Monday, May 1, 2017

Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet Tahan Lama

Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet Tahan Lama - Pakaian atau baju merupakan kebutuhan yang tak bisa di anak tirikan. Pakaian mungkin sama seperti makanan adalah sesuatu yang harus di beli. Dikatakan sebulan sekali mungkin Anda akan membeli pakaian baru untuk digunakan sehari-hari. Hingga pada akhirnya lupa dengan pakaian lama yang sesungguhnya jika di rawat dengan baik akan tampak seperti baru seperti baju baru di toko. Apakah Anda sudah tahu cara merawat pakaian agar tetap awet dan tampak baru saat digunakan?

Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet Tahan Lama

Mungkin dari Anda kebanyakan menggunakan pakaian seperti ala kadarnya saja, mencuci seperti biasa lalu di setrika. Dan bahkan yang lebih parahnya lagi malas mencuci dan membiarkan baju yang sudah keringatan dan bau di simpan untuk kemudian di pakai kembali. Hayo ngaku siapa yang seperti itu?

Sejatinya, baju lama akan tampak seperti baju baru jika kita bisa dan tahu cara benar dalam hal merawatnya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat pakaian Anda yang lama agar tetap awet dan tampak baru tanpa harus membeli pakaian baru yang mahal harganya. Seperti apa silakan simak cara merawat pakaian agar tetap awet berikut ini.

Mengetahui Waktu Yang Tepat Untuk mencuci Pakaian


Sejatinya banyak sekali jenis pakaian yang bisa Anda pakai berkali-kali sebelum masuk dalam dafar cucian. Namun ada juga beberapa pakaian yang sekali pakai dan harus segera di cuci kemudian. Dalam hal ini pakaian seperti jeans bisa Anda pakai 5 sampai 10 kali sebelum di cuci, sweater boleh Anda pakai 10 sampai 15 kali sebelum di cuci.

Sementara itu untuk pakaian seperti kemerja, kaos, dan pakain dalam serta kaos kaki alangkah baiknya di cuci setelah 1 kali pemakaian. Namun untuk Jeans dan Sweater juga bila dirasa digunakan dalam kegiatan yang sangat kotor alangkah baiknya di cuci langsung jangan disimpan karena akan berdampak bau dan tidak enak juga ketika dipakai.

Menutup Resleting Sebelum di Cuci


Cara merawat pakaian agar tetap awet tentu harus dilakukan dengan seksama dan alangkah baiknya dalam mencuci pun harus dilakukan oleh diri sendiri. Karena jika dilakukan orang lain bisa jadi cara mencucinya sangatlah buruk dan terbilang asal-asalan. Untuk membuat pakaian tetap awat dan tampak baru selalu ketika dipakai alangkah baiknya Anda menutup resleting agar tidak rusak dan melar saat di cuci. Hal ini sangat direkomentasikan terlebih lagi bagi Anda yang suka mencuci dengan mesin cuci.

Tambahkan Garam dalam air cucian


Cara yang satu ini Anda gunakan untuk membuat pakaian tetap cerah dan tidak pudar warnanya. Dalam sebuah penelitian dikatakan garam bisa digunakan untuk menjaga warna pakaian agar tetap cerah dan tidak luntur saat di cuci. Cara pemakaiannya adalah taburkan sedikit garam untuk pakaian berwarana atau larutan garam dan cuka untuk bahan jeans pada air cucian. So cara ini bisa membuat pakaian Anda tetap awet dan tampak selalu baru ketika di pakai.

Bersihkan Noda Secepat Kilat


Yosha, untuk tetap membuat pakaian tampak baru dengan warna yang cerah ketika terkena noda sigaplah dan langsung bersihkan noda tersebut. Jangan dibiarkan apalagi sampai kering hal tersebut akan membuat warna hilang dan noda tersebut sulit untuk dibersihkan.

Gunakan Air Dingin Untuk Mencuci


Cara merawat pakaian agar tetap awet lainnya bisa Anda lakukan dengan air dingin ketika mencuci. Artinya air dingin bisa membuat warna pada pakaian tetap melekat dan tidak membuat baju Anda cepat melar. So jangan coba-coba mencuci pakaian dengan air hangat yah..

Pisahkan Pakaian sesuai warna sebelum di cuci


Sejatinya sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang mencampurkan semua pakaian dalam satu wadah cucian. Entah karena malas atau bagaimana kadang tak berpikir jernis masa semua baju di satuin apalagi baju yang berwarna disatukan dengan baju lainnya saat mencuci. Harusnya Anda bisa memilih dan berpikir logis saja mana baju putih mana baju merah, jangan sampai beberapa warna dalam beberapa baju disatukan dalam satu wadah kemudian di cuci berbarengan.

Cuci dan Keringkan Baju dalam Keadaan Terbalik


Cara merawat baju agar tetap awet lainnya bisa Anda lakukan adalah dengan cara mencuci baju atau pakaian dengan bagian dalamnya berada di luar, kemudian di jemur dengan keadaan yang sama juga. Ini bisa mencegah baju kehilangan warna karena gesekan saat di cuci serta menghindari kerusakan warna akibat paparan sinar matahari langsung.

Keringkan Pakaian Putih di Luar, sedang Pakaian Berwarna di dalam


Cara yang satu ini bisa Anda lakukan jika memang waktu dan tempat Anda tinggal memungkinkan untuk melakukannya. Dikatakan cara untuk merawat baju agar tetap awet adalah dengan cara mengeringkan baju berwarna putih di luar ruangan sedangkan untuk mengeringkan baju yang berwarna gelap dan cerah dilakukan di bawah naungan atap.

Simpan dan Lipat Rapih Baju Anda


Lipat pakaian yang bahannya mudah melar seperti kaus dan sweater. Gantung kemeja dan terusan dengan hanger agar senantiasa rapi. Pastikan tempat penyimpanan tidak lembap, namun terhindar dari paparan sinar matahari. Jika diperlukan, letakkan beberpa butir kapur barus di dekatnya.

Jangan memakai Pakaian sehari-hari saat tidur


Terakhir cara merawat pakaian agar tetap awet yang mesti Anda perhatikan dan jangan selalu Anda lakukan karena salah adalah menggunakan pakaian sehari-hari ketika tidur. Mungkin dari Anda semua ada yang sudah biasa dan bahkan melakukan ini semua sepanjang hari. Seharusnya gunakan pakaian tidur untuk tidur dan gunakan pakaian biasa sehari-hari untuk kegiatan sehari-hari juga. Menggunakan pakaian harian saat tidur bisa membuat pakaian Anda cepat rusak.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.