Wednesday, May 3, 2017

Biodata dan Profil Cristiano Ronaldo

Biodata dan Profil Cristiano Ronaldo - Ganteng, tinggi, atletis, dan yang paling menarik, jago main bola lagi! Pasti banyak wanita yang tergila-gila dengannya. Kapten timnas Portugal bernama lengkap Cristiano Ronaldo dosSantos Aveiro oni memang menjadi salah satu pemain bola terbaik dan terpopuler selama satu dekade terakhir.

Biodata dan Profil Cristiano Ronaldo

Banyak sekali torehan prestasi yang diukirnya, mulai dari Ballon d’Or, FIFA World Player of the Year, hingga menjadi satu-satunya pemain Eropa yang berhasil mendapatkan empat kali penghargaan Sepatu Emas Eropa. Selain itu, pria bernomer punggung “7” dan memiliki julukan CR7 ini juga berhasil membukukan berbagai rekor fantastis di persepakbolaan dunia. Ingin tahu lebih dalam tentang biodata dan profil Cristiano Ronaldo? Simak ulasannya berikut ini.

Biodata Cristiano Ronaldo


  • Nama Asli Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro
  • Profesi Striker dan Kapten Timnas Portugal dan Real Madrid
  • Tanggal Lahir 5 Februari 1985
  • Tempat Lahir Santo Antonio, Portugal
  • Kewarganegaraan Portugal
  • Ayah José Dinis Aveiro
  • Ibu Maria Dolores dos Santos Aveiro
  • Pasangan –
  • Anak Christiano
  • Terkenal lewat Karir cemerlangnya sebagai striker di klub Manchester United & Real Madrid

Karir


Ronaldo memulai karir bermain bola profesionalnya saat bergabung dengan Sporting Lisbon sejak usianya masih dibawah 15 tahun. Ia menjadi satu-satunya pemain yang pernah bermain untuk klub Sporting untuk bagian U-16, U-17, dan U-18, tim B, dan tim utama, semuanya dalam satu musim sekaligus. Dia berhasil mencetak dua gol dalam debut liga utamanya saat Sporting berhasil menang atas Moreirense dengan skor 3-0, dan tampil pertama kali untuk timnas Portugal pada tahun 2002 saat menjalani Kejuaraan Eropa U-17.

Ronaldo mulai mendapat perhatian dari manajer Manchester United Alex Ferguson di musim panas 2003, saat Sporting berhasil mengalahkan United dengan skor 3-1 dalam acara inagurasi pemain Estadio Jose Alvalade di Lisbon. Penampilan Ronaldo sangat mengesankan bagi para pemain MU, dimana mereka sangat takjub dengan permainan Ronaldo dan akhirnya mendesak Fergie untuk meminang Ronaldo menjadi pemain MU. Akhirnya, di tahun 2003 Ronaldo menjadi pemain Portugal pertama yang merumput di Old Trafford (markas besar MU) dengan nilai kontrak transfer “hanya” 12,24 juta pounds.

Pada awalnya, Ronaldo meminta ke Alex Ferguson untuk memberikannya nomer punggung 28, seperti yang dipakainya saat masih membela Sporting Lisbon. Namun, Sir Alex Ferguson malah memberinya nomer punggung 7 yang sebelumnya telah dipakai oleh beberapa legenda MU seperti George Best, Bryan Robson, Eric Cantona, dan David Beckham. Itulah mengapa ini menjadi motivasi Ronaldo untuk memberikan penampilan terbaik atas kehormatan yang diterimanya.

Ronaldo melakoni debut pertamanya di tim Setan Merah sebagai pemain pengganti di menit ke-60 dalam kemenangan kandang 4-0 atas Bolton Wanderers, dan memberikan kinerja yang dipuji oleh Alex Ferguson sebagai “luar biasa”. Ia mencetak gol pertamanya untuk Manchester United dengan tendangan bebas saat menang 3-0 atas Portsmouth pada 1 November 2003. Ronaldo mencetak gol Premier League ke 1000-nya untuk United pada tanggal 29 Oktober 2005 saat kalah 1-4 melawan Middlesbrough.

