Monday, May 1, 2017

Cara Membantu Anak Memanfaatkan Teknologi dengan Tepat

Cara Membantu Anak Memanfaatkan Teknologi dengan Tepat - Di zaman yang serba canggih dengan aneka macam teknologi menguasai kehidupan, orang tua yang bijak perlu memperkenalkan tekologi tersebut kepada anak. Dengan pengenalan teknologi seperti laptop dan gadget sedini mungkin, maka anak akan ikut ke dalam arus globalisasi yang modern, mereka tak akan ketinggalan dengan teman sebayanya yang lain.

Cara Membantu Anak Memanfaatkan Teknologi dengan Tepat

Namun sayang, yang namanya teknologi selalu memberikan suatu keseimbangan, yaitu berdampak positif dan bisa juga berdampak negatif, tergantung dari bagaimana orang yang menggunakannya. agar anak tak terjerumus ke dalam dampak negatifnya, orang tua harus mempunyai cara memanfaatkan teknologi yang baik untuk anak.

1. Jadwalkan Waktu Agar Anak Bisa Bermain dengan Teknologi


Teknologi adalah sarana belajar yang menyenangkan. Berbagai gambar animasi yang warna-warni dan bisa bergerak adalah salah satu yang menjadi daya tarik. Semua anak pasti senang jika belajar menggunakan laptop. Maka jangan sia-siakan kesempatan ini. Anda bisa menyisipkan berbagai macam aplikasi bermain dan belajar di dalam gadget. Inilah cara memanfaatkan teknologi untuk anak yang pertama.

2. Variasikan Teknologi yang Ada


Cara memanfaatkan teknologi yang kedua adalah dengan memberikan variasi. Setelah anak mengenal satu macam permainan, maka unduhlah media pembelajaran yang lainnya, yang sekiranya bervariasi dan bisa memperluas wawasan anak. Misalnya Anda mendownload aplikasi permainan pengenalan warna, bentuk, ataupun puzzle.

3. Jangan Lupa Membuat Aturan dan Batasan


Buatlah jadwal khusus untuk anak dalam bermain teknologi. Anda bisa memberikannya setiap hari, namun dalam jangka waktu yang dibatasi, misalnya saat sore hari setelah ia mandi, atau siang hari setelah ia pulang dari sekolah. Anda bisa memberikannya waktu 1-2 jam saja. Anda juga bisa mendowload aplikasi parental control untuk membantu Anda dalam membatasi berapa lama anak bermain dan permainan apa saja yang boleh dimainkan sesuai dengan umurnya.

4. Lakukan Hanya Sesuai Porsi


Jangan hanya memberikan waktu bermain menggunakan teknologi saja. Namun berikan waktu agar ia keluar bermain bersama teman, melakukan olahraga, berjalan-jalan ria, dan mengeksplore semua yang ada di sekitarnya. Itu adalah cara memanfaatkan teknologi untuk anak dengan tepat.

5. Berikan Rangsangan Kognitif


Cara memanfaatkan teknologi yang selanjutnya adalah dengan memberikan rangasangan kognitif. Agar kegiatan belajar dengan menggunakan teknologi kian menarik dan tidak membosankan, downloadlah sebuah cerita dari internet. Baakan cerita kepada anak sesuai dengan intonasi dan karakter yang digambarkan dalam cerita tersebut. tambah baik lagi jika dilengkapi dengan gambar. Dengan demikian, Anda sudah meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir, memecahkan masalah sederhana, serta mencerna informasi dengan baik.

6. Mengasah Kemampuan Motorik Anak


Ternyata saat anak menekan tombol keyboard, menyentuh layar gadget, atau menggerakkan jari untuk menyentuh mouse, bisa memberikan tambahan fungsi motorik. Gerakan itulah yang bisa melatih ketajaman koordinasi antar mata dan tangan.

Sangat penting semua orang tua untuk belajar teknologi dan mengetahui cara memanfaatkan teknologi. Ikutilah kemajuan teknologi yang ada sekarang ini, karena anak-anak akan terlibat aktif ketika bermain laptop, maka jangan lupa untuk terus mengawasi dan ikut saat ia bermain teknologi.

Semua aturan dan batasan yang sudah dibuat merupakan cara memanfaatkan teknologi untuk anak. Latihlah anak Anda untuk disiplin menaati semua kesepakatan yang telah dibuat bersama. Jika bukan jadwalnya untuk bermain laptop atau gadget, maka sebaiknya jauhkan kedua benda tersebut dari pandangan anak Anda.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.