Wednesday, April 5, 2017

Tatakrama dan Sopan Santun

Indonesia adalah bangsa yang besar, yang terkenal akan budayanya yang ramah kepada setiap pendatang. Negara dimana asas saling menghormati dijunjung tinggi. Inilah negara dimana orang-orangnya saling toleran dan senan tiasa menjunjung tinggi kebersamaan.

Tatakrama dan Sopan Santun

Banyak anak anak saat ini yang tidak lagi mempeerhatikan masalah tatakrama. Hal ini terbukti dengan banyaknya anak anak yang tidak tahu tentang cara bersikap dengan orang secara baik dan benar, cara bertutur kata yang baik, dan cara berperilaku yang semestinya dilakukan oleh kawula muda. Jatidiri bangsa ini sudah mulai terkikis oleh jaman sehingga menimbulkan dampak yang besar seperti saat ini. Hal ini diperburuk lagi dengan tidak pedulinya para kawula anak anak tentang pentingnya tatakrama dan sopan santun dalam kehidupan.

Dijaman modern seperti sekarang ini telah merubah segalanya, Termasuk Perilaku Anak-Anak Jaman Sekarang yang sangat berbeda dengan anak-anak di tahun 80an dan 90an. Kemajuan tegnologi yang begitu pesat telah merubah segalanya dan tidak jarang membuat kita bingung dengan kondisi yang demikian.

Perubahan ini akan sangat dirasakan oleh orang-orang yang miliki usia diatas 25 tahun. Masa muda yang mereka habiskan jaman dulu, tidak lagi ditemukan di Perilaku Anak-Anak Jaman Sekarang.

Anak jaman sekarang tidak lagi suka bermain bersama dengan teman-temannya di lapangan atau di sawah. Mereka lebih asyik bermain dengan Gadget-gadget mahal yang mereka miliki, walau sering kali mereka tidak mengerti bagaimana cara penggunaannya. Tidak hanya itu itu saja, kelakuan anak jaman sekarang juga sangat memprihatinkan. Sikap sopan santun terhadap orang yang lebih tua seperti sudah hilang.

Pada dasarnya orang tua sangat berperen penting dalam pembentukan etika pada anak. Dan orang tua pula dituntut untuk mengajarkan nilai-nilai tersebut.

Namun mengajarkan etika tidak bisa dilakukan hanya satu hari. Hal ini membutuhkan proses yang cukup panjang dan haris dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Hal tersebut adalah suatu langkah awal untik membentuk suatu generasi yang sadar diri terhadap tatakrama dan sopan santun.

Untuk itu, di zaman yang serba ada atau modern ini, mari kita sebagai penerus bangsa Indonesia harus mengutamakan budaya tatakrama dan sopan santun karena negara Indonesia yang terkenal akan kayanya budaya sopan santun, Pilihlah teman yang dapat membuat anda cerdas dan selalu mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Boleh kita mengikuti zaman asalkan itu mengandung nilai yang positif dan yang paling penting jangan lupa tatakrama dan sopan santun.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.