Friday, April 21, 2017

Cara Memblokir Pelacak Website

Kamu sering keluyuran di dunia maya? Kamu pasti sudah tau ‘kan kalau banyak website yang mengumpulkan semua informasi history browsing dan semua hal yang kamu lakukan di dunia maya. Lalu, data-data tersebut dijual kepada para pengiklan. Kamu yang tidak ingin aktivitas dunia maya kamu dikumpulkan oleh pihak-pihak tertentu, bisa menggunakan Ghostery.

Cara Memblokir Pelacak Website

Ghostery adalah ekstensi untuk berbagai browser untuk memblokir tracker dari website yang kamu kunjungi. Ghostery tersedia untuk banyak browser seperti Chrome, Mozilla, Opera, Safari, Microsoft Edge, dan bahkan Internet Explorer. Hari gini, ada yang masih pakai Explorer kah?

Berikut ini adalah aksi dari Ghostery ketika memblokir pelacak disebuah website.

Cara Memblokir Pelacak Website

Seperti yang kamu lihat, Ghostery memblokir script dari website yang termasuk ke dalam kategori tracker yaitu iklan, analisis situs, dan masih banyak lagi. Dengan memblokir dan tidak menampilkan script-script tersebut, browser akan lebih cepat untuk memuat halaman website yang sedang kamu kunjungi. jadi selain meningkatkan privasi, Ghostery juga bisa mempercepat browser untuk memuat halaman website.

Jika kamu ingin membiarkan beberapa script tracker berjalan, kamu bisa menghapus tanda centang pada tracker yang diinginkan. Lalu Ghostery akan mereload halaman website yang sedang dikunjungi.

Kamu juga bisa membiarkan semua tracker dari sebuah website berjalan dengan cara mengklik tombol Trust site. Semua tracker dan iklan di website yang kamu pilih tidak akan di blokir. Lakukan hal tersebut pada website yang benar-benar kamu percaya, seperti website kampus atau perusahaan tempat kamu bekerja misalnya.

Kontroversi Ghostery


Walaupun Ghostery dibuat untuk membantu para penggunanya untuk lepas dari tracker dan iklan, Ghostery diketahui ternyata malah menjual data-data penggunanya kepada para pengiklan. Ironis, huh?

Tapi tenang, karena sebenarnya Ghostery memberikan kita pilihan untuk berbagi data dengan mereka atau tidak. Buka menu pengaturan Ghostery, lalu pilih Support Ghostery, hilangkan ceklis pada dua opsi didalamnya. Sekarang Ghostery tidak akan mengumpulkan informasi tentang kamu dan menjualnya ke para pengiklan.

Cara Memblokir Pelacak Website

Nah, itu dia sedikit tips untuk meningkatkan privasi kamu di dunia maya menggunakan ekstensi Ghostery. Selamat mencoba dan bersenang-senang di dunia maya.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.