Pada bulan November 2005, ia menandatangani kontrak baru dengan MU yang memperpanjang kontrak sebelumnya selama dua tahu hingga 2010. Ronaldo menyatakan bahwa, tetap tinggal di klub adalah “penting bagi perkembangan karir saya”. Pada bulan Januari 2006, Ronaldo mengalami konflik serius dengan sesama pemain MU, Ruud Van Nistelroy dimana Noistelroy sangat tidak suka dengan gaya permainan showboating Ronaldo. Keduanya kembali terlibat bentrok pada bulan Mei, dimana Nistelroy mengatakan pada Ronaldo untuk “pergi sana dan menangis ke ayahmu”, yang merujuk pada hubungan singkat penuh arti antara Ronaldo dan asisten manajer Carlos Queiroz, sehingga memicu perkelahian singkat. Van Nistelroy akhirnya melalui pertandingan akhir musimnya di bangku cadangan saat melawan Charlton Athletic, namun akhirnya meninggalkan stadion tiga jam sebelum pertandingan, di mana MU menang 4-0 dan Ronaldo mencetak gol kesembilannya di Premier League musim ini.

Selain itu, pada bulan November dan Desember 2006, Ronaldo secara berturut-turut menerima penghargaan sebagai pemain terbaik Barcley Premiership bulan ini (Barcley’s Best Players Of The Month) yang menjadikannya pemain ketiga yang meraih rekor tersebut setelah Dennis Bergkamp tahun 1997 dan Robbie Fowler di tahun 1996.

Setelah Piala Dunia 2006, Ronaldo terlibat sebuah insiden di mana rekan setimnya, Wayne Rooney akhirnya harus diusir keluar. Ronaldo digosipkan akan hengkang dari MU dan berpindah ke Real Madrid atau Valencia. Situasi tersebut juga menyebabkan Ronaldo meminta transfer kepada klub, dengan mengatakan “Saya pikir saya harus keluar dari Manchester. Keadaannya menjadi tidak benar untuk tetap bermain di Manchester. Dalam dua atau tiga hari saya akan memutuskan ke mana harus pergi. Saya selalu mengatakan saya ingin bermain di Spanyol”

Dan dia mengklaim bahwa ia tidak menerima dukungan atas kartu merah tersebut, dan mengatakan “Tidak ada yang berdiri untuk saya di Manchester, meskipun saya tidak melakukan apapun yang membahayakan seseorang”. Tetapi MU bersikeras bahwa ia akan tetap tinggal di klub dan merilis sebuah pernyataan yang mengatakan “Cristiano baru saja menandatangani kontrak hingga 2010 dan klub berharap dia untuk menghormati kontrak tersebut. Klub tidak akan mendengarkan setiap tawaran untuk Cristiano”.

Ronaldo berhasil melesakkan gol ke 50 bagi Manchester United pada 5 Mei 2007 saat MU menghadapi rival satu kota mereka, Manchester City. Pada tahun yang sama, Setan Merah juga berhasil meraih gelar juara Premiership pertama mereka sejak empat tahun terakhir dan Ronaldo kembali memenangkan gelar sebagai Pemain Muda Terbaik. Pada Desember 2008, Ronaldo menjadi pemain MU yang pertama menerima penghargaan Ballon d’Or sejak George Best di tahun 1968. Dia berhasil membukukan 446 poin, 165 lebih tinggi dari rival utamanya, Lionel Messi dan mengatakan bahwa “ini merupakan salah satu hari terbaik dalam kehidupanku”.

