Saturday, May 13, 2017

Manfaat Tidur Singkat Bagi Pekerja Kantoran

Manfaat Tidur Singkat Bagi Pekerja Kantoran - Tidur singkat sekitar 15 hingga 20 menit atau populer disebut (Power Nap), bagi kamu karyawan atau pekerja kantoran, terbukti banyak memberi manfaat positif. Apa saja? Yuk simak ulasannya.

Manfaat Tidur Singkat Bagi Pekerja Kantoran

Tidur singkat sekitar 15 hingga 20 menit di sela-sela kegiatan atau lazim disebut dengan (Power Nap) ternyata banyak memberi manfaat bagi kamu pekerja kantoran.

Power Nap, istilah yang diperkenalkan oleh James Maas seorang Psikolog sosial dari Cornel University, USA, mampu memulihkan kesegaran tubuh dalam waktu singkat.

Proses biologisnya sederhana, saat kamu tidur tak lebih dari 20 menit – tidur sebelum masuk ke fase lelap – otak dan tubuh bisa beristirahat sambil mengisi ulang energi. Alhasil, saat bangun badan merasa lebih segar, semangat, dan berenergi. Performa kerja, fokus dan tingkat ketelitian pun dapat lebih meningkat.

Lebih jauh, Info Arlina merangkum Manfaat Tidur Singkat Bagi Pekerja Kantoran. Yuk simak.

1.Meningkatkan daya ingat otak


Otak sebagai pusat pengendali pikiran – sesekali perlu diajak istirahat – di sinilah manfaat tidur siang berkisar 20 menit sangat berarti. Pasalnya, mampu meningkatkan daya kerja otak, sehingga lebih segar, fokus dan berenergi.

Terlebih bagi bagi orang tua (lansia) ini sangat baik. Karena mampu meningkatkan memori dan daya ingat.

2. Meningkatkan fungsi indera dan kreativitas


Tidur siang yang efektif berkisar 20 menit terbukti dapat memperbaiki neuron – neuron otak sehingga bisa bekerja lebih efektif, jernih dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini sama efektifnya seperti tidur malam.

Manfaat tidur siang juga meningkatkan daya kreativitas dengan memberikan berbagai ide – ide baru yang segar, membuka wawasan dan mengembangkan informasi baru yang ada di otak kamu.

3. Mengurangi stres


Tak dapat dipungkiri, stres merupakan salah satu sumber penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan syaraf dan jantung. Banyaknya aktivitas serta tuntutan kerja yang tinggi membuat otak menjadi lebih tegang karena terlalu banyak berfikir secara terus menerus.

Kondisi ini, bisa menjadi beban bagi otak dan membuat stres yang berlebihan. Sebaiknya kamu dapat mencuri waktu dengan tidur siang singkat.

Hal ini tentu dapat membuat otak dan tubuh bersitirahat sejenak mengumpulkan energi. Sekaligus mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

4. Meningkatkan performa kerja


Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan dan performa motorik, sehingga kamu merasa lebih berenergi saat bekerja. Pastikan waktu tidur berkisar 20 menit saja – jangan keterusan.

Atur alarm untuk membuat kamu terbangun tepat waktu, jika kamu tidur siang terlalu lama, kamu malah akan merasa pusing sesudahnya.

5. Meningkatkan kebugaran


Manfaat lain yang dapat kamu petik dari tidur singkat yaitu akan meningkatkan energi positif, memperbarui mood serta membuat tubuh kamu bugar.

Sebuah studi dari Stanford University, USA, menemukan bahwa atlet yang mendapatkan banyak tidur siang lebih cepat berlari, daya tahan lebih lama, detak jantung yang lebih rendah, dan latihan yang lebih baik.

Kesimpulannya sepanjang kamu melakukan power nap ini secara efektif dan benar, dapat dipastikan akan mampu memberikan tambahan energi, meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh. Tak percaya? Cobain deh.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.