Saturday, May 6, 2017

Cara Meningkatkan Pengunjung Tanpa SEO

Cara Meningkatkan Pengunjung Tanpa SEO - Mungkin para pembaca blog ini adalah para blogger. Dan mungkin juga para blogger yang sedang membaca postingan ini merupakan blogger yang sudah putus asa dengan yang namanya SEO. Dan ya, judul artikel ini adalah Cara Meningkatkan Pengunjung Tanpa SEO yang artinya kita akan belajar bagaimana caranya mendapat banyak visitors di blog kita tanpa SEO.

Cara Meningkatkan Pengunjung Tanpa SEO

Kita semua tau bahwa SEO (atau kepanjangannya adalah Search Engine Optimization) merupakan sebuah istilah atau mungkin teknik yang digunakan oleh para blogger di dunia agar dapat meningkatkan pengunjungnya dengan cara yang mungkin agak sulit dan memerlukan kesabaran. Teknik ini mungkin perlu dipelajari banyak waktu. Namun ternyata, taukah kamu bahwa ada cara yang lebih mudah untuk cara meningkatkan pengunjung blog tanpa SEO?

Mungkin sebagian kalangan menganggap SEO itu sulit, termasuk saya. Sulit disini bukan dalam prakteknya, karena menurut saya mempraktekkan SEO sangat mudah, namun yang menjadikannya sulit adalah ketika semua itu gagal (tapi tentu jangan putus asa ya), teknik SEO sendiri yang saya tau ada dua jenis, yaitu:

SEO Onpage dan SEO Offpage


Kedua teknik tersebut apabila diaplikasikan pada blog kamu dengan benar maka akan menjadikan blog kamu menjadi banyak pengunjungnya, Insya Allah.

Ya, di postingan kali ini saya akan mencoba mengulas tentang bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog tanpa SEO. “Memang bisa?” Ya bisa atau tidaknya sih saya gak tau, namun berdasarkan pengalaman saya sih bisa. Yang penting di sini adalah teknik kejujuran serta teknik yang bersih, kemudian juga yang harus kamu lakukan selepas ini adalah melakukan action! Jadi dengan kata lain jangan membaca teorinya saja, namun usahakan untuk langsung action ya.

Gimana Sih Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa SEO? Internet Marketing!


Ya, jawaban yang mungkin bisa saya lontarkan kepada anda adalah internet marketing. Memang SEO kalau gak salah masuk ke dalam kategori internet marketing. Namun tentunya bukan hanya SEO saja yang ada pada kategori internet marketing, ada lagi berbagai macam teknik-teknik yang lain selain SEO yang bisa kamu aplikasikan pada blog kamu.

Kira-kira, yang akan kita bahas disini adalah sebagai berikut :

  1. Berdoa,
  2. Menyusun Judul yang Menarik,
  3. Menyusun Artikel yang Menarik,
  4. Menyajikan konten yang kaya,
  5. Menggunakan tampilan yang enak dimata,
  6. Promosi,
  7. Tawakal

Nah mari langsung saja kita bahas, ini dia Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa SEO.

1. Berdoa


Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa SEO yang pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan berdoa. Berdoa merupakan senjata paling ampuh dalam melaksanakan ibadah (dan bekerja pun termasuk ibadah), maka dari itu mulai sekarang mari kita biasakan berdoa sebelum melakukan pekerjaan atau bekerja.

Nah perlu kamu ketahui pula bahwa ternyata waktu bekerja yang bagus adalah waktu pagi. Berdasarkan informasi yang saya lihat dari situs almanhaj.or.id, bahwa Rasulullah Shallahu Alaihi Wasalam pernah berdoa, “Ya Allah, berkahilah umatku waktu pagi mereka” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa-i, Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Dan ada juga hikmah dibalik itu semua, kita tau bahwa waktu pagi adalah waktu dimana segala aktifitas manusia dimulai, dan saat itu pula seseorang merasakan semangat selepas beristirahat pada malam hari, maka dari itu Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wasallam berdoa keberkahan di waktu pagi sehingga seluruh umatnya memperoleh bagian dari doa tersebut.

Maka dari itu berdoa itu penting kawan sebelum melaksanakan berbagai aktifitas termasuk bekerja.

2. Menyusun Judul yang Menarik


Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa SEO yang kedua adalah dengan membuat atau menyusun judul artikel yang menarik. Sekarang saya ingin tanya, manakah dari kedua judul berikut ini yang menurut kamu lebih bagus dan kira-kira lebih banyak dikunjungi oleh para masyarakat?