Pada 5 Juni 2009, Sky Sports melaporkan bahwa Ronaldo telah menunjukkan ketertarikannya untuk berpindah ke Real Mdrid jika mereka mau menawarkan jumlah uang yang sama seperti yang dijanjikan kepadanya di awal tahun. Manchester United lalu mengajukan keluhan gangguan kepada FIFA pada tanggal 9 Juni atas tuduhan Real Madrid mengejar Ronaldo, tapi FIFA menolak untuk mengambil tindakan apapun. Pada bulan Juli, Presiden FIFA Sepp Blatter menyatakan bahwa Ronaldo harus diizinkan untuk meninggalkan klub, dan mengatakan: “Jika pemain ingin bermain di tempat lain, maka solusi harus ditemukan karena jika ia tetap di klub di mana dia sudah tidak merasa nyaman untuk bermain maka itu tidak baik untuk pemain dan untuk klub”

Akhirnya, pada tanggal 26 Juni 2009, Real Madrid menegaskan bahwa Ronaldo akan bergabung dengan klub pada 1 Juli 2009 dari Manchester United dengan nilai transfer mencapai £ 80 juta (€ 94.000.000) dan menjadi pesepakbola paling mahal dalam sejarah, setelah menyetujui persyaratan dan menandatangani enam tahun kontrak. Kontrak Ronaldo setara dengan € 11.000.000 Euro per tahun. Ia secara resmi telah diumumkan kepada media dunia sebagai pemain Real Madrid pada 6 Juli, di mana ia menerima kaos bernomer punggung 9. Kaos tersebut dipersembahkan kepadanya oleh legenda Madrid, Alfredo Di Stefano. Ronaldo kala itu disambut oleh sekitar 80.000 dan 85.000 penggemar di presentasinya di Stadion Santiago Bernabéu, melampaui rekor Diego Maradona dengan 75.000 fans ketika ia datang di Italia, setelah ia dipindahkan dari Barcelona ke Napoli pada tahun 1984 yang lalu. Dengan keberangkatan Raúl dari Madrid selama musim panas 2010, Ronaldo lalu mengenakan kaos nomor 7 untuk Real Madrid.

Pada 24 Maret 2012, Ronaldo telah mencetak lebih dari 100 gol di La Liga dalam waktu hanya tiga musim di Madrid. Ronaldo menghadapi mantan klubnya Manchester United untuk pertama kalinya pada 13 Februari dalam putaran Liga Champion 16 besar dan mencetak gol penyeimbang 1-1 di Santiago Bernabeu.

Ronaldo mengakhiri musim keempatnya di Real Madrid sebagai top skorer Liga Champion untuk kedua kalinya dalam karirnya dengan raihan 12 gol. Di Liga Spanyol, Ronaldo gagal mempertahankan titel Juara La Liga, dan menjadi runner-up dibawah rival terberatnya, Barcelona, dan tereliminasi dalam semi final Liga Champion untuk tiga kali berturut-turut.

Di tim nasional Portugal, Ronaldo menjalani pertandingan pertamanya saat menang dengan skor 1-0 atas Kazakhstan, pada 20 Agustus 2003. Ronaldo tampil di Piala Eropa 2004 dengan mencetak dua gol di babak penyisihan grup dan semi final. Meski gagal membawa Portugal menjadi juara karena dikalahkan Yunani di final, Ronaldo tetap terpilih sebagai pemain tim terbaik turnamen. Ronaldo juga tampil bersama Portugal di Olimpiade 2004.

Gaya permainan


Cristiano Ronaldo memainkan peran sebagai penyerang, dan paling sering menjadi striker tunggal atau sebagai pemain sayap. Ia terkenal dengan kemampuannya dalam finishing, kecepatan, dribbling, crossing, dan kemampuannya untuk melakukan tendangan bebas. Dia juga mampu bermain di kedua sayap dan melalui tengah lapangan, membuatnya menjadi penyerang serbaguna, dan mampu bermain di posisi ofensif. Ronaldo dikenal tajam secara mental, dengan penglihatan dan posisi yang baik, sering berhasil memprediksi drama tertentu; ia juga memiliki reaksi cepat, oportunisme, keseimbangan, dan kelincahan. Meskipun ia menggunakan kaki kanan, namun ia juga mampu mengontrol bola, dan menyelesaikan dengan baik menggunakan kaki kiri.

Kehidupan pribadi


Ayah Ronaldo, Jose Dinis Aveiro, meninggal akibat penyakit liver yang terkait dengan kecanduan alkohol di usia 52 tahun pada September 2005 saat ia berumur 20 tahun. Itulah sebabnya, Ronaldo mengaku jika ia tidak minum alkohol.

