Saturday, May 13, 2017

Komunikasi Daring dan Jenisnya

Komunikasi Daring dan Jenisnya - Berikut ini adalah informasi tentang Komunikasi Daring yang di ulas berdasarkan jenis-jenis atau macamnya. Banyak orang atau pelajar yang sedang belajar tentang ilmu komunikasi perlu memahami hal tersebut dengan baik dan benar. Karena jika pemahaman dasar ini salah, maka akan memberikan pengaruh kepada pelajaran komunikasi dari lainnya yang terkait, seperti pengertian dan maksud komunikasi daring, jenis Komunikasi dari beserta metodenya, perbandingan komunikasi daring dengan yang lain, dan sebagainya.

Komunikasi Daring dan Jenisnya

Jadi, supaya menuju pencapaian pemahaman yang benar tentang komunikasi daring, seseorang harus banyak-banyaknya membaca buku dan melakukan diskusi dengan teman-teman.

Baiklah, sekarang Iumari akan mengulas/membahas tentang Jenis-Jenis dan Komunikasi Daring dan Macamnya, antara lain sebagai berikut.

Ada terdapat 2 jenis komunikasi daring yang harus di pahami jika merujuk pada laman brainly yang berhasil saya kutip, yaitu :

1. Komunikasi daring sinkron (serempak)


Komunikasi Daring dan Jenisnya

Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut :

a. Text chatText chat adalah sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama-sama sedang menggunakan Internet). Komunikasi teks dapat mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.

b. Video chatVideo chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun tablet atau smartphone (juga disebut telepon video call).

Video chatting itu dapat berupa interaksipoint-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak), seperti dalam Google+ Hangouts.Video chatting sering disalahartikan dengan video conference. Video chatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (poin to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).

2. Komunikasi daring asinkron (tak serempak)


Komunikasi daring asinkron

Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

Nah, bagaimana? Anda sudah paham tentang jenis-jenis komunikasi daring? Semoga saja ya. Jika Anda belum paham, ada baiknya coba bertanya kepada orang lain yang menurut Anda memahami tentang topik terkait, bisa guru, dosen atau praktisi komunikasi daring. Dengan begitu Anda akan cepat memahaminya dengan baik dan benar.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.