihat kegiatan apa yang menjadi hobinya. Misalnya seorang anak hobi di depan komputer yang terkoneksi dengan internet. Ini ada kemungkinan anak ini ketika besar ingin mendapatkan penghasilan dari internet lewat komputernya. Ketika sudah ditemukan kembangkan semua itu hingga menjadi ahli.

Kedua, tanamkan rasa motivasi dan percaya diri. Menamakan motivasi pada anak memang sangat penting karena terkadang sering kita lihat setelah nilai anak turun dalam mata pelajaran lantas menjadi down. Ketika anak mengalami hal demikian tanamkan pada diri mereka untuk segera move on dengan mengatakan bahwa “kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Terus berusaha dan jangan menyerah. Kalau kamu menyerah bapak tidak akan membeli sepatu mahal untuk kamu“. Dengan perkataan seperti itu setidaknya akan membuat anak cepat move on.

Ketiga, jangan membentak anak. Cara yang seperti ini dapat merusak mental anak. Sebab dengan cara dibentak maka anak akan merasa takut dan jika ini dilakukan secara berulang-ulang akan dapat membuat rasa percaya diri anak turun. Jik percaya dirinya sudah tidak ada maka mental seorang anak akan sedikit demi sedikit hilang.

Itulah beberapa cara agar anak bisa mendapatkan pendidikan mental yang kuat. Dengan pendiidkan ini maka anak akan mampu mengeluarkan seluruh kemampuannya. Sehingga, untuk mendapatkan kesuksesan di masa depan akan semakin terbuka lebar.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.