Saturday, May 13, 2017

Gerakan Gaya Hidup Hemat Energi

Gerakan Gaya Hidup Hemat Energi - Earth Hour merupakan gerakan publik, menyatukan masyarakat dari seluruh dunia untuk berkomitmen bergaya hidup hemat energi dengan cara mematikan lampu dan alat elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam. Earth Hour Global pertama kali dibentuk di Australia pada tahun 2008. Kemudian terbentuk di Indonesia pada tahun 2009, tepatnya di Jakarta, lalu tahun 2010 terbentuk di Jogja dipelopori oleh Felix Krisnugraha.

Gerakan Gaya Hidup Hemat Energi

“Earth Hour Jogja bergerak dibidang lingkungan, dan yang menjadi perhatian utama adalah isu global warming yang berujung pada perubahan iklim. Tiap tahun, kami mengadakan Switch Off Ceremony, serentak seluruh dunia dari Earth Hour Global pada Malam Minggu ke-3 pada bulan Maret pukul 20.30-21.30 waktu setempat. Untuk di Jogja sendiri, Switch Off Ceremony dikenal dengan nama Jogja Petengan. Switch off ini adalah suatu aksi simbolis sebagai awal dari perubahan gaya hidup menuju gaya hidup yang lebih baik dan mempedulikan lingkungan,” jelas Angelina Indra, anggota EH Jogja.

Switch off ini dapat dijadikan sebuah komitmen awal untuk mengubah gaya hidup kita menjadi gaya hidup ramah lingkungan sebagai usaha memerangi perubahan iklim. Untuk agenda tahunan, EH Jogja ada switch off/Jogja Petengan, EH Sesami (Sekolahku Sayang Bumi) yaitu program edukasi gaya hidup ramah lingkungan ke sekolah-sekolah baik SD, SMP, maupun SMA, Baby Tree Friends yaitu adopsi dan penanaman pohon, dan konservAKSI yaitu pelestarian penyu.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.