Friday, May 12, 2017

Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis Online

Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis Online - Banyak orang yang menganggap bahwa Bisnis Online itu tidak perlu. Biasanya ini terjadi di kalangan mereka yang pada awalnya memang sudah sukses di bisnis offline. Dengan beranggapan bahwa hanya menggunakan telpon dan brosur saja sudah cukup, mereka enggan untuk go online. Padahal di era modern seperti sekarang, para pebisnis sedang berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitasnya di online.

Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis Online

Pengguna internet di Indonesia meningkat pesat dari tahun ke tahun. 2 tahun yang lalu kebanyakan orang dewasa hanya surfing di internet dengan memanfaatkan warnet (warung internet), kini bahkan anak TK saja sudah menggunakan tablet untuk mengakses internet. Ini menunjukkan bahwa perkembangan internet di Indonesia naik secara signifikan.

Selain itu, UKM di Indonesia pun meningkat dari tahun ke tahun. Ini terbukti dari nilai ekspor total pada tahun 2013 lalu melampaui target, yaitu yang awalnya mentarget 179 miliar dollar amerika, terealisasi menjadi 182,57 miliar dollar.

Mungkin bisnis anda sekarang masih aman, namun sangat besar kemungkinannya setahun atau dua tahun lagi anda akan tersingkirkan oleh pesaing-pesaing anda yang sudah go online.

Manfaat Bisnis Online


Ada banyak sekali manfaat yang didapat bagi para pelaku bisnis dengan go online. Selain hanya membutuhkan biaya yang murah, ini juga sangat praktis karena bisa dikerjakan dimana saja. Namun apakah manfaat go online dari segi bisnis? Berikut ada 3 manfaat bisnis online yang bisa anda dapatkan demi kemajuan bisnis anda.

1.Memperluas Jangkauan Pasar


Bagi anda yang sudah menjalankan bisnis, pastinya tahu seberapa besar pasar yang dapat anda jangkau dengan hanya memanfaatkan telpon, brosur, atau bahkan baliho? Bukan hanya mahal, jangkauan yang anda dapat hanya sekitar kota anda saja.

Lalu bagaimana dengan online? Dengan online anda bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Dengan biayanya yang murah, ini dapat mempercepat kemajuan bisnis anda secara signifikan. Bisa jadi setahun atau dua tahun lagi anda dapat memiliki pelanggan tetap dari luar negeri.

2.Pelanggan Baru di Internet


Dengan memanfaatkan search engine seperti Google atau Yahoo, anda dapat dengan cepat mendapatkan pelanggan yang tertarget. Bagaimana tidak, karena orang yang mengetikkan sesuatu di search engine adalah orang yang sedang membutuhkan sesuatu dimana ini adalah jenis pelanggan dengan daya beli yang sangat tinggi.

Bukan hanya search engine, anda juga dapat menerapkan viral marketing dengan memanfaatkan social media seperti Facebook, Twitter, dll. Dengan adanya social media, informasi depat menyebar dengan cepat dan mudah.

3.Bisnis Anda Lebih Professional


Dalam menjalankan bisnis tentunya kita ingin agar bisnis kita terlihat professional di mata publik. Ini sangat bermanfaat untuk jangka panjang bisnis anda. Dalam hal ini anda dituntut untuk memberikan informasi yang baik kepada audience baik secara lisan maupun visual. Misalnya membuat website atau toko online dengan tampilan yang professional agar pengunjung website anda dapat menilai kualitas dari bisnis yang anda jalankan. Serta melayani mereka dengan cara berbicara sopan santun meskipun anda hanya mengenakan kaos singlet di rumah.

Itulah alasan kenapa anda harus memulai bisnis online sekarang juga. Tidak ada lagi alasan untuk tidak memulai, Karena ini adalah hal yang mutlak yang harus dilaksanakan dalam bisnis di era modern seperti sekarang.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.