Wednesday, February 1, 2017

Nostalgia Jajanan Jaman Dahulu

Nostalgia Jajanan Jaman Dahulu - Masih ingat dengan jajanan yang dulu sering lewat di depan rumah? Ada beberapa jajanan yang biasanya lewat depan rumah sekarang sdah mulai hilang dari peredaran karena orang-orang ssudah mulai kurang berminat dan beralih ke jajanan yang kekinian.

Nostalgia Jajanan Jaman Dahulu

Padahal mungkin dulunya kita selalu menunggu kedatangan abang jajanan lewat. Jajanan apa aja sih? Berikut Nostalgia Jajanan Jaman Dahulu

1. Kue Rangi


Nostalgia Jajanan Jaman Dahulu

Yang tidak tau kue rangi, nih jelasin sedikit ya. Kue rangi itu dibuat dari campuran kelapa parut sama sagu terus di masak di atas cetakan kue yang mirip kek kue pancong. Bedanya kue rangi dimakan bersama sama saus gