Monday, April 17, 2017

Makanan yang Bisa Turunkan Kadar Zat Besi

Makanan yang Bisa Turunkan Kadar Zat Besi - Penyakit kelebihan zat besi atau biasa disebut Thalassemia menjadi salah satu penyakit yang banyak menghantui anak-anak. Biasanya, penyakit ini timbul akibat faktor genetik dari orang tua.

Makanan yang Bisa Turunkan Kadar Zat Besi

Agar gejala penyakit ini tidak kambuh, seorang pasien Thalassemia perlu menjaga makanan mereka dengan tidak mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi. Dilansir Live Strong, inilah lima makanan yang mampu menurunkan zat besi dalam tubuh:

1. Telur


Makanan yang Bisa Turunkan Kadar Zat Besi Telur

Sumber protein yang mampu menghambat penyerapan zat besi adalah telur. Protein hewani yang sati ini mengandung phosivitin, senyawa protein yang mengikat molekul besi bersama-sama dan mencegah tubuh menyerap zat besi yang diperoleh dari makanan. Menurut Iron Disorders Institute, satu telur rebus dapat mengurangi penyerapan zat besi sebanyak 28%.

2. Makanan yang Tinggi Kalsium


Makanan yang Bisa Turunkan Kadar Zat Besi Kalsium


Makanan yang tinggi kalsium seperti susu dapat mencegah tubuh dari penyerapan zat besi. Susu mengandung kalsium, mineral penting dan satu-satunya zat yang diketahui dapat menghambat penyerapan zat besi.

Satu cangkir susu mengandung sekitar 300 mg kalsium dan tidak akan memberikan efek pada penyerapan zat besi jika hanya dikonsumsi kurang dari 300 mg. Kalsium baru bisa berfungsi jika dikonsumsi sekitar 300 hingga 600 mg per harinya.

3. Teh Hijau


Makanan yang Bisa Turunkan Kadar Zat Besi Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau murni setiap harinya bisa berpengaruh pada kadar zat besi dalam tubuh pasien Thalassemia. Teh hijau tidak hanya membantu menghambat penyerapan zat besi, namun juga mengandung berjuta maanfaat bagi kesehatan.

Kandungan antioksidan dalam teh hijau juga dipercaya mampu mencegah kerusakan sel dan menangkal radikal bebas. Teh hijau diketahui dapat menjaga dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

4. Rumput Gandum


Makanan yang Bisa Turunkan Kadar Zat Besi Rumput Gandum

Mungkin belum banyak tahu tentang tanaman yang satu ini. Adalah rumput gandum yang disarankan oleh para dokter untuk penderita Thalassemia.

Rumput gandum biasa diolah dalam bentuk bubuk, tablet, dan jus. Namun, jus menjadi olahan rumput gandum yang paling baik karena kandungannya akan tetap utuh. Rumput gandum juga memiliki sifat yang mampu meningkatkan hemoglobin dalam tubuh penderita Thalassemia.

5. Sereal


Makanan yang Bisa Turunkan Kadar Zat Besi Sereal

Makanan kaya serat yang satu ini baik dikonsumsi bagi penderita Thalassemia karena dapat mengurangi kadar zat besi dalam tubuh. Sereal seperti kulit gandum, jagung, gandum, beras dan kedelai merupakan contoh makanan yang disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit gangguan darah.

Semua makanan ini boleh untuk dikonsumsi namun tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan pakar ahli agar asupan makanan yang seimbang bisa terpenuhi oleh penderita Thalassemia.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.