Saturday, May 13, 2017

8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata - Mata merupakan organ penting yang harus dijaga baik-baik. Jika kita malas dalam menjaganya, maka bukan tidak mungkin penyakit yang ringan hingga berat dapat menyerang organ penglihatan tersebut.

8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu cara agar mata tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, A, karotenoid, bioflavonoid, mineral, antioksidan, dan asam lemak omega-3. Untuk lebih mempermudah, Anda bisa mempelajari beberapa makanan untuk menjaga kesehatan mata pada pembahasan berikut ini.

Bayam


Bayam mengandungan vitamin A yang kaya. Selain itu terdapat pula senyawa bernama zeaxanthin dan lutein yang sama-sama dapat melindungi mata, terutama dari sinar ultraviolet. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi jus bayam segar setiap pagi sebelum sarapan atau ketika perut masih kosong. Anda juga bisa mencampur bayam dengan lauk pauk saat makan, semisal salad, sayur, dan tumis.

Ikan salmon


Makanan lainnya yang tidak kalah baik untuk mata adalah ikan salmon. Seperti yang kita tahu bersama, salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang mana memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Salah satu manfaatnya bagi mata adalah mencegah munculnya degenerasi makula, yang mana biasa muncul ketika usia tua.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 2 porsi ikan salmon setiap minggu. Anda bisa mengolah salmon dengan cara dijadikan sup, salad, ataupun direbus dengan bumbu rempah-rempah. Selain salmon, ikan-ikan yang mengandung asam lemak omega-3 lainnya, seperti sarden dan tuna juga cocok untuk menjaga kesehatan mata.

Wortel


Kandungan beta-karoten pada wortel dipercaya dapat menjadi prekursor bagi vitamin A. Sedangkan vitamin A sendiri sangat dibutuhkan bagi mata. Bahkan vitamin A diteliti dapat mencegah terjadinya rabun senja dan menjaga kornea tetap bekerja dengan baik.

Selain itu wortel juga memiliki kandungan lutein, yang dipercaya dapat membantu meningkatkan kepadatan pigmen makula. Sehingga secara tidak langsung melindungi retina dan mengurangi risiko terkena penyakit degenerasi makula. Anda bisa mengonsumsi wortel secara langsung atau membuatnya bersama dengan sup.

Ubi


Ubi selain memiliki karbohidrat yang dapat mengenyangkan tubuh juga mengandung vitamin A yang sangat penting bagi kesehatan mata. Konsumsi ubi dengan cara digoreng, direbus ataupun dibakar untuk mencegah dan mengurangi risiko terkena katarak, glaukoma serta degenerasi makula. Selain itu ubi jalar juga mengandung beta-karoten, serta, dan kalium yang juga baik bagi mata.

Stroberi


Makanan untuk menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah stroberi. Buah berasa manis nan masam ini kaya akan vitamin C, yang mana merupakan senyawa bersifat antioksidan yang baik bagi mata. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga mata dari penyakit inflamasi. Selain itu antioksidan pada stroberi juga dapat mencegah terjadinya kekeringan mata, cacat penglihatan, maupun degenerasi makula.

Brokoli


Brokoli memiliki kandungan vitamin B2, yang mana sangat baik untuk menjaga mata dari sensitifitas cahaya, peradangan, penglihatan kabur, serta kelelahan. Selain itu vitamin B2 juga dapat membantu mengurangi risiko terkena katarak. Brokoli juga memiliki kandungan antioksidan fitokimia, semisal lutein dan zeaxanthin, yang baik bagi kesehatan mata.

Kenari


Anda juga bisa mengonsumsi kenari untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega-3, vitamin E, antioksidan, dan zinc yang ada pada kenari dapat membantu mencegah munculnya penyakit mata. Selain kenari, Anda juga bisa menggonsumsi jenis kacang-kacangan lainnya, seperti hazelnut dan almond.

Alpukat


Makanan untuk menjaga kesehatan mata yang terakhir pada daftar kali ini adalah buah alpukat. Selain lezat, ternyata alpukat juga kaya akan nutrisi. Kandungan vitamin C, E, dan B6 pada alpukat dipercaya dapat melindungi mata dari berbagai macam penyakit, termasuk juga kerusakan oksidatif.

Nah itulah 8 makanan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Kabar baiknya semua makanan tersebut dapat dengan mudah didapatkan di pasar atau toko tokok supermarket dan mall mall besar. Jadi jangan ditunda tunda untuk tidak mengonsumsinya. Karena jika kesehatan mata sudah bermasalah, Anda akan kesulitan untuk menyembuhkannya, bahkan jika sudah parah tidak ada jalan lain selain operasi. Semoga info seputar kesehatan mata ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.