Friday, April 21, 2017

Cara Menghapus Aplikasi Sistem Android

Seperti yang kita ketahui, rata-rata smartphone android di isi dengan berbagai macam aplikasi yang sebenarnya tidak perlu dan tidak berguna oleh vendor pembuat smartphone. Hal ini membuat penyimpanan internal smartphone terbuang sia-sia untuk aplikasi yang tidak kita gunakan. Dan buruknya lagi, ada banyak aplikasi bloatware yang di install sebagai aplikasi sistem, sehingga tidak bisa dihapus.

Cara Menghapus Aplikasi Sistem Android

Untungnya, android adalah sistem operasi opensource. Selalu saja ada cara untuk mengakali berbagai kekurangannya. Jika kamu juga cukup terganggu dengan aplikasi-aplikasi sistem, maka kamu bisa menggunakan Link2Sd untuk menghapus aplikasi-aplikasi sistem tersebut. Sebelumnya, root terlebih dahulu android kamu ya.

Install


Cara Menghapus Aplikasi Sistem Android

Kamu bisa menginstall secara gratis aplikasi Link2Sd di Google Play. Ada gua aplikasi Link2Sd di Google Play, yaitu yang versi gratis dan berbayar.

Cara menghapus aplikasi sistem android


Aplikasi yang termasuk ke dalam kategori aplikasi sistem tidak bisa dihapus dengan cara biasa. Kamu perlu mendapatkan hak akses root dan Link2Sd. Jika smartphone android kamu sudah di root, buka Link2Sd, lalu pilih “aplikasi sistem” untuk menampilkan seluruh aplikasi sistem yang terinstall di smartphone kamu.

Cara Menghapus Aplikasi Sistem Android

Pilih aplikasi sistem yang ingin kamu hapus. Dalam hal ini, saya ingin menghapus Chrome. Maka saya akan menyentuh beberapa saat pada aplikasi Chrome sampai muncul opsi. Lalu pilih “hapus”. Akan muncul dialog peringatan yang menyatakan bahwa jika salah menghapus aplikasi sistem dapat berakibat pada fatal untuk smartphone kamu. Jadi, selalu berhati-hati jika ingin menghapus aplikasi sistem. Pastikan kamu tahu apa yang kamu lakukan.

Cara membekukan aplikasi


Sebenarnya caranya hampir sama dengan ketika kamu menghapus aplikasi, yaitu dengan tekan-tahan di aplikasi, lalu pilih bekukan. Membekukan aplikasi jauh lebih aman dibandingkan dengan menghapus aplikasi sistem. Aplikasi sistem yang dibekukan tidak akan berjalan sampai kamu mengaktifkannya lagi menggunakan Link2Sd.

Cara Menghapus Aplikasi Sistem Android

Itu dia cara menghapus dan membekukan aplikasi sistem menggunakan Link2Sd. Kamu bisa menghapus aplikas sistem yang tidak kamu gunakan. Atau jika tidak yakin ingin menghapusnya, kamu bisa membekukannya. Dengan cara ini, RAM smartphone android kamu akan menjadi lebih lega. Sebelum menghapus atau membekukan aplikas sistem, selalu cari tahu terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut aman atau tidak. Kamu bisa mengunjungi forum atau grup yang khusus membahas tipe smartphone yang kamu gunakan.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.