“Tutorial Menggunakan Baju”

atau

“Susah Make Baju? Lihat Nih Tutorial Menggunakan Baju Untuk Pemula”

Coba mana menurut kamu yang lebih bagus? Judul di atas saya ceritanya saya menargetkan keyword tutorial menggunakan baju, nah menurut kamu mana yang lebih banyak kliknya? Menurut saya sih yang kedua. Kenapa?

Karena judul yang kedua tersebut mempunyai keunikan serta menarik sehingga memungkinkan banyak orang yang melakukan klik pada judul tersebut. Karena memang di jaman sekarang orang membutuhkan yang namanya keunikan sehingga wajar apabila judul yang kedua tadi mempunyai nilai klik yang lebih banyak.

Lalu bagaimana caranya menyusun judul agar menarik? Menurut saya mudah, caranya sama seperti diatas. Misalnya kamu mengincar keyword atau membuat artikel tentang laptop harga murah. Maka cobalah susun beberapa kata sebagai berikut :

  • Lagi Gak Ada Duit? Ini Dia Daftar Laptop Harga Murah yang Perlu Kamu Lirik
  • Laptopmu Rusak? Cobain Deh Laptop Harga Murah Berikut Ini
  • Bosen Sama Laptop Sekarang? Yuk Lirik Daftar Laptop Harga Murah

Kelemahan dari penyusunan judul seperti diatas mungkin hanya satu, yakni kepanjangan kata. Maka dari itu kamu perlu pintar-pintar untuk menyusun kata agar tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek namun disusun agar menarik sehingga orang-orang tertarik untuk membaca artikel tersebut.

Apalagi untuk mencari judul utamanya saja mungkin agak susah, sehingga kamu perlu mencari inspirasi untuk dapat menemukan judul yang pas dan judul yang menarik. Maka dari itu cobalah untuk berlatih menyusun judul artikel agar terlihat menarik dan terlihat unik di mata pengunjung.

3. Menyusun Artikel yang Menarik


Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa SEO yang ketiga adalah dengan menyusun artikel yang menarik. Apa maksudnya? Baik nanti kamu akan paham sendiri kok bagaimana maksud saya, Insya Allah.

Di poin yang ketiga ini ada kaitannya dengan poin yang kedua, dimana selain membuat judul yang menarik, kamu juga perlu untuk menyusun artikel yang menarik pula.

“Lalu gimana caranya menyusun artikel agar menarik?” Mudah kok, berikut ringkasannya:

  • Membuat artikel dengan bahasa yang mudah dipahami,
  • Membuat artikel dengan konten yang berbobot,
  • Membuat artikel yang berisi berbagai sumber dari para ahli

Baik sekarang mari saya jelaskan satu persatu.

a. Membuat Artikel Dengan Bahasa yang Mudah Dipahami

Untuk dapat melakukan hal ini tentunya yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah dengan belajar Bahasa Indonesia. Tak perlu susah payah menjadi mahasiswa jurusan sastra untuk dapat memiliki kemampuan ini, karena sekarang kamu dapat belajar sastra atau bahasa Indonesia dengan mudah, bukankah sekarang sudah ada internet yang dapat memudahkan kita? Maka dari itu cobalah internet, namun tentunya agar lebih profesional dan lebih mantap kamu belajar saja sastra langsung dari ahlinya.

Namun perlu diingat, sering kali mungkin saat kita sedang membaca artikel blog lain dengan bahasa yang sangat lugas atau bahasa yang sangat baku, maka kita akan merasa bingung tentang apa yang sedang dibahas pada artikel tersebut, maka dari itu cobalah membuat artikel dengan bahasa yang tidak terlalu kaku, artinya buat artikel yang menggunakan bahasa yang dipahami oleh para pembaca.

Kamu bisa menggunakan bahasa gaul namun sopan, tapi ingat jangan menggunakan bahasa gaul terus ya di artikel kamu, selingi dengan menyisipkan bahasa yang baku juga agar bervariasi.

b. Membuat Artikel yang Berbobot

Yang kedua adalah dengan membuat artikel atau konten yang berbobot. Maksud dari berbobot disini bukan artikel yang ukurannya satu kilo, namun maksud dari berbobot disini adalah artikel yang memiliki isi.

Mungkin sering kali para pembaca dan saya sendiri mengunjungi suatu blog atau situs yang memuat artikel yang kebetulan mirip dengan masalah yang sedang kita alami, misalnya kita sedang merasa capek dan pusing, maka mungkin kita akan search di internet tentang obat-obat bagus untuk menghilangkan rasa pusing.