Pada bulan Oktober 2005, tepatnya sebulan setelah ayahnya meninggal, Ronaldo ditangkap karena dicurigai telah memperkosa seorang wanita di sebuah hotel di London dan akhirnya dibebaskan dengan jaminan. Ronaldo membantah semua tuduhan dan dakwaan yang dijatuhkan oleh Scotland Yard pada bulan November 2005 karena alasan “tidak cukup bukti “. Ronaldo mengeluarkan pernyataan yang mengatakan: “Saya selalu sangat mempertahankan ketidak bersalahan saya dari setiap perbuatan yang salah dan saya senang bahwa hal ini sudah berakhir sehingga saya bisa kembali berkonsentrasi bermain untuk Manchester United”.

Ronaldo menjadi seorang ayah pada 17 Juni 2010 setelah kelahiran anak laki-laki pertamanya. Anak tersebut lahir di Amerika Serikat dan juga bernama Cristiano, dan dijuluki oleh keluarganya sebagai ‘Cristianinho’. Ronaldo mengumumkan bahwa ia memiliki hak asuh penuh atas anaknya. Namun Ronaldo tidak pernah secara terbuka mengungkapkan siapa identitas yang sebenarnya dari ibu anaknya.

Ronaldo sebelumnya pernah berkencan dengan model Inggris Alice Goodwin dan Gemma Atkinson. Pada tahun 2010, ia mulai berpacaran dengan model Rusia Irina Shayk, yang diduga ditemuinya melalui kampanye Armani Exchange. Pasangan ini mengakhiri hubungan mereka pada bulan Januari 2015.

Fakta menarik tentang Cristiano Ronaldo


  • Ronaldo adalah seorang penganut Katolik Roma
  • Ronaldo tidak pernah memiliki tatto ditubuhnya karena itu dilarang, terkait aksinya yang rajin melakukan donor darah beberapa kali dalam setahun.
  • Ronaldo membeli apartemen senilai $ 18.500.000 di Trump Tower di New York City.
  • Nama tengah ‘Ronaldo’ diberikan orangtuanya karena ayahnya sangat mengidolakan aktor yang terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan.
  • Ronaldo adalah anak paling bungsu di keluarganya. Ia memiliki satu kakak laki-laki bernama Hugo, dan dua kakak perempuan bernama Elma dan Liliana.
  • Pada usia 15 tahun, Ronaldo telah didiagnosa memiliki penyakit Tachycardia, sebuah kondisi yang mungkin bisa memaksanya untuk berhenti bermain bola. Staff klub Sporting segera mengambil tindakan dan mengrim Ronaldo ke rumah sakit untuk menjalani operasi dimana laser digunakan untuk membakar bagian jantungnya yang menyebabkan masalah. Operasi ini berlangsung di pagi hari, dan Ronaldo keluar dari rumah sakit di sore harinya. Akhirnya, dia kembali menjalani pelatihannya setelah beberapa hari kemudian.

Prestasi & Penghargaan


Bersama klub Manchester United

  • Premier league : 2006-07, 2007-08, 2008-09
  • Football League Cup : 2005-06, 2008-09.
  • FA Cup : 2003-04
  • FA Community Shield : 2007
  • UEFA Champion League : 2007-08
  • FIFA Club World Cup : 2008

Bersama klub Real Madrid

  • La Liga : 2011-12
  • Copa Del Ray : 2010-11, 2013-14
  • Supercopa de Espana : 2012
  • UEFA Champion League : 2013-14
  • UEFA Super Cup : 2014
  • FIFA Club World Cup : 2014

Individual

  • FIFA Ballon d’Or : 2013, 2014
  • Ballon d’Or : 2008
  • FIFA World Player of the Year : 2008
  • UEFA Euro Team of the Tournament : 2004, 2012
  • Sepatu Emas Eropa (European Golden Shoe) : 2007–08, 2010–11, 2013–14, 2014–15
  • LFP Best Player : 2013-14
  • World Soccer Player of The Year : 2008, 2013, 2014
  • Barclays Player of the Year : 2006-07, 2007-08

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.