Friday, April 21, 2017

Cara Mempercepat Smartphone dengan Greenify

Salah satu masalah terbesar pada smartphone android adalah banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Terutama untuk kamu para penggila sosial media dan instan messaging. Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, belum lagi Layanan Google Play yang menyita banyak RAM. Jika semuanya dibiarkan berjalan secara bersamaan, bisa-bisa smartphone kamu jadi bodoh karena seringnya lag.

Cara Mempercepat Smartphone dengan Greenify

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk “membunuh” aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang. Cara paling simpel dan mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Greenify. Secara garis besar, Greenify bisa menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang biasa berjalan di latar belakang dan memakan banyak RAM smartphone kamu.

Greenify bisa kamu gunakan pada perangkat smartphone android baik yang sudah ataupun belum di root.

Download


Cara Mempercepat Smartphone dengan Greenify

Kamu bisa menginstall Greenify langsung dari Google Play. Greenify tersedia secara gratis untuk kamu gunakan, dengan beberapa keterbatasan fitur. Untuk mendapatkan fitur penuh, kamu bisa membeli paket donasi.

Cara menggunakan


Seperti biasa, buka aplikasi Greenify. Greenify punya tampilan yang simpel dan sangat mudah dipahami. Untuk memilih aplikasi yang ingin kamu hentikan “tindak tanduk”-nya, cukup klik tanda “+” lalu pilih aplikasi-aplikasi yang biasa berjalan di latar belakang. Atau jika tidak yakin, kamu bisa memilih semua aplikasi yang ditampilkan Greenify.

Cara Mempercepat Smartphone dengan Greenify

Jangan pernah meng-Greenify aplikasi-aplikasi instan messaging yang biasa kamu gunakan untuk berkomunikasi seperti WhatsApp dan Telegram. Jika kamu tetap meng-Greenify aplikasi-aplikasi tersebut, kamu tidak akan menerima pesan sampai kamu membuka aplikasi tersebut.

Jika kamu sudah memilih aplikasi-aplikasi yang ingin kamu hibernasi, selanjutnya adalah klik tombol “Zzz”. Tunggu sampai aplikasi di hibernasi satu persatu oleh Greenify. Lalu, gunakan smartphone seperti biasanya.

Jika kamu merasa bahwa smartphone sudah mulai lemot dan loyo, kamu bisa membuka aplikasi Greenify lagi dan mengklik tombol “Zzz” kembali.

Walaupun bisa digunakan untuk perangkat non-rooted, Greenify berjalan lebih baik di perangkat yang sudah di root. Jika smartphone kamu sudah di root, kamu bisa memaksimalkan kinerja Greenify dengan cara memilih mode root.

Masuk ke pengaturan Greenify, lalu pilih mode bekerja root.

Cara Mempercepat Smartphone dengan Greenify

Jika kamu tidak mau repot dengan bolak balik membuka Greenify untuk menghibernasi aplikasi, Greenify bisa melakukannya secara otomatis. Pada pengaturan, centang pilihan “Otomatis hibernasi”. Setiap kali kamu mengunci smartphone, Greenify akan secara otomatis menghibernasi aplikasi-aplikasi yang masih berjalan.

Cara Mempercepat Smartphone dengan Greenify

Jadi, ketika kamu membuka smartphone, smartphone dalam keadaan lancar dan tidak ngelag. Katakan selamat tinggal pada mantan, maksud saya pada lag.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.