Dan “mendaratlah” kita pada suatu blog atau artikel yang memuat konten dengan masalah yang serupa dengan kita. Namun sayangnya di konten atau artikel tersebut sama sekali tidak membuat kita puas.

Mungkin di artikel tersebut hanya memuat tentang masalah-masalah yang kamu alami, namun tidak memberikan solusi kepada masalah yang sedang kamu alami, maka hindarilah konten model seperti ini.

Usahakan buat artikel yang berbobot sehingga para pengunjung blog atau website kamu akan merasa puas dengan apa yang sudah kamu sajikan.

c. Membuat Artikel yang Berisi Berbagai Sumber Dari Para Ahli

“Maksudnya gimana nih?” Jadi begini, mungkin sering diantara kita membuat suatu artikel dengan topik yang tidak kita kuasai secara penuh, sehingga kita hanya menyajikan konten-konten dengan apa yang kita miliki saja, padahal dalam topik di artikel yang sedang kamu bahas memiliki cangkupan informasi yang luas.

Maka dari itu para ahli juga perlu “turun tangan” di artikel kamu. Langsung saja saya kasih contohnya:

Misalkan kamu ingin membuat artikel tentang cara menjadi programmer sukses, padahal kamu sendiri bukanlah seorang programmer yang terbilang sukses. Dan di artikel tersebut kamu hanya memberikan informasi sebatas pengetahuan yang kamu miliki, padahal di artikel tersebut memerlukan informasi yang lebih luas lagi.

Dan suatu hari kamu melihat ada seorang programmer profesional yang ternyata bertetangga dengan kamu. Kamu bisa tuh tanya-tanya kepadanya tentang “sepak terjang”nya di dunia programming, kemudian kamu minta ijin bahwa pengalamannya tersebut dimuat dalam blog kamu.

Otomatis informasi yang ada pada artikel kamu akan semakin bagus dengan terlibatnya para ahli. Nah begitu yang saya maksud.

Namun ingat, usahakan sebisa mungkin untuk meminta ijin dulu kepada ahli yang bersangkutan untuk dimintai informasi yang nantinya dimuat pada blog kamu agar nantinya tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Menyajikan Konten yang Kaya


Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa SEO yang selanjutnya adalah dengan memberikan para pengunjung dengan konten yang kaya. Konten yang kaya disini bukan maksudnya memiliki uang satu milyar, bukan seperti itu. Namun konten yang kaya disini adalah konten yang mempunyai berbagai macam “variasi”. “Maksudnya?”, baik mungkin teman-teman semua masih belum paham.

Begini, usahakan di artikel yang kamu buat memiliki beberapa unsur berikut ini:

  • Gambar (seperti gambar ilustrasi, infografis, dan yang lain)
  • Audio
  • Video
  • embed dari sosial media,
  • dan lain-lain.

Sekarang coba kamu bayangkan, apabila kamu sedang membaca suatu artikel, namun ternyata isi dari artikel tersebut 100% berisi teks saja, tentunya bikin pusing dan malas membacanya bukan?

Nah maka dari itu peranan dari media lain mungkin sangat dibutuhkan di sini. Hal ini berguna untuk membuat mata para pembaca tidak malas membaca sehingga para pengunjung merasa betah di website kamu.

Ilustrasi dan Infografis

Disini saya asumsikan kamu sudah mengerti tentang ilustrasi dan infografis.

Nah untuk membuat ilustrasi dan infografis cukup mudah, yang perlu kamu tau adalah basic dari desain saja. Usahakan saat membuat ilustrasi dan infografis harus sama atau relevan dengan topik artikel yang sedang dibahas.

Kamu bisa menggunakan software-software editing foto yang terkenal, untuk lebih jelasnya silahkan cari di internet.

Audio

Maksud dari audio di sini adalah di artikel yang kamu buat akan terasa lebih lengkap jika diberi sentuhan audio atau suara.

Apalagi sekarang teknologi web sudah semakin maju dan mungkin hampir semua browser mendukung adanya audio ini. Maka dari itu cobalah memberikan sentuhan audio di artikel kamu.

Sekali lagi, audio juga harus relevan dengan topik artikel yang sedang kamu bahas.

Embed

Mungkin kamu sekarang sudah tau bahwa kebanyakan sosial media sekarang sudah memperbolehkan para penggunannya untuk melakukan embed.

Dengan melakukan embed memungkinkan status kamu atau apapun yang kamu taruh di sosial media dapat “terangkat” pada isi artikel kamu.

Maka cobalah gunakan fitur ini agar artikel lebih menarik sehingga para pengunjung betah untuk selalu mengunjungi situs kamu.

