Thursday, May 18, 2017

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Jantung - Fakta mengatakan, Penyakit Jantung Koroner merupakan pembunuh no 1 di dunia. Penyakit Jantung Koroner atau biasa disingkat PJK adalah penyakit kurangnya suplai oksigen ke jantung yang menyerang koroner atau otot yang menggerakkan jantung.

Manfaat Sinar Matahari Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Kerja jantung yang memompa darah terganggu salah satunya akibat timbunan lemak dalam koroner. Timbunan lemak yang ada pada koroner diakibatkan oleh gaya hidup dengan makan makanan yang tidak sehat. Selain makanan, ada faktor lain yaitu sinar matahari.

Penelitian yang dilakukan oleh Jehad H. Elhissi dan kawan-kawan di Palestina mengungkapkan bahwa sinar matahari dapat mencegah terjadinya PJK. Seseorang yang kurang mendapat sinar matahari akan beresiko hampir 4 kali dapat terjangkir PJK daripada mereka yang cukup terkena sinar matahari.

Bagaimana hal tersebut terjadi? Vitamin D dalam makanan sehari-hari penting bagi berbagai organ tubuh selain tulang, salah satunya adalah jantung. Asupan oral vitamin D maupun pro-vitamin D yang terdapat pada kulit manusia akan diubah di hati dan ginjal serta beberapa organ tubuh lain menjadi calcitriol, bentuk aktif vitamin D. Calcitriol berfungsi mencegah gagal jantung maupun memperingan tingkat keparahannya melalui empat mekanisme, berupa regulasi inflamasi, reduksi hipertrofi otot jantung, regulasi sistem RAA, dan mencegah kalsifikasi dinding pembuluh darah. Asupan vitamin D yang adekuat mengurangi risiko terjadinya gagal jantung yang disebabkan oleh mekanisme tersebut.

Dengan sinar matahari kita dapat menghindari PJK, tentunya dengan sinar matahari yang menyinari tubuh kita dalam jumlah cukup. Setiap pagi, merupakan momen yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari yang optimal yaitu pada jam 06.30 sampai 07.30. Pada waktu tersebut, sinar matahari belum banyak mengandung sinar UV. Apabila pagi tidak memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari, siang hari kita dapat memperoleh Vitamin D dalam jumlah cukup untuk mencegah PJK dalam waktu 10 menit saja, karena sinar UV sudah terlalu banyak dan dapat menyebabkan kulit terbakar.

Setelah melihat manfaat sinar matahari, tentunya kita tidak boleh berpikiran bahwa hanya sinar matahari yang dapat mencegah PJK. Makanan dan gaya hidup dan sehat akan dapat membantu menyehatkan jantung. Hindari makanan yang berlemak jahat akan mencegah timbunan lemak di pembuluh darah khususnya di jantung.

Jangan melewatkan hangatnya sinar matahari di pagi hari yang dapat menyehatkan jantung kita dan mencegah penyakit.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.