Monday, May 1, 2017

Kini Google Mengindeks HTTPS Sebelum HTTP

Google melalui Zineb Ait Bahajji mengumumkan bahwa ke depan, Kini Google Mengindeks HTTPS Sebelum HTTP. Hal tersebut berarti bahwa jika halaman Anda saat ini masih menggunakan HTTP maka Google akan mencoba untuk untuk melihat apakah ada halaman serupa yang berada di HTTPS dan menampilkan hasilnya di hasil pencarian mereka.

Kini Google Mengindeks HTTPS Sebelum HTTP

Google mengatakan

Hari ini kami ingin mengumumkan bahwa kami sedang menyesuaikan sistem pengindeksan kami untuk mencari halaman HTTPS lebih dulu secara spesifik, kami akan mulai melakukan crawling HTTPS setara dengan halaman HTTP, bahkan ketika sebelumnya tidak terkait dengan halaman manapun…ketika kedua URL dari domain yang sama tampaknya memiliki konten yang sama tapi disajikan diatas skema protokol yang berbeda, kami biasanya akan memilih untuk mengindeks URL yang HTTPS.

Kondisinya meliputi :


  1. Tidak mengandung dependensi yang tidak aman.
  2. Tidak memblokir crawling dengan robot.txt.
  3. Tidak mengarahkan pengunjung ke atau dari sebuah halaman HTTP yang tidak aman.
  4. Tidak memiliki sebuah link rel=”canonical” ke halaman HTTP.
  5. Tidak memiliki on-host outlink ke URL HTTP
  6. Sitemap memiliki daftar URL HTTPS atau tidak terdapat daftar versi HTTP
  7. Server memiliki sertifikat TLS valid
  8. Kondisi pertama adalah salah satu yang besar, bahwa halaman tidak termasuk “dependensi tidak aman”. Banyak halaman termasuk gambar tidak aman, embeds, video, dll.

Sepertinya Google mencoba untuk memahami kekhawatiran para pemilik website yang tidak mau langsung menggunakan HTTPS karena takut kehilangan traffic . pengunjung di mesin pencari, karena mengubah URL tentu bisa memberikan efek pada visibilitas website mereka di Google.

Namun hal tersebut semuanya adalah upaya Google untuk membuat website jadi lebih aman, seperti dilansir laman Search Engine Land, Jumat (17/12/2015).

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.