Wednesday, May 3, 2017

Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah

Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah - Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa/murid di bawah pengawasan guru, Dimulai dari belajar menulis, berbicara, dan lain sebagainya. Susahnya meningkatkan prestasi disaat masa-masa ke-emasan ini yaitu pada saat masa sekolah memang menjadi masalah banyak orang.

Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah

Prestasi di Sekolah menjadi jaminan kita bisa di terima di banyak golongan masyarakat . bagaimana Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah ? Berikut tips-tipsnya. Mohon di baca dan di laksanakan?

1. Jadilah seorang pemimpin

Latihlah diri anda memiliki rasa tanggung jawab. Bila guru anda menyuruhmu untuk membersihkan kelas ? terima saja itu baik untuk lingkungan sekolah kamu juga Jangan ragu untuk menerimanya, apalagi itu akan berbuah baik untukmu sendiri. Ajak beberapa teman kelas kamu untuk membersihkan kelas lalu pimpin mereka. Maka secara tidak kau sadari guru akan memberikan penilain dari perilaku mu dan akhlak mu.

2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik

Jawabanlah setiap pertanyaan yang diajukan oleh gurumu. Selama anda bisa menjawabnya jawablah dengan baik dan benar. Tapi, kalau pun kamu tidak bisa itu bukan berarti kamu gagal itu berarti kamu diberitahukan untuk lebih giat lagi belajar. Jangan menunggu guru untuk memanggilmu untuk menjawab sebuah pertanyaan yang dibuat pada saat belajar

3. Jangan malu untuk bertanya

Malu bertanya sesaat di jalan. Pepatah itu sepertinya cukup untuk menjelaskan point ini. Selalu ajukan pertanyaan yang kamu tak sanggup untuk menjawabnya. Selagi guru memberikan waktu untuk kita bertanya.

4. Kerjakan selalu Pr-mu

Jangan menunda nunda tugas mu apalagi mengerjakan tugas di sekolah jika anda tidak mampu mengerjakan tugas buat lah kelompok belajar anda agar tugas yang sulit dapat di selesaikan dengan saling share informasi

5. Setiap pulang sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi diajarkan

Setidaknya satu atau dua pelajaran. Memang setiap pulang sekolah biasanya kita males untuk mengerjakan point yang satu ini. Terkadang kita lelah/capek saat pulang sekolah lalu langsung menjatuhkan diri ke kasur yang empuk dan nikmat. Tapi, usahakan untuk mengulang pelajaran yang tadi di ajarkan oleh gurumu. Setidaknya ini berguna pada saat ulangan nanti pelajaran yang nanti di ajarkan mungkin saja muncul pada saat ulangan. Harian maupun ulangan dadakan

6. Cukup istirahat

Semuanya dilakukan secara berimbang teman . Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas!

7. Banyak berlatih pada pelajaran yang kurang disukai

Memang hal ini sering kita keluhkan. Apabila anda tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika dan fisika , maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika dan fisika , kalian malahan menyukainya.

8. Ikutilah kegiatan ekskul yang kita sukai

Cari tahu apa yang kamu sukai dan kamu cocok untuk kamu tekuni. Contohnya seperti eskul Pencak silat atau sepak bola juga bisa. Cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah. Dan belajar kebersaman dari sebuah tim dan penting nya persahabatan

9. Cari seorang pembimbing yang baik dan menyenakan serta memotivasi

Orang tua memang merupakan pembingbing anda yang baik selain guru. Apabila anda tidak mengerti pelajaran yang di ajarkan gurumu di sekolah. Anda bisa meminta petunjuk kepada orang tuamu sendiri . Selain itu, kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi. Cari teman yang baik pintar dan ngak pelit untuk berbagi ilmu.!

10. Jangan suka mencontek

Hal ini memang menjadi penyakit pelajar Indonesia pada saat ini.. Biasakan untuk tidak mencontek sejak kecil karena Kalau mencontek, anda bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, teman yang anda contek itu menjawab pertanyaan dengan benar dan tepat . Belum lagi kalau ketahuan guru dan teman lain, malu nya itu ? Kalau kamu rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan bahkan ujian semester pun dapat hasil yang memuaskan .

Nah itulah Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan kalian juga bisa menerapkan point-point diatas di kehidupan sehari-hari. Walaupun manusia itu tidak bisa berubah langsung 100% tapi mari kita rubah cara pola belajar kita secara perlahan lahan tapi pasti Bagaimana pendapat anda.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.