Wednesday, May 31, 2017

1 Juni adalah Hari Libur Nasional

1 Juni adalah Hari Libur Nasional - Bedasarkan Keputusan Presiden No 24/2016 tentang Hari Lahir Pancasila, 1 Juni yang jatuh besok adalah hari libur nasional.

1 Juni adalah Hari Libur Nasional

Dalam keppres tersebut, Presiden Joko Widodo memutuskan empat hal. Pertama, menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Kedua, tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional. Ketiga, pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni. Terakhir, keempat, Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan yaitu 1 Juni 2016.

Terkait dengan Hari Lahir Pancasila tersebut, Presiden Jokowi mengunggah video dalam akun instagramnya. Dalam video singkat tersebut Jokowi menuliskan "Pancasila itu jiwa dan raga kita. Ada di aliran darah dan detak jantung kita, perekat keutuhan bangsa dan negara. Saya Jokowi, Saya Indonesia, Saya Pancasila. Kalau kamu?"

Hari lahirnya ideologi dasar bagi negara Indonesia ini berawal dari judul pidato Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada tanggal 1 Juni 1945. Pidatonya berjudul "Lahirnya Pancasila".

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul. Pidato Soekarno tersebut baru mendapat sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPK Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK.

Meski dinyatakan sebagai hari libur nasional, namun instansi pemerintahan wajib menggelar upacara bendera. Begitu juga sekolah-sekolah.

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan peringatan hari Lahirnya Pancasila tahun ini akan dibingkai dalam tema "Saya Indonesia, Saya Pancasila". Tema tersebut diwujudkan dalam berbagai kegiatan bernama 'Pekan Pancasila' yang digelar dari tanggal 29 Mei hingga 4 Juni 2017.

Bey menambahkan pusat peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2017 akan dilakukan di halaman Gedung Pancasila Kemenlu yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.