Saturday, May 6, 2017

Manfaat Positif Tertawa Bagi Kesehatan Anda

Banyak pepatah mengatakan tertawalah sebelum tertawa itu dilarang, mungkin ungkapan ini benar adanya karena ternyata tertawa itu menyehatkan. Seperti dilansir dari Huffington Post, dalam sehari jika Anda tertawa dan diakumulasikan hingga 15 menit saja, tertawa memberikan dampak positif bagi tubuh.

Manfaat Positif Tertawa Bagi Kesehatan Anda

Lantas apa saja reaksi yang terjadi pada tubuh ketika seseorang merasa bahagia dan berakhir tertawa? Ini dia beberapa Manfaat Positif Tertawa Bagi Kesehatan Anda.

Manfaat Positif Tertawa Bagi Kesehatan Anda

1. Mengusir stres


Ternyata terbahak dapat menekan hormon stres yang ada dalam tubuh. Tertawa akan membantu mengusir stres dan rasa gelisah yang berlebihan sehingga perlahan mengembalikan perasaan positif. Endorphin yang dihasilkan saat tertawa membuat perasaan jauh lebih nyaman.

2. Mengikis kalori


Tahukah Anda, tertawa secara spontan selama 10-15 menit bisa membakar hingga 10-40 kalori per hari? Selain itu tertawa juga membantu mengatur dan mengoptimalkan leptin dan grehlin (hormon nafsu makan) sehingga Anda bisa mengontrol kapan tubuh perlu makanan. Bukan sekadar ingin makan karena faktor emosional.

3. Meningkatkan antibodi


Tanpa disadari saat Anda tertawa produksi antibodi tubuh meningkat drastis. Tak hanya itu secara alami tubuh akan memperkuat sel untuk melindungi sistem tubuh, termasuk T-Cell yang bertugas mematikan sel tumor. Bahkan Anda akan terhindar dari infeksi berbahaya karena kadar oksigen meningkat ketika Anda tertawa.

Manfaat Positif Tertawa Bagi Kesehatan Anda

4. Menyehatkan jantung


Menurut dr S.K Gupta, senior consultant di Indraprastha Apollo Hospitals, “Tertawa merupakan latihan bagi jantung dan juga paru-paru. Saat seseorang tertawa, denyut jantung meningkat dan otak menjadi lebih rileks.”

5. Sebagai anti-rasa sakit alami


Tertawa meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengurangi rasa sakit. Saat tertawa, tubuh melepaskan endorphin yang juga dikenal sebagai hormon bahagia. Ketika hormon ini dilepaskan, Anda jadi tidak terlalu merasakan sakit pada luka maupun rasa nyeri lainnya. Tertawa tidak akan menyembuhkan penyakit kronis Anda, tetapi bisa membantu meringankan rasa sakit yang Anda derita.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.