Friday, May 12, 2017

Beberapa Istilah dalam Jual Beli Online

Beberapa Istilah dalam Jual Beli Online - Dalam Era dunia internet yang sudah merajai saat ini menjadikan semuanya menjadi lebih mudah untuk di jangkau semua orang hanya dari koneksi internet saja. Anda bisa berbagi ilmu, berbagi kondisi, bercerita kabar, mengobrol dengan teman, bahkan sampai jual beli bisa anda lakukan dengan menggunakan internet.

Beberapa Istilah dalam Jual Beli Online

Jual beli di internet menjadi sangat membantu siapun pelakunya, baik itu si penjual maupun pembeli, sampai jasa saja bisa anda pesan melalui internet. Dengan hanya beberapa klik dan menceritakan kebutuhan yang di perlukan maka akan datang dengan sendirinya apa yang anda butuhkan.

Mengenai jual beli di dunia internet yang sudah mulai banyak penggunanya, munculah istilah-istilah yang mungkin saja orang awam tidak mengerti. Istilah yang di tuliskan atau di ucapkan oleh pelaku jual beli online, banyak sekali yang di gunakan, kebanyakan adalah singkatan-singkatan yang penyebutannya lebih mudah di pahami oleh banyak pelaku jual beli.

Beberapa istilah-istilah tersebut di antaranya akan saya tuliskan dibawah nanti, mungkin saja akan ada yang berbeda dari singkatan-singkatan yang ada. Dikarenakan bahasa yang digunakan, contoh saja ada yang memakai bahasa jawa, ada yang memakai bahasa sunda dan lain sebagainya yang mungkin menjadi ciri khas dan sudah di pahami oleh masih-masing pelaku jual beli online.

Beberapa Istilah dalam Jual Beli Online


Istilah-istilah jual beli online di antaranya adalah sebagai berikut ini.

COD (Cash On Delivery)


Cash on Delivery atau yang biasanya disebut dengan istilah COD (di baca ce o dhe) adalah dimana si penjual dengan pembeli bertemu secara langsung bertatap muka untuk bertranskasi jual beli. Melakukan COD harus benar-benar teliti dan benar-benar paham dengan barang yang akan di beli.

Itu menjadi syarat yang harus sobat penuhi untuk melakukan cod, agar anda tidak tertipu saat melakukan pembelian.

WTS (Want To Sell)


WTS atau want to sell, kalau di bahasa Indonesiakan artinya adalah ingin menjual. Istilah ini biasanya di sebutkan untuk penjual yang ingin menjual sebuah barang.

Contoh saja jika anda menjumpai di group jual beli facebook yang menuliskan WTS dan di sertai sebuah foto dan penjelasan yang menyertainya, berarti dia ingin menjual barang yang di foto tadi. Saya rasa ini cukup mudah untuk di pahami.

WTB (Want To Buy)


WTB atau want to buy adalah sebuah istilah yang biasanya di gunakan oleh orang yang mencari barang di group jual beli online. Kalau di bahasa Indoensiakan want to buy artinya adalah ingin membeli, yang istilahnya mencari barang. Contoh : WTB helm vespa lucu dan imut, diusahakan malam ini.. dan contoh lainya.

PM (Private Mesagge) atau Pesan masuk


Private Mesagge atau pesan pribadi adalah di mana kita akan berbicara secara pribadi antara si penjual dan pembeli. Seperti melakukan sms, chatting via bbm dan lainya. Contohnya ada seorang penjual yang memposting danganya di group jual beli facebook, banyak sekali yang berkomentar dan tentang barang yang di jual, dan ada juga yang berkometar dengan istilah PM.

PM biasanya dilakukan jika si penjual dan pembeli sudah mulai serius dengan transaksi yang akan dilakukan, atau bisa juga karena ada informasi yang bersifat rahasia. Contoh seperti tentang obat kua* , harga reseller dan pembeli langsung, harga antara penjual dengan sesama penjual dan sebagainya.

PO (Pre Order)


Istilah PO dalam online shop artinya adalah Pre Order, yaitu transaksi jual beli online dimana pembeli harus melakukan pemesanan dan membayar terlebih dahulu. Pre order biasanya di lakukan oleh toko-toko online yang mememang sudah dipercaya, karena melakukan DP terlebih dahulu cukup riskan tertipu dalam jual beli online.

KW (kwalitas)


KW disini artinya bukan kwalitas yang kw, tetapi artinya adalah kualitas, contoh KW original artinya kwalitas barang original, kw 1, kw2 dan seterusnya.

TT (Tukar Tambat)


TT atau tukar tambah artinya adalah bertransaksi online dengan cara tukar tambah. Yaitu dimana penjual dan pembeli saling menukar barang yang berbeda dengan salah satu di antara penjual dan pembeli. Ini memberikan tambahan nilai terhadap barang yang lebih bagus atau lebih tinggi nilai harganya. Tukar tambah tentunya sudah mudah dipahami karena istilah ini juga biasa di sebut dalam jual beli offline juga.

Rekber (Rekening Bersama)


Rekber atau Rekening bersama adalah salah satu solusi yang bagus dalam jual beli online. Dengan melakukan hal ini si penjual dan pembeli tidak akan takut tertipu.

Prosesnya adalah menggunakan pihak ketika selaku pihak rekber, pihak rekber ini haruslah benar-benar terpercaya. Karena dialah yang akan dititipkan uang dari pembeli sebelum diserahkan ke penjual, setelah uang di tranfer dari pembeli ke pihak rekber dan di konfirmasi ke penjual barang akan segera di kirim.

