Monday, May 1, 2017

Beberapa Negara yang Memberi Gaji Guru Tertinggi

Profesi menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat mulia. Guru adalah ‘Pahlawan Tanpa Tanda Jasa’ artinya ketika guru mentransfer ilmu terhadap anak didiknya tak akan mengenal kata lelah dan juga tanpa pamrih.

Beberapa Negara yang Memberi Gaji Guru Tertinggi

Namun bukan berarti kesejahteraan guru menjadi tidak diperhatikan. Terhimpitnya kondisi finansial guru maka akan berimbas kepada tidak seriusnya memberikan pengetahuan kepada anak didiknya. Seperti di Indonesia, banyak guru yang kabur beralih profesi mencari pekerjaan yang dapat membayar upah lebih tinggi. Guru juga manusia, yakni setiap harinya dihadapkan pada tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan keluarganya.

Sudah seharusnya dan sepantasnya kalau kesejahteraan guru di Indonesia saat ini mendapat perhatian lebih dari Pemerintah. Seperti yang sudah kita tahu jika kesuksesan suatu bangsa terletak pada pendidikannya. Lalu siapa yang berperan utama dalam memajukan pendidikan suatu bangsa? Tentu saja disini guru adalah peran utamanya. Dulu Indonesia pernah dijajah negara lain sampai berabad-abad lamanya karena waktu itu pendidikan di Indonesia sangat rendah.

Kita lihat negara-negara lain yang sangat memperhatikan kesejahteraan guru. Bahkan salah satu diantaranya adalah negara tetangga yang dulu merupakan masih satu bagian dengan negara Indonesia. Umumnya negara lain memberikan jauh penghargaan terhadap para guru. Mereka berani membayar mahal pekerjaan guru karena mereka sangat paham dan yakin kalau kunci sukses negara adalah pendidikan.

Kita khawatir jika hal ini terus berkelanjutan maka kualitas pendidikan di Indonesia akan semakin rendah. Menurut Ketua Umum PGRI, Sulistyo : Guru yang menentukan generasi penerus bangsa yang berkualitas nyatanya lebih dari satu juta yang hidup di bawah kemiskinan. Jangankan dengan gaji guru di negara-negara lain, kita bandingkan dengan gaji DPR Indonesia. Padahal seharusnya siapa yang harus mendapat gaji tinggi, DPR atau Guru?

Berdasarkan info bahwa saat ini gaji guru di Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Golongan I = dibayar sekitar Rp 480 ribu sampai dengan Rp 2,5 juta per bulan;
  • Golongan II = dibayar sekitar Rp 1,9 juta sampai dengan Rp 3,6 juta per bulan;
  • Golongan III = dibayar sekitar Rp 2,4 juta sampai dengan Rp 4,5 juta per bulan;
  • Golongan IV = dibayar sekitar Rp 2,8 juta sampai dengan Rp 5,6 juta per bulan.

Coba saja Anda bandingkan jauh lebih besar gaji buruh di Korea Selatan dibanding gaji guru di Indonesia. Pemegang tanggung jawab kemajuan bangsa kenapa harus kalah dengan gaji seorang TKI?

Berikut Negara yang Peduli Dengan Memberi Gaji Guru Tertinggi di Dunia


Karena gaji guru di Indonesia tidak menjanjikan, maka banyak yang tidak mau menjadi seorang guru. Namun sangat ditakutkan jika menjadi seorang guru adalah sebagai pelarian saja karena mencari pekerjaan di tempat lain sangat sulit. Berbeda jauh di negara-negara lain yang sangat menghargai dan menghormati profesi guru dengan bukti membayar mahal. Sehingga tidak heran di negara lain sangat mengidam-idamkan berprofesi menjadi seorang guru.

1. Australia

Negara pertama yang sangat menghargai profesi seorang guru adalah negara Australia. Untuk gaji pertama guru di Australia adalah sebesar US $ 41,109.00 setiap tahunnya. Jangan kaget! Ini adalah gaji pertama saja. Untuk gaji kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya akan terus meningkat.

2. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam ini sangat memperhatikan kerja keras guru. Mereka paham benar kalau kemajuan bangsanya terletak pada pendidikan. Dimana hal ini gurulah yang diberikan penghargaan khusus dengan membayar gaji tinggi. Di Amerika Serikat gaji guru sangat bervariasi, untuk gaji guru terendah di negara ini terletak di South Dakota yaitu sekitar US $ 35,000 per tahun. Namun untuk gaji guru tertinggi di Amerika Serikat terletak di California. Alasannya biaya hidup di wilayah ini sangat tinggi, sehingga di wilayah ini gaji guru bisa mencapai US $ 60,000 per tahun. Wow sungguh sangat menakjubkan bukan!

3. Inggris

Banyak lulusan pendidikan di Inggris memperoleh nilai rata-rata yang memuaskan. Semua ini tidak terlepas dari hasil pendidikan guru dengan teknik mengajar yang luar biasa. Keberhasilan guru dalam mentransfer ilmu terhadap anak didik tentunya akan berimbas terhadap kemajuan bangsanya itu sendiri. Guru di Inggris sangat diperhatikan kesejahterannya dengan berani membayar sekitar US $ 34,488.00 per tahun untuk gaji pertama.

4. Kanada

Negara selanjutnya yang memberi gaji guru tertinggi adalah negara Kanada. Gaji pertama guru di negara Kanada bisa mencapai US $ 30,000.00 per tahun. Seperti halnya negara Paman Sam, di negara Kanada juga gaji guru sangat bervariasi. Hal ini tergantung tempat tinggal atau tempat tugas guru yang disesuaikan dengan wilayah. Kemudian guru di Kanada akan diberikan gaji tambahan lagi seperti, gaji cuti hamil, gaji asuransi, dan juga gaji pensiun dini yang disebabkan penyakit.

5. China

Wah ternyata China juga termasuk kedalam daftar pemberi gaji guru tertinggi di dunia. Alasannya di China gaji guru bisa mencapai US $ 14,675 dalam per tahun, itupun hanya untuk gaji pertama saja. Jadi untuk gaji kedua dan seterusnya akan naik lagi. Pemerintah China berani menjamin dengan akan membayar gaji guru lebih tinggi lagi jika terbukti kebutuhan hidup guru juga cukup tinggi.

Mungkin hanya 5 negara saja yang dapat saya tulis dalam artikel Gaji Guru Tertinggi Di Dunia. Tersebar kabar kalau Indonesia termasuk peringkat ke 30 dari deretan negara-negara yang memberi gaji guru tertinggi di dunia. Berapapun peringkatnya semoga hal ini bisa terus membaik, sehingga guru di Indonesia tidak perlu berdemo lagi untuk kenaikan upahnya.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.