Sunday, May 21, 2017

Bahaya Terlalu Lama Duduk

Bahaya Terlalu Lama Duduk - Bulan Ramadhan dan mudik saat Lebaran adalah dua hal yang tak terpisahkan. Kegiatan tahunan ini merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para perantau untuk pulang ke kampung halaman.

Bahaya Terlalu Lama Duduk

Tradisi yang sudah dari tahun ke tahun dijalankan ini, kini semakin ramai. Terutama untuk mereka yang menggunakan transportasi darat. Akibat banyaknya pemudik, suasana jalan raya, hingga rel kereta tentu kian padat. Sehingga acara mudik ini membuat para pemudik harus menghabiskan waktu duduk selama berjam-jam dalam perjalanan. Harus Anda ketahui, ada bahaya yang mengintai akibat terlalu lama duduk.

1. Sakit punggung


Salah satu akibat dari aktivitas duduk terlalu lama adalah rasa sakit pada punggung bagian bawah atau pada bagian tulang belakang secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan otot menjadi kaku, akibat duduk terlalu lama. Untuk itu, sangat dianjurkan agar Anda bisa sejenak beristirahat di tempat pemberhentian, sekedar hanya untuk meregangkan otot kaki.

2. Gangguan fungsi metabolik


Menurut sebuah penelitian, duduk terlalu lama sampai berjam-jam juga dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Efek yang ditimbulkan adalah terjadi penurunan kolesterol dalam tubuh. Ini akan berakibat pada masalah kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Nyeri di leher


Duduk dalam posisi tegak berjam-jam selama mudik akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian leher. Rasa sakit ini disebabkan karena adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.

4. Membahayakan tulang belakang


Terlalu banyak duduk dapat membuat tulang belakang stres. Sebanyak 30 persen beban tambahan akan dirasakan tulang punggung saat duduk ketimbang Anda berdiri. Michael Lanning ahli terapi tulang punggung dari Gonstead Clinics Amerika mengatakan, “Duduk di kursi adalah bentuk kurang natural ketika seseorang ingin beristirahat. Pada dasarnya tubuh manusia tidak didesain untuk duduk di kursi tapi didesain untuk jongkok.”

Bahaya Terlalu Lama Duduk

Artinya ketika seseorang menghabiskan lebih banyak waktu duduk di kursi, maka tubuh akan beradaptasi dengan kebiasaan yang tidak sesuai dengan geometri tubuh, dan tentunya hal ini dapat memicu gangguan kesehatan seperti, gangguan peredaran darah (penyakit kardiovaskular), penurunan kekuatan otot, penyusutan otot, mudah cedera hingga serangan kanker.

5. Menyebabkan kematian


Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama Anda duduk, maka semakin pendek pula usia Anda. Ini dikarenakan duduk selama berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan kadar kolesterol. Risiko yang terjadi adalah Anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung dan juga penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

Studi yang dilakukan oleh Baker IDI Heart and Diabetes Institute di Australia yang melibatkan lebih dari 8.000 partisipan menemukan bahwa, setiap tambahan satu jam duduk perhari dapat meningkatkan risiko kematian dari berbagai penyakit sebesar 18 persen. Yang paling mengejutkan dari penelitian ini adalah temuan bahwa duduk sama berbahayanya dengan merokok dan obesitas. Kesimpulannya, semakin lama duduk, semakin pendek umur seseorang.

Tapi, di balik semua bahaya yang disebutkan di atas, Anda bisa tetap merasakan kenyamanan saat bermudik, asalkan perjalanan mudik Anda dipersiapkan secara benar, agar kondisi badan Anda tetap fit selama perjalanan dan selamat sampai kampung halaman. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan, supaya tetap fit ketika mudik lebaran:

  • Tidur dan istirahat yang cukup sebelum mudik.
  • Bawa bekal sehat yang cukup.
  • Bawa obat-obatan pribadi.
  • Penuhi kecukupan air mineral.
  • Konsumsi suplemen bila diperlukan.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.