Saturday, May 20, 2017

7 Warna pada pelangi

7 Warna pada pelangi - Pelangi adalah busur warna yang muncul di langit setelah kondisi cuaca tertentu. Air di udara bertindak sebagai prisma, membelah sinar matahari menjadi komponen warnanya dan dan menampilkan warna-warna itu kembali.

7 Warna pada pelangi

Manusia melihat tujuh warna yang berbeda di setiap pelangi, meski terkadang sulit untuk melihat semua warna sekaligus saat melihat pelangi yang sebenarnya. Warna selalu muncul dalam urutan yang sama.

7 Warna pada pelangi

Terlihat merah


Merah adalah warna pelangi pertama, warna yang membentuk lengkungan luarnya dan memiliki panjang gelombang terpanjang. Ini adalah salah satu warna yang paling menonjol yang ditampilkan pada mata manusia saat melihat pelangi. Dalam kebanyakan situasi, Anda akan selalu bisa melihat warna merah di pelangi, bahkan jika warna lain tidak terlihat.

Memudar menjadi jingga


Jingga selalu menjadi warna kedua pelangi, muncul di samping warna merah. Terkadang sulit membedakan jingga dalam pelangi karena sangat menyatu dengan warna merah. Seringkali terlihat seperti warna merah di pelangi yang memudar, saat benar-benar memudar baru terlihat jingga.

Kuning mencolok


Kuning adalah warna berikutnya pada pelangi setelah oranye; Ini adalah warna yang sangat menonjol di kebanyakan pelangi. Ini cenderung menonjol dan biasanya terlihat, tapi kuning terkadang sulit dilihat pada pelangi berwarna terang atau pelangi yang muncul di samping langit yang cerah, karena warna kuningnya bisa memudar.

Hijau tipis


Hijau bisa ditemukan di setiap pelangi di sebelah kuning. Terkadang sulit untuk melihat warna hijau diatas langit biru yang cerah, tapi warnanya lebih menonjol dari yang lain. Ini cenderung menonjol karena merupakan warna spektrum “keren” pertama; Ini kontras dengan warna menyala yang duduk di atasnya pada pelangi.

Biru


Biru adalah warna kelima dari pelangi dan yang mudah dikenali; Seringkali warna biru pada pelangi bisa menyatu dengan warna biru di langit. Biru lebih mudah dilihat di pelangi yang muncul saat langit lebih abu-abu warnanya.

Nila yang halus


Nila adalah warna terakhir dari pelangi dan merupakan panjang gelombang antara kedua warna di kedua sisi itu, biru dan ungu. Nila adalah salah satu warna yang paling mudah dilupakan dari pelangi karena sering tak terlihat oleh mata manusia saat melihat pelangi.

Ungu


Ungu adalah warna terakhir dari pelangi, yang membentuk garis besar lengkungan pelangi. Panjang gelombangnya adalah yang terpendek dari warna pelangi. Terkadang bisa berbaur dengan warna pelangi biru dan nila, tapi sering terlihat dengan mata telanjang dan akan menempel pada warna lainnya yang cukup untuk membedakanya. Seringkali warna violet pelangi yang terang akan menonjol menghadap awan putih.

Mengingat urutan


Metode yang paling umum untuk menghafal warna pelangi adalah dengan menggunakan perangkat mnemonik, jalan pintas mental. Dalam kasus warna pelangi, perangkat mnemonik adalah “mejikuhibiniu” 2 huruf dalam nama ini berarti warna pelangi sesuai urutannya.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.