Saturday, May 20, 2017

Art Space Keren di Jakarta yang Merangsang Kreativitas

Art Space Keren di Jakarta yang Merangsang Kreativitas - Karya seni tak lagi dua dimensi, namun makin beragam bentuknya. Begitu juga ruang seninya, saat ini makin banyak art space yang tak hadir konvensional, namun punya keunikan masing-masing dan layak kamu kunjungi.

Art Space Keren di Jakarta yang Merangsang Kreativitas

Zaman sekarang, seni tak lagi hanya dua dimensi. Ada beragam karya seni yang membutuhkan kelima panca indera kita untuk menikmatinya. Makanya tak heran, makin banyak bermunculan ruang seni atau art space nge-hits yang cocok bagi anak muda dan bisa kamu kunjungi.

Di balik kecanggihan teknologi digital yang memungkinkan kita untuk melihat segalanya lewat Internet, namun terkadang memandang layar komputer memang tidak seindah melihat langsung dengan mata kepala sendiri.

Terutama jika bicara tentang seni dua atau tiga dimensi, yang jika dilihat dari internet, kamu tidak akan bisa mendapatkan pengalaman yang orisinil, karena tidak memperhatikan setiap detil cerita yang ingin disampaikan oleh sang seniman. Bagi para pecinta seni, hal ini sangat disayangkan.

Maka, daripada berdiam diri di rumah, lebih baik kunjungi beberapa galeri seni atau artspace yang konsepnya sangat cocok bagi anak muda. Selain dapat menemukan dan menikmati suguhan permata-permata tersembunyi hasil karya seniman lokal hingga internasional, kamu juga bisa mendapatkan lokasi cantik untuk difoto dan menghiasi galeri media sosialmu.

Bahkan jika kamu datang di hari yang tepat, kamu juga bisa bertemu langsung dengan seniman yang sedang memperlihatkan karya-karyanya, lho. Kamu juga bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk mengasah kreativitasmu. Ini dia lima ruang seni di Jakarta rekomendasi Iumari, yang pas dan wajib kunjung untuk anak muda.

1. Ruci Art Space


Terletak di Jalan Suryo No. 49, Kebayoran Baru, Ruci adalah sebuah galeri seni yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan seni di tengah budaya Indonesia yang terus berkembang. Diambil dari bahasa Sansekerta, Ruci berarti ‘sumber cahaya’ dan ‘cita rasa’ yang mencerminkan ambisinya, untuk membagi hasil karya dan pengetahuan dari para komunitas kreatif kepada publik.

Art Space Keren di Jakarta yang Merangsang Kreativitas

Membawa konsep seni kontemporer yang sesuai dengan generasi masa kini, Ruci Art Space mempertunjukkan seni dalam berbagai medium, seperti lukisan, fotografi, video, patung, hingga new media.

Selain hasil akhirnya, kamu juga bisa mempelajari proses pembuatan pada etiap pameran yang diadakan di sana. Ini bisa menjadi bahan pembelajaran, sekaligus sebagai arsip untuk karya para seniman.

Menurut Melin Merrill, Direktur Ruci Art Space, akan ada empat pameran solo setiap tahunnya, dan beragam workshop yang diadakan secara rutin untuk menarik publik.

2. Dia.Lo.Gue Art Space


Ruang seni terbuka yang namanya diambil langsung dari bahasa Betawi ini, berada di Jalan Kemang Selatan 99a, Jakarta Selatan. Merangkap sebuah restoran yang bergaya rumahan, galeri ini cocok untuk kamu yang ingin melihat aneka ragam lukisan yang dipajang, sambil makan siang dan bercakap-cakap dengan teman.

Art Space Keren di Jakarta yang Merangsang Kreativitas

Didirikan oleh Hermawan Tanzil, Franky Sadikin, dan Windi Salomo, Dia.Lo.Gue memiliki luas sekitar 1000 meter persegi, yang terbagi menjadi tiga bagian. Di area depan, pengunjung akan menemukan butik yang menjajakan produk-produk artistik buatan lokal, berupa alat tulis, alat kerja, aksesoris rumah, artworks, mainan, dan lain-lain dalam kuota terbatas, sehingga tidak akan mudah ditemukan di tempat lain.

Di area belakang, ada ruang bersantai dan taman hijau. Sementara, area tengah merupakan ruang makan luas dengan furnitur kayu, yang dikelilingi dinding tempat karya-karya seni dipajang.

Arsitektur Dia.Lo.Gue ditangani oleh arsitek Andra Matin, menggunakan bahan kayu, dinding polos, serta banyaknya jendela, untuk menciptakan suasana lebih organik dan cahaya matahari untuk penerangan, agar memancarkan kehangatan di atmosfernya.

Tidak hanya lukisan, Dia.Lo.Gue juga mempertunjukkan koleksi seni dalam bentuk lain, seperti video, patung, kertas, dan pameran dari komunitas-komunitas lokal. Pasalnya, galeri ini memang dibuka untuk para seniman lokal, yang butuh wadah untuk memamerkan hasil karyanya.

3. Roh Projects


Satu lagi surga baru bagi pecinta seni kontemporer, Roh Projects berperan sebagai inkubator bakat para seniman muda yang mayoritas berasal dari Indonesia.

Art Space Keren di Jakarta yang Merangsang Kreativitas

Bernuansa elegan dan minimalis dengan interior yang serba putih dan pencahayaan yang baik, galeri yang berada di lantai 40 Equity Tower, SCBD, Jakarta Selatan, ini membuat pengunjung lebih terfokus pada karya seni yang ditampilkan.

Dengan interior yang dirancang sedemikian rupa, para seniman diperbolehkan untuk memodifikasi tempat tersebut sehingga sesuai dengan tema pameran mereka. Menggabungkan instalasi multimedia, pahatan patung, lukisan, hingga permainan cahaya, Roh Projects mengikat hati para pengunjung, dengan suguhan seni yang cenderung unik dan berbeda pada setiap pamerannya.

Selain itu, ada juga kegiatan Artist Talk, yang memungkinkan seniman bisa berbicara secara dua arah, dengan para pengunjung yang ingin tahu cerita di balik kerja kerasnya.

4. Art:1


Art:1, yang dulu dikenal dengan nama Mon Decor Gallery, adalah gabungan dari Art:1 New Museum dan Art Space:1. Di sana, kamu bisa menemukan pameran museum dari para seniman senior dan seniman muda, dan fasilitas lainnya,seperti konsultasi, restorasi, dan program edukasi seni.

Art Space Keren di Jakarta yang Merangsang Kreativitas

Art:1 memiliki luas gedung tiga lantai sebesar 4000 meter persegi di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Dari segi ruangan, Art:1 New Meseum berbentuk segi empat sehingga lebih konvensional, sementara Art Space:1 berbentuk oval.

Di Art Space:1, kamu bisa menemukan jajaran seni lukisan, video art, fotografi, hingga instalasi, yang tersebar di setiap sudut ruangan. Para pengunjung juga dapat bebas memenuhi rasa ingin tahunya dengan menelusuri sudut-sudut tersembunyi.

Di Art:1 New Museum, kamu bisa melihat pajangan karya para seniman senior Indonesia hingga Eropa, yang sudah diperhitungkan namanya, dengan pencahayaan natural sehingga tidak membuat mata sakit.

Di lantai dasar, ada kafetaria di mana kamu bisa duduk-duduk dan mencicipi makanan yang enak. Pokoknya, museum yang satu ini sangat lengkap dan tentunya akan membuatmu lebih mencintai seni.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.