Monday, May 1, 2017

Cara Menggunakan Mesin Kasir

Cara Menggunakan Mesin Kasir - Anda belum tahu cara menggunakan mesin kasir? Mesin kasir adalah alat yang digunakan untuk mencatat angka pembayaran dan menyimpan uang yang anda terima selama hari kerja. Jenis dan bentuk mesin kasir (Cash Register) berbeda-beda, namun tetap saja memiliki persamaan satu sama lainnya.

Cara Menggunakan Mesin Kasir

Untuk menggunakan mesin kasir, ada beberapa tahap yang harus anda pahami, yaitu mempersiapkan mesin kasir, melakukan penjualan, dan memperbaiki kesalahan. Berikut ini penjabaran mengenai tahap-tahap yang harus anda lakukan untuk menggunakan mesin kasir.

Tahapan Menggunakan Mesin Kasir

Mempersiapkan Mesin Kasir


Tahap pertama dalam menggunakan mesin kasir adalah mempersiapkan mesin kasir. Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Taruh mesin kasir di permukaan yang keras dan rata. Biasanya di toko atau tempat penjualan mesin kasir diletakkan pada meja kasir yang luas, sehingga pembeli dapat menaruh barang belanjaannya di meja tersebut untuk dihitung.

2. Setelah itu, sambungkan mesin kasir langsung ke sumber listrik. Sebaiknya, anda tidak menggunakan kabel tambahan atau sambungan karena akan dikhawatirkan akan menyebabkan konslet pada arus listrik.

3. Untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik, pasangkan baterai pada mesin kasir anda. Biasanya tempat baterai terletak di bawah tempat kertas tanda terima pembayaran (struk pembelian).

4. Setelah itu, pasang kertas tanda terima pembayaran. Caranya buka penutup tempat kertas pembayaran dan masukkan gulungan kertas ke dalam penggulungnya hingga kertas masuk ke bagian depan mesin kasir . Hal tersebut bertujuan agar anda dapat dengan mudah merobek atau memotong struk pembayaran yang akan anda berikan kepada pembeli. Tekan tombol “FEED” agar mesin kasir menyedot dan melakukan penggulungan terhadap kertas tersebut.

5. Kemudian, buka laci penyimpanan uang pada mesin dan simpan kunci laci tersebut agar tidak hilang. Sebaiknya meletakkan kunci laci di dalam laci penyimpanan uang tersebut agar lebih mudah ditemukan ketika anda ingin mengunci lagi laci penyimpanan uang tersebut.

6. Setelah semua siap, nyalakan mesin kasir. Pada beberapa jenis mesin kasir tombol ON/OFF terletak di bagian belakang atau samping mesin kasir. Nyalakan mesin atau putar kunci ke arah REG. Untuk jenis mesin kasir yang baru tekan tombol MODE lalu pilih mode REG atau operational.

7. Setelah itu, atur pemrogaman pada mesin kasir anda sesuai dengan spesifikasi mesin kasir anda.

Melakukan Penjualan


Setelah mesin kasir dipasang, maka tahap selanjutnya adalah menggunakan mesin kasir untuk melakukan penjualan. Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Masukkan kode pengaman atau password pada mesin kasir. Biasanya mesin kasir memiliki kode pengaman yang diketahui oleh kasir pada toko atau tempat penjualan tersebut untuk memastikan keamanan pada mesin kasir.

2. Kemudian, gunakan tombol angka untuk mengetik harga produk yang dibeli atau arahkan barcode produk pada alat pemindai (scanner) jika mesin kasir yang anda gunakan menggunakan sistem scanner.

3. Setelah itu tekan tombol kategori/ department untuk menentukan produk yang dimasukkan tersebut tergolong kategori produk apa (makanan, pakaian, dll).

4. Kemudian, tekan tombol FEED agar kertas struk pembayaran naik ke atas dan dapat membaca angka transaksi pada mesin kasir.

5. Jika anda ingin memasukkan produk yang sama beberapa kali, tekan angka yang menyatakan jumlah produk tersebut, kemudian tekan tombol QTY, masukkan harga produk, lalu tekan tombol kategori/ department yang terkait.

6. Kemudian, tentukan jenis pembayaran yang dilakukan oleh pembeli :

Tunai : Ketik angka jumlah unag tunai yang dibayarkan pembeli (misal: 100.000) kemudian tekan tombol CASH/AMT TND

Kredit : Tekan tombol CREDIT atau CR dan gesekan kartu kredit pembeli pada mesin untuk kartu kredit.

7. Kemudian, tekan tombol NO SALE atau NS untuk membuka laci penyimpanan uang. jika pembeli melakukan pembayaran secara tunai. Setelah itu tutup kembali laci penyimpanan uang tersebut.

Memperbaiki Kesalahan


Tahap ini dilakukan untuk memperbaiki kesalahan yang anda lakukan dalam menggunakan mesin kasir. Perhatikan caranya di bawah ini.

1. Bila pembeli membatalkan barang yang dibeli setelah anda memasukkan harga, yaitu:

Ketik angka harga barang yang anda batalkan, kemudian tekan tombol kategori/ department, lalu tekan VOID atau VD untuk mengurangkan harga barang yang tidak jadi dibeli tersebut dari subtotal.

2. Bila anda tidak sengaja memasukkan angka harga yang salah dan sudah menekan tombol kategori/ department, maka anda harus membatalakan transaksi dengan cara mengetik angka yang salah tersebut, kemudian tekan tombol kategori/ department, lalu tekan VOID atau VD untuk mengurangkan angka yang salah tersebut dari subtotal.

3. Bila anda tidak sengaja memasukkan angka harga yang salah dan belum menekan tombol kategori/ department. Anda dapat menekan tombol CLEAR atau C untuk menghapus angka yang salah tersebut.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.