Saturday, May 13, 2017

Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Alat Komunikasi Tradisional dan Modern - Berikut adalah macam-macam alat komunikasi yang tradisional dan yang modern. Alat – alat komunikasi tradisional dan modern tersebut ada banyak sekali, dan saya akan menguraikan satu persatu.

Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Perubahan waktu telah membuat banyak hal terjadi, yaitu tentang perubahan teknologi yang begitu cepat. Apakah ini yang di namakan kemajuan peradaban manusia? Bisa saja iya, jika kehadiran teknologi itu membawa manfaat kepada kemaslahatan ummat manusia, namun jika membawa bencana, maka ini bukan kemajuan peradaban alias kemunduran.

Bicara tentang teknologi komunikasi menjadi menarik perhatian bagi saya, sehingga muncul niat untuk menulis artikel. Setelah memikirkan dan menganalis judul apa yang tepat untuk tulisan ini, maka akhirnya saya memutuskan untuk memberikan judul: 21 Alat- alat Komunikasi Tradisional dan 15 Modern.

Apa saja informasi alat – alat komunikasi dari judul artikel tersebut? berikut hasil riset saya yang saya rangkum di bawah ini.

21 Alat Komunikasi Tradisional


21 Alat Komunikasi Tradisional

1. Alat yang bernama Kentongan


Kentongan sebagai alat komunikasi yang ada di masyarakat. Biasanya di gunakan untuk mengumunkan suatu berita atau peristiwa yang terjadi. Para penjaga malam sering menggunakan kentongan sebagai meda komunikasi ketika ada maling. Sehingga mendengar suara yang di keluarkan dari kentongan itu membuat masyarakat keluar rumah untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.

Informasi pasti tentang sejarah kentongan tidak di temukan dengan pasti, namun yang pasti bahwa kentongan ini di kenal sebagai alat komunikasi tradisional.

Apakah sekarang masih ada yang namanya kentongan?

2. Daun Lontar dari sebuah pohon


Daun lontar adalah media atau sarana dalam menulis surat atau pesan kepada orang lain. Kertas belum ada, sehingga daun menjadi pilihan orang zaman dulu untuk menyampaikan pesan. Selain itu, Para raja zaman dulu, menggunakan daun lontar untuk menulis maklumat atau pengumuman kepada rakyatnya.

3. Lonceng yang mengeluarkan bunyi


Saya teingat ketika sekolah dulu, dimana intruksi untuk masuk, keluar bermain atau istirahat, dan pulang terjadi ketika ada suara lonceng sekolah. Nah, selain sekolah, rumah ibadah seperti gereja juga menggunakan lonceng untuk informasi komunikasi tertentu kepada penganut agamanya.

4. Hewan yang bernama Merpati Pos


Hewan yang bernama burung merpati mempunyai jasa kepada orang dulu. Bahwa untuk menyampaikan pesan jarak jauh banyak orang dulu menggunakan burung merpati sebagai alat komunikasi. Maka ada istilah merpati pos adalah untuk menjelaskan bahwa burung merpati berperan sebagai pengganti pak pos pengirim surat sebelum pas pos ada.

5. Telepon Kaleng yang terhubung dengan benang


Kaleng yang di hubungkan dengan benang dan bisa mendegar suara orang dengan jarak tertentu menjadi alat komunikasi tradisional juga. Namun jarak yang di gunakan untuk berkomunikasi dengan alat tradisonal ini tidak begitu jauh jaraknya, paling sekitar 5 sampai 10 meter.

6. Surat


Media surat masih tren sampai sekarang, namun orang dulu masih menggunakan surat dengan cara menulis di kertas atau di daun. Dan butuh waktu yang lama untuk sampai kepada penerimanya. Kadang bisa sebulan atau lebih, semua di tentukan ketersediaan transportasi dan jarak tempuh yang ada.

7. Terompet yang bisa menghasilkan suara


Walau setiap malam tahun baru masehi selalu banyak orang yang menggunakan terompet, namun alat ini masih termasuk dalam alat komunikasi tradisional. Sejarahnya sejak zaman bani israel sudah ada alat ini.

Terompet hampir sama dengan lonceng, yakni sebagai media penyampai informasi kepada masyarakat jika ada pesan penting. Mungkin terompet adalah simbol dari Israel dan lonceng adalah simbol dari gereja.

8. Asap yang keluar dari api


Aneh tapi nyata. Memang sebagian oang dulu memakai asap sebagai alat komunikasi. Mungkin ini mistik atau gaib, namun ternyata memang efektif ketika dulu kala.

Untuk proses pembuatan asapnya penulis tidak tahu persis. Apakah asap di bakar lalu dibacakan mantra tertentu atau kayu di bakar dan menghasilkan asap begitu saja.

9. Prasasti yang di tulis


Sebagai menandakan tempat atau lokasi tertentu, zaman dulu membuat prassati sebagai tanda. Zaman dulu biasanya batu yang di jadikan tempat untuk menulis prasasti.

Nah sekaang ini prasasti masih di gunakan oleh kita. Tapi prasasti itu di tulis di atas batu keramik dan lebih rapi.

10. Telegraf


Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh,biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi menurut_http://id.wikipedia.org/wiki/Telegraf.

Alat tersebut walau cara kerjanya menggunakan listrik, tapi masih termasuk dalam daftar alat komunikasi tradisional.

11. Gong


Untuk meresmikan suatu acara biasanya gong di gunakan pada zaman dulu dan sampai sekarang. Gong termasuk alat klasik yang masih di lestarikan oleh masyarakat Indonesia. Ini terlihat dengan seringnya pemerintah meresmikan acara dengan memukul gong.

12. Gamelan musik


Alat yang terkenal dari suku jawa ini, selain sebagai alat musik, di fungsikan juga sebagai alat komunikasi tradisonal. Biasa dalam acara terntetu tidak lengkap jika tidak ada lalat yang bernama gamelan.

13. Alat musik Gendang


Gendang juga berfungsi sebagai alat musik yang di gunakan sebagai alat komunikasi tradisional. Sama seperti gong, alat gendang ini masih ada dan selalu di gunakan untuk acara tertentu, seerti ada pertunjukan musik, maka gendang ikut berperan sebagal instrumen musik.

14. Terompet Keong


Terompet memang ada 2 jenis yaitu terompet biasa dan terompet keong. Kedua alat ini sama-sama di namakan terompet. Namun bentuknya yang membedakan. Alat terompet keong lebih mirip bentuknya seperti keong. Tapi untuk sekarang bisa di katakan sebagai barang yang langka.

15. Peluit


Alat ini di gunakan untuk menyampaikan pesan tertentu. Di olahraga banyak di gunakan oleh wasit. Seperti olahraga sepak bola, di mana seorang wasit akan membunyikan pluitnya untuk berkomunikasi dengan pemain bola.

16. Anggota tubuh yang bernama Tangan (isyarat tangan)


Anggota tubuh yang bernama tangan zaman dulu digunakan untuk komunikasi antar sesama manusia. Tangan bergerak sebagai isyarat saja, namun lawan komunikasi bisa memahami apa yang di maksudkan dengan grakan tangan tersebut.

17.Bendera


Bendera selain simbol dari sebuah negara, bisa juga di gunakan sebagai media komunikasi untuk pesan tertentu. Misal penaikan bendera atau penurunan bendera dalam kondisi perang memiliki makna tertentu.

Alat komunikasi yang bernama bendera termasuk alat komunikasi tradisional yang masih di gunakan sampai detik ini. Bukan hanya sebuah negara, organisasi massa atau politik pun mempunyai bendera.