5. Menggunakan Tampilan yang Enak di Mata


Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa SEO yang selanjutnya adalah dengan menggunakan tampilan atau template yang enak di mata.

Bayangkan saja seperti ini, misalnya kamu mengunjungi sebuah situs yang kata teman kamu situs tersebut mempunyai konten yang sangat bagus dan sangat powerfull, namun setelah kamu mengunjungi situs tersebut kamu malah merasa situs tersebut nggak enak untuk “ditempati”, nah ternyata yang bikin nggak enak tersebut adalah pada bagian tampilan atau templatenya.

Biasanya orang yang menyadari seperti mungkin orang-orang yang condong menggunakan otak kanan. Karena sepengetahuan penulis para desainer itu menggunakan otak kanan untuk bekerja.

Dan Alhamdulilah sekarang sudah banyak kok penyedia-penyedia template yang terlihat enak di mata sehingga membuat para pengunjungnya menjadi betah untuk “menetap” di situs tersebut.

6. Promosi


Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa SEO yang keenam adalah dengan melakukan promosi. Promosi merupakan sentuhan yang mungkin memerlukan kehati-hatian, karena apabila kamu promosi di salah tempat, mungkin usahamu akan sia-sia, atau mungkin malah kamu di bully.

Melakukan promosi dapat ditempuh dengan berbagai cara, berikut cara-caranya :

  • Promosi di sosial media (menggunakan fitur ads yang disediakan di media sosial tersebut),
  • menyewa slot iklan di website terkenal,
  • broadcast di group-group,
  • bicara face-to-face,
  • dan lain-lain

Nah mari kita bahas satu per satu.

a. Promosi di Sosial Media

Sekarang mungkin para pembaca sudah mengetahui bahwa ada beberapa media sosial yang mengeluarkan fitur untuk para penggunannya khususnya para pebisnis yang ingin membuat bisnisnya tersebut berkembang, yakni dengan cara bekerja sama dengan media sosial tersebut dengan menggunakan ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada media sosial tersebut.

Namun ingat, baca dengan teliti sistem pembayaran atau sistem iklannya ya, jangan sampai kelaur dari aturan syariat.

b. Menyewa Slot Iklan

Mungkin para pembaca sekalian pernah mengunjungi suatu situs yang memang terlihat sangat banyak sekali pengunjungnya, bukan hanya itu, setiap harinya terdapat banyak diskusi aktif di website tersebut, hal ini tentunya menandakan bahwa pemilik website tersebut sangat produktif dalam mengembangkan website itu.

Nah mungkin juga si pemilik website memberikan kesempatan bagi para pemilik bisnis untuk bekerjsama dengannya melalui penyewaan slot iklan yang sudah disediakan oleh pemilik website tersebut.

Biasanya yang admin tau, sistem penyewaannya adalah per bulan. Jadi pihak pemilik bisnis nantinya memberikan sebuah banner dengan ukuran tertentu yang nantinya akan di pasang di website, dan si pemilik website akan mematok harganya secara per bulan.

c. Broadcast di Group-Group

Cara yang selanjutnya adalah dengan melakukan broadcast. Maksud dari boardcast di sini adalah dengan melakukan pemberitahuan kepada teman-teman kamu di group media sosial atau yang lainnya, misalnya perusahaan kamu saat ini sedang melakukan promosi besar-besaran, maka kamu bisa langsung melakukan broadcast di group-group.

d. Bicara Face-to-Face

Yang ini mungkin tidak terlalu efektif namun mungkin juga perlu kamu coba. Nah misalnya perusahaan kamu sedang melakukan promosi besar-besaran, maka kamu bisa mencoba untuk melakukan promosi kepada teman-teman kamu, misal pas pulang ngaji kamu berpapasan dengan teman kamu, kemudian kamu bisa langsung menyapanya dan memberitahu bahwa perusahaan kamu saat ini sedang melakukan promosi besar-besaran.

7. Tawakal


Yang terakhir adalah dengan tawakal. Setelah kamu melakukan semua pekerjaan di atas, maka selanjutnya adalah tawakal. Kita berserah diri kepada Allah, kalau memang proyek kita berhasil maka ucap Alhamdulilah dan selalu tingkatkan ibadah. Tapi kalau proyek gagal, maka ucap juga Alhamdulilah dan selalu tingkatkan ibadah sekaligus juga jangan putus asa!

Demikian artikel ini saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat, kalau ada salah kata yang mungkin menyakiti hati para pembaca, maka saya mohon maaf.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.