Saturday, May 27, 2017

Jenis Konduktivitas

Jenis Konduktivitas - Secara umum, konduktivitas adalah tingkat di mana materi atau energi dapat melewati materi yang diberikan. Bahan dengan konduktivitas listrik tingkat tinggi, misalnya, akan dengan mudah mengakomodasi pergerakan muatan listrik. Tentu saja, pengukuran ini memiliki beragam aplikasi praktis, mulai dari penggunaan konduktivitas untuk memindahkan panas atau energi menggunakan isolasi agar tetap menyala.

Jenis Konduktivitas

Masing-masing penggunaan ini bergantung pada jenis aktivitas yang diinginkan dan jenis konduktivitas yang digunakan sebagai referensi.

Konduktivitas termal


Konduktivitas termal

Konduktivitas termal adalah ukuran kemampuan material untuk mengakomodasi pergerakan energi panas (kalor) yang diukur dalam Watt per meter Kelvin (W / mK). Bahan dengan tingkat konduktivitas termal yang tinggi biasanya digunakan sebagai heat sink dalam aplikasi praktis, sama seperti bahan dengan tingkat konduktivitas termal rendah (tingkat resistivitas termal yang tinggi) sering digunakan sebagai isolasi. Meskipun ada pengecualian, logam cenderung menjadi konduktor termal dan gas yang baik cenderung merupakan isolator yang baik.

Konduktivitas listrik


Konduktivitas listrik

Konduktivitas listrik, yang diukur di Siemens per meter (S / m), bergantung pada struktur molekul yang serupa dengan konduktivitas termal. Bahan logam dan sangat terpolarisasi yang menghantarkan panas dengan baik juga merupakan konduktor listrik yang baik. Mengingat pentingnya listrik di dunia modern – dan khususnya pentingnya memindahkan listrik dari generator ke pengguna – konduktivitas listrik adalah pengukuran yang sangat relevan, digunakan untuk merancang sistem transmisi listrik seperti kabel listrik tembaga yang memindahkan energi pada jarak yang jauh dengan daya tahan minimal.

Konduktivitas ionik


Konduktivitas ionik

Konduktivitas ionik adalah kategori molekuler yang mengukur kemampuan partikel bermuatan (ion) untuk bergerak melalui struktur kristal material. Senyawa dan unsur yang mampu menerima pergerakan ion melalui strukturnya disebut elektrolit dan biasanya padat atau cair. Meskipun konduktivitas ionik tampaknya memiliki lebih sedikit aplikasi praktis daripada bentuk konduktivitas lain dan yang lebih dikenal, mengukur dan mengendalikan konduksi ionik sebenarnya yang membuat benda-benda rumah tangga biasa seperti gelombang mikro dan baterai bekerja.

Konduktivitas hidrolik


Konduktivitas hidrolik

Konduktivitas hidrolik menggambarkan laju di mana air dapat bergerak melalui unsur berpori dari permukaan. Diukur secara empiris atau diprediksi dengan perhitungan ukuran butiran, konduktivitas hidrolik merupakan pertimbangan penting untuk menilai permeabilitas tanah, batuan dan lapisan tanaman. Studi semacam itu memberikan informasi penting untuk pengelolaan daerah aliran sungai, pertanian dan pencegahan banjir. Konduktivitas hidrolik juga digunakan untuk memodelkan perilaku akuifer dan deposit air bawah tanah, yang dibentuk oleh kemampuan air untuk bergerak secara horisontal dan vertikal melalui berbagai material dan lapisan geologi.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.