Monday, May 1, 2017

Cara Memasang Tabung Gas Elpiji yang Benar

Cara Memasang Tabung Gas Elpiji yang Benar - Anda ingin memasang tabung gas elpiji? Namun anda takut memasang gas elpiji 3 kg karena takut terjadi ledakan? Bagi anda yang ingin melakukan pemasangan atau penggantian tabug gas elpiji 3 kg, sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Apabila anda melakukan kesalahan, akibatnya akan fatal dan dapat menyebabkan ledakan. Oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan pemasangan dan penggantian tabung gas elpiji secara baik dan benar.

Cara Memasang Tabung Gas Elpiji yang Benar

Langkah-langkah pemasangan tabung gas elpiji


1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa tabung gas yang anda gunakan berlogo SNI dan tidak bocor yang biasanya terdapat pada sambungan foot ring dan kepala tabung gas. Untuk mengujinya anda dapat melumuri leher tabung dengan air sabun. Jika terdapat gelembung-gelembung sabun, maka gas tersebut mengalami kebocoran. Sebaliknya, jika tidak terdapat gelembung sabun pada leher tabung gas, berarti tabung gas tersebut aman dan tidak bocor.

2. Setelah itu, pastikan juga bahwa di dalam kepala tabung gas terdapat karet (Rubber Seal) yang kondisinya masih lentur, halus, tidak mudah sobek, dan sesuai dengan lingkar diameter lubang tabung gas.

3. Kemudian, pastikan tidak ada sumber api ketika proses pemasangan regulator ke tabung gas.

4. Setelah itu, pasangkan regulator dengan posisi tegak lurus ke leher tabung kemudian putar pengunci yang berada di bagian samping regulator searah dengan jarum jam atau 180 derajat.

5. Apabila saat melakukan pemasangan regulator pada gas, anda mendengar bunyi “cesss” atau mendesis. Segera buka regulator dan tukar karet gas dengan karet gas yang baru atau karet pada tabung sebelumnya.

6. Jika saat pemasangan tidak terdengar suara mendesis, anda dapat menyalakan kompor gas dengan memutar knopnya pada posisi ON.

7. Jika setalah dihidupkan kompor gas tidak mengeluarkan api. maka anda amati putaran jarum pada regulator. Apabila jarum penunjuk pada regulator tidak ke arah kanan, maka kemungkinan regulator kompor anda rusak sehingga kompor tidakk bisa menyala.

8. Namun, jika jarum regulator ke arah kanan dan kompor belum bisa menyala. Maka anda matikan dulu kompor gasnya (putar knop pada posisi OFF), kemudian anda tepuk-tepuk pelan pada regulator kompor dan goyangkan selangnya. Kemudian, coba hidupkan lagi kompor gasnya.

9. Bila kompor gas tetap tidak bisa hidup, coba anda tukarkan tabung gas tersebut dengan tabung gas yang baru, kemungkinan bagian penekan regulator anda panjangnya tidak sesuai dengan panjang leher tabung gas.

Setelah anda memahami cara pemasangan tabung gas elpiji yang benar. Anda juga harus paham cara mengetahui kebocoran tabung gas dan langkah yang anda lakukan jika terjadi kebocoran gas. Perhatikan cara dan langkahnya di bawah ini

Cara Mengetahui Kebocoran Tabung Gas dan Langkah yang Harus Anda Lakukan


Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengetahui kebocoran pada tabung gas elpiji 3 Kg yang anda beli. Perhatikan cara-caranya di bawah ini.

1. Tercium bau gas yang sangat menyengat setelah pemasangan regulator pada tabung gas.

2. Terdapat embun di sekitar leher atau lubang tabung gas 3 Kg.

3. Terdapat bunyi mendesis pada regulator setelah pemasangan regulator pada tabung gas.

Jika anda mengalami hal-hal tersebut di atas, maka langkah yang harus segera anda lakukan yaiitu :

1. Anda lepaskan regulator pada tabung dan bawa tabung ke tempat yang terbuka

2. Tidak menyalakan api atau menyalakan listrik

3. Kembalikan tabung gas tersebut kepada agen gas elpiji.

Jadi, tetaplah hati-hati dan teliti dalam memasangkan tabung gas 3 Kg ke kompor anda. Setelah memahami cara-cara di atas, maka diharapkan kejadian kebakaran atau ledakan yang timbulkan oleh tabung gas dapat dihindarkan.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.