Setelah itu jika barang yang dipesan sudah sampai dan dilihat sesuai dengan yang diperlihatkan penjual pembeli mengkonfirmasi ke pihak rekber bahwa barang sudah sampai dan bagus. Setelah itu pihak rekber akan mentranfer uang ke pihak penjual, semuanya aman dan tidak ada yang tertipu.

DP (Down Payment)


Down payment adalah istilah keren dari Uang Muka, biasanya dilakukan oleh penjual yang tidak ingin tertipu oleh pemebeli yang tidak serius. Contoh saja si pembeli memesan barang dengan harga 1 juta, dan meminta dp sebesar 300 ribu. Uang muka tersebut sebagai jaminan si pembeli, kalau si pembeli ini memang serius ingin membeli barang tersebut.

Kalau tidak serius biasanya DP akan hangus, loooo berarti si penjual untung besar dong? Siapa bilang dengan uang segitu penjual untung besar? Si penjual juga mengeluarkan modal untuk membeli barang yang bisanya harganya cukup tinggi atau barang jarang di cari pembeli.

Kalau barang langsung laku saat pembeli membatalkan itu tidak mengapa, tetapi jika barang yang dibatalkan pembeli tidak laku dan malah rusak di toko itu menjadi resiko membuang uang modal si penjual. Jadi ini cukup penting untuk di mengerti antara si penjual dan pembeli.

CP (Contact Person)


Cp atau contact person adalah istilah untuk contact yang bisa dihubungi oleh si penjual atau pembeli. Mungkin bisa berupa Nomer hp, email, pin BB , Facebook dan media-media lainya.

REP (Replika)


Khusus yang satu ini biasanya digunakan pada barang-barang mewah tapi bukan asli. Replika atau tiruan adalah barang yang tiruan dari sebuah barang yang biasanya keren, contoh Hp keren yang lagi ngetrend dan muncul Replika Hp keren.

Dari segi luar barang sama persis tetapi dari segi performa dan kualitas tentu sangat jauh, dan harganya juga sangat jauh lebih murah.

BU (Butuh Uang)


Istilah Bu atau butuh uang adalah dimana seseorang pelaku jual beli sedang membutuhkan uang secara cepat. Contoh : Bu…! di jual baju koko baru di pakai 2 hari, butuh uang untuk beli obat, dan yang semacamnya.

BT (Barter)


Istilah Barter mungkin sudah sangat umum di telinga kita, bahkan orang awam atau orang tua dahulu juga sudah mengerti dengan istilah ini. Barter adalah saling menukar barang yang berbeda tanpa menambah atau mengurangi harga antara si penjual dan pembeli. Singkatnya adalah saling menukar barang tanpa biaya tambahan dengan perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya.

UP (Sundul, sundul Gan)


Up atau sundul? Pernahkan teman-teman melihat sebuah kometar up yang dilakukan di group jual beli online? UP atau sundul gan dan istilah lainya yang berguna untuk memunculkan postingan di awal lagi.

Kalau di group jual beli facebook sebuah postingan jualan yang komentarnya sedikit akan tenggelam oleh postingan-postingan yang baru. Maka dari itu kita bisa mengomentari postinganya sendiri dengan komentar Up atau sundul.

PL (Price Police)


PL artinya apa? arti PL dalam jual beli online adalah digunakan untuk para pelaku jual beli yang membandingkan harga dengan toko lain. Contoh : ” ini harganya di sana cuman 70 ribu kok disini bisa sampai 100 ribu?” dan lain sebagainya.

Palkor atau PhP (Pemberi harapan palsu)


Palkor adalah istilah untuk si pembeli yang banyak sekali bertanya dan tidak jadi membeli barang. Seperti memberi harapan palsu pada si penjual.

Restock (Ready Stock)


Arti kata restock adalah barang siap, atau barang yang di jual sudah ada di tempat penjual. Jadi kalau barang di pesan bisa langsung di ambil di tempat penjual saat itu juga.

Testimoni


Testimoni adalah berisi pesan-pesan atau ungkapan-ungkapan dari para pembeli dari sebuah toko online. Dari testimoni ini kita bisa melihat apakah toko online tersebut benar-benar di rekomendasikan atau tidaknya. Kalau testimoninya bagus maka anda bisa membeli barang tanpa takut tertipu.

Reject


Adalah istilah yang di gunakan untuk barang yang mempunyai kecacatan, atau tidak lolos uji pemaketan, walaupun isinya sama persis. Contoh baju baru sobek dikit bagian bawah, HP baru coel dikit bagian bawah dan lain sebagainya.

Mungkin Beberapa diantaranya tidak saya sebutkan karena jarang sekali di gunakan atau memang mudah di mengerti dengan bertanya teman. Itu saja yang bisa saya bagikan, dalam jual beli online semuanya mudah dan simple.

Tetapi para penipu juga tidak kalah canggihnya mereka bisa mudah saja mengelabuhi para pembeli yang masih awam dalam jual beli online.

Contoh saja membeli HP malah dikirim batu bata, membeli barang baru malah di beri barang reject dan masih banyak kasus-kasus lainya. untuk itu saya sarankan untuk tetap waspada dalam bertransaksi dalam dunia online shop. Cukup sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi teman-teman, terimakasih sudah mampir.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.