Wednesday, May 3, 2017

Cara Menggunakan Toilet Duduk

Cara Menggunakan Toilet Duduk - Anda belum pernah buang air menggunakan toilet duduk? Sehingga anda bingung cara menggunakan toilet duduk?

Cara Menggunakan Toilet Duduk

Tolet duduk merupakan jenis kloset yang dirancang untuk memudahkan penggunanya dengan menggunakan tombol single flush atau double flush untuk menyiram kotoran di dalam kloset.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang lebih sering menggunakan toilet jongkok dari pada menggunakan toilet duduk untuk buang air karena sudah sering menggunakan toilet jongkok dan dinilai lebih mudah penggunaanya. Oleh karena itu kebanyakan orang merasa bingung ketika hendak buang air besar atau kecil di hotel atau pusat perbelanjaan yang menggunakan toilet duduk.

Cara Menggunakan Toilet Duduk yang Benar


Cara Menggunakan Toilet Duduk

Cara penggunaan toilet duduk yang benar dapat membantu anda mengurangi resiko terjadinya kecelakaan atau benturan fisik yang ditimbulkan akibat kesalahan posisi duduk dalam menggunakan toilet tersebut. Ada beberapa langkah yang dapat anda gunakan untk menggunakan toilet duduk.

1. Membersihkan Toilet Duduk Terlebih Dahulu.

Langkah pertama adalah ambil ambil air dan siram bagian toilet yang akan digunakan untuk duduk. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan kebersihan pada bagian duduk toilet tersebut sehingga kulit anda tidak terkena iritasi atau gatal-gatal.

2. Mengeringkan Toilet Duduk dengan Tisu.

Kemudian keringkan bagian yang tersebut dengan tisu toilet hingga bersih dan nyaman untuk anda duduki. Bila anda menggunakan toilet duduk di tempat umum, sebaiknya setelah dikeringkan, anda lapisi tisu toilet pada bagian tersebut.

3. Duduk biasa di Toilet (Jangan Jongkok).

Setelah itu, duduklah dengan benar pada toilet duduk. Duduk biasa seperti di kursi. Jangan melakukan posisi jongkok pada toilet duduk, karena hal tersebut dapat membahayakan anda bila anda terjatuh atau terpelesat.

4. Menyiram dengan Menekan Tombol.

Setelah melakukan proses pembuangan air besar, tekan tombol single flush atau double flush yang berada di bagian atas toilet duduk. Maka toilet duduk akan menyiram bekas kotoran anda secara otomotasis. Tekan lebih dari satu kali untuk memastikan toilet duduk yang anda gunakan benar-benar bersih dari sisa kotoran anda.

5. Cebok dan Keringkan dengan Tisu.

Disamping toilet duduk biasanya terdapat selang yang ujungnya terdapat semprotan. Inilah yang anda gunakan untuk cebok. Setelah itu, lap bagian pantat anda menggunakan tisu yang ada di samping.

6. Cuci Tangan dengan Sabun.

Setelah itu, cuci bersih tangan anda menggunakan sabun agar terhindar dari kuman yang menempel selama proses pembuangan air besar.

Penggunaan toilet duduk memiliki tingkat resiko penularan penyakit dan bakteri lebih tinggi dari pada toilet jongkok. Hal tersebut dikarenakan kulit tubuh anda kontak langsung dengan bagian dari toilet duduk. Oleh karena itu, sebaiknya anda menjaga kebersihan toilet duduk anda dengan cara berikut.

Cara menjaga kebersihan toilet duduk


1. Membersihkan Toilet Secara Rutin

Untuk menjaga kebersihan toilet duduk yang anda gunakan setiap hari. Anda harus rajin membersihkan toilet duduk tersebut secara rutin, minmal 1 kali dalam seminggu. hal tersebut bertujuan agar dinding-dinding pada bagian kloset duduk bebas dari bakteri dan kuman penyebab penyakit.

2. Pakai Larutan Pembersih Toilet

Untuk menjamin kebersihan dan kesehatan toilet duduk yang anda gunakan. Ada baiknya anda memakai larutan pembersih toilet yang banyak dijual di pasaran. Larutan pembersih toilet memang di rancang khusus untuk menghilangkan bakteri dan kuman berbahaya yang terdapat pada toilet duduk anda.

Tuang larutan toilet secara merata pada bagian luar dan dalam dinding toilet duduk anda. kemudian sikat dan gosok bagian tersebut hingga kotoran yang melekat pada dinding toilet duduk anda hilang. Lalun siram menggunakan air bersih.
Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan toilet anda, sama halnya juga dengan menjaga kebersihan diri anda. Karena banyak kejadian dan penyakit yang dapat timbul akibat penggunaan toilet duduk yang salah dan kotor.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.