18. Benda yang bernama Lampu (sandi Morse)


Lampu di gunakan sebagai memberitahukan pesan atau komunikasi kepada orang lain atau publik. Biasanya lampu ini sebagai sandi saja.Seperti lampu mercusuar yang ada di laut. Atau lampu yang ada bandara polinia. Bahkan sampai sekarang lampu lalu lintas juga sebagai alat komuniasi bagi pengguna jalan.

19. Api Unggun yang menyala


Api unggun juga berperan sebagai alat komunikasi yang tradisional

Jika tadi asap, sekarang api unggun yang juga mempunyai peran yang di gunakan dan di akui oleh masyarakt zaman dulu sebagai alat komunikasi juga.

20. Hewan yang bernama Anjing


Binatang selain merpati, ternyata anjing juga termasuk alat komunikasi klasik. Memang anjing bisa membantu manusia dalam hal tertentu. Bahkan aparat kepolisian juga memakai anjing dalam operasi terntentu. Keberadaan anjing memang menjadi perbedaan pendapat, ada yang membolehkan untuk dipelihara dan ada yang melarang untuk di pelihara.

21. Bel yang mengeluarkan suara mirip Terompet


Bel yang mempunyai atau mengeluarkan suara mirip terompet dikenal sebagai alat komunikasi tradisional

Bel yang menghasilkan suara seperti terompet menjadi alat komunikasi tradisional juga. Hanya suaranya saja yang mirip terompet, namun bentuk alat ini tidak mirip.

Demikianlah informasi tentang macam-macam alat komunikasi tradisional. Lanjut.

Ok, sekarang kita akan beralih ke pada alat komunikasi yang sudah modern, berikut informasinya.

15 Alat Komunikasi Modern


15 Alat Komunikasi Modern

1.Alat komunikasi Telepon


Macam-macam alat komunikasi modern mengenal telepon

Telepon termasuk alat komunikasi yang di golongkan modern. Karena sudah menggunakan teknologi yang cukup canggih. Antar kota, antar negara sudah bisa saling berkomunikasi dengan melalui telepon dengan cepat.

2.HandPhone atau Telepon genggam


Handphone atau telepon genggam adalah sebuah terobosan dalam komunikasi masyarakat modern. Di mana orang bisa saling berkomunikasi di mana saja, asal ada sinyal yang bisa menghubungkan. Saat ini sudah banyak merek – merek terkenal yang memproduksi handpohe, karena memang pasarnya terus berkembang.

3.Media massa yang bernama Koran


Media yang satu ini menjadi media atau alat komunikasi modern yang punya kegunaan sebagai alat komunikasi, penyampaian pesan atau iklan sebuah usaha atau perusahaan. Selain itu koran selalu memberitakan informasi atau kejadian yang berhubungan dengan sosial, budaya, hukum, politik, teknologi dan masih banyak lagi.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, peran koran bukan lagi hanya di baca dalam bentuk cetak. Kini koran versi digital sudah banyak di temukan di internet.

4.Televisi


Televisi (TV) menjadi media komunikasi modern yang sekarang hampir setiap rumah memiliki “kotak ajaib” tersebut. Dengan adanya TV, banyak orang bisa mengetahui informasi berita dan bisa menonoton tayangan lain yang memberikan aspek edukasi atau hiburan.

TV juga sebagai sarana membangun kebersamaan antar keluarga di rumah.

5. LCD Proyektor


Benda bernama LCD atau proyektor diketahui sebagai alat komunikasi modern

Alat ini mempunyai kegunaan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan atau pesan yang biasa di pakai di sekolah, kampus atau dalam acara seminat atau training. Biasanya alat ini bisa terhubung dengan PC atau laptop. Kehadiran alat menjadikan pesan yang di sampaikan menjadi efektif dan mudah di mengerti oleh peserta atau murid di sekolah.

6. PDA


PDA juga di kenal sebagai alat komunikasi modernPDA atau Personal Digital Assistant adalah sebuah alat yang bisa membantu manusia dalam menyelesaikan tugasnya. Banyak data yang penting bisa di simpan dalam PDA. Fungsi PDA hampir sama dengan komputer atau laptop, hanya saja PDA lebih kecil ukurannya.

7. Faksimili


Faksmili ikut peran dalam alat komunikasi modernDengan mesin Faksimili, maka pesan dalam bentuk kertas akan bisa sampai kepada tujuan. Alat komunikasi ini sebagai alat yang banyak di gunakan di perkantoran atau sekolah.

8. Radio


Radio berfungsi sebagai alat komunikasi modernSelain televisi, ada radio yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang hanya terdengar suara saja. Banyak siaran radio yang bisa di nikmati oleh manusia, biasanya radio menyajikan informasi berita, musik, diskusi yang bisa di dengar saja.

9. Komputer/ Laptop/ Tablet


Alat komunikasi modern itu Komputer, laptop dan tabletKomputer/ Laptop/ Tablet telah memberikan warna baru bagi dunia telekomunikasi. Dengan alat tersebut banyak hal yang bisa dikerjakan, dari mulai menulis, menggambar, membuat video dan yang lain. Dari sisi hiburan komputer juga bisa. Kita bisa melihat film ,mendengar musik, bahkan bisa juga menonton televisi.

Hal yang wajar jika Komputer/ Laptop/ Tablet di katakan sebagai alat komunikasi yang modern.

10. Jaringan Internet


Internet berguna sebagai alat komunikasi modernKehadiran internet membuat hubungan manusia semakin dekat dan mudah. Dengan internet banyak orang bisa berkomunikasi dan saling bertatap muka, walau beda negara. Dengan internet banyak orang bisa mengakses informasi berupa berita, tips, artikel, video dan yang lain.

Internet telah merevolusi gaya hidup banyak orang dalam berkomunikasi. Apalagi sekarang zamannya sosial media, dimana orang bisa dengan cepat mencari dan berkomunikasi dengan teman lama.

11. Microfon


Microfon dimasukkan kedalam alat komunikasi modernBiasa orang banyak menyebutnya mic. Berfungsi untuk di dalam keramaian supaya semua orang bisa mendengar apa yang di ucapkan oleh pembicara, maka di butuhkan Microfon.

Dan perkembangan mic pun sudah kian pesat, sekarang sudah mic yang menggunakan nirkabel. Dengan jarak 10 atau 20 meter mic bisa terhubung dengan sound atau pengeras suara.

12. Radar


Radar tidak bisa dilepaskan dari alat komunikasi modernSuatu alat yang bisa mengtahui dimana posisi orang atau benda. Radar memberikan sinyal atau informasi yang akurat tentang apa yang di inginkan oleh manusia.

13.Handy talky


Handy talky ialah sebuah alat komunikasi modernHandyTalky adalah alat berkomunikasi dengan mengunakan sinyal frekuensi tertentu sebagai pemancarnya untuk menghubungkan handy talky yang satu dengan handy talky yang lain menurut sumber_http://febriirawanto.blogspot.com/2012/06/pengertian-handy-talky.html. Alat ini biasa di pakai oleh satuan kepolisian atau tentara dalam bertugas. Selain kedua itu, pihak satuan pengamanan (satpam) sering memakai alat ini dalam bekerjanya.

14.Toa


Alat ini biasanya di gunakan oleh para orang yang lagi orasi dalam menyampaikan pendapat. Tidak terlalu besar suara yang di keluarkan dari toa, namun alat ini termasuk sebagai alat komunikasi modern yang pernah ada.

15. Modem


Modem murah sebagai alat komunikasi modernUntuk menghubungkan komputer atau laptop ke internet itulah yang bernama modem. Saat ini banyak provider yang menjual modem dengan harga yang bersaing.

Akhirnya selesai juga tulisan ini. Jika Anda punya tambahan poin untuk alat komunikasi tradisoonal dan modern, maka silahkan tuliskan di kolom komentar.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.