Saturday, April 15, 2017

Cara Menghapus File Duplikat di Dropbox

DropBox adalah salah satu aplikasi cloud storage terbaik yang bisa digunakan untuk menyimpan dan membackup file-file penting seperti foto, video dan dokumen. Namun, untuk pengguna gratis jumlah penyimpanan hanya dibatasi sebesar 2GB. Untuk anda yang menginginkan jumlah penyimpanan lebih harus merogoh kocek untuk biaya berlangganan.

Cara Menghapus File Duplikat di Dropbox

Dengan jumlah penyimpanan hanya sebesar 2GB, tentu kamu harus bijak dalam menggunakan penyimpanan yang ada. Kamu tidak perlu menyimpan file-file yang tidak perlu disimpan di DropBox. Seperti foto mantan misalnya.

Salah satu cara lain untuk menghemat kapasitas penyimpanan DropBox adalah dengan menghapus file-file duplikat. Terkadang kita secara tidak sengaja menyimpan file yang sama, namun di folder yang berbeda.

DropBox belum punya fitur khusus untuk menghapus file duplikat. Karenanya, kita memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga. Jika kamu menggunakan Android, kamu bisa menggunakan aplikasi Unclouded. Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi file eksplorer yang dirancang khusus untuk mengatur file-file yang kamu simpan di cloud storage seperti DropBox dan Google Drive.

Nah, selain dapat kamu gunakan untuk melihat-lihat file yang ada di DropBox, salah satu fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Unclouded adalah menghapus file-file duplikat. Bagaimana cara menggunakannya?

Pertama, buka aplikasi Unclouded. Lalu masuklah menggunakan akun DropBox kamu. Berikan akses kepada aplikasi Unclouded. Tunggu sampai Unclouded selesai membaca file-file yang kamu simpan di DropBox. Biasanya memakan waktu 2-5 menit, tergantung dari banyaknya file yang ada di akun DropBox kamu.

Kedua, pilih menu Duplicates yang terletak dibagian samping. Tunggu sampai Unclouded mendeteksi file duplikat kamu. Biasanya, semakin banyak file semakin lama juga proses pendeteksian.

Jika sudah, maka akan muncul dua file dengan nama dan ukuran yang sama namun di lokasi (folder) yang berbeda. Untuk memastikan bahwa dua file tersebut adalah file yang sama, lihat nama dan ukuran file tersebut. Jika file duplikat kamu banyak, maka akan banyak juga yang akan muncul. Kamu tinggal pilih ingin menghapus file di folder yang mana.

Bagaimana? Gampang bukan? Sekarang akun DropBox kamu bakal lebih lega dan bisa kamu gunakan untuk menyimpan lebih banyak file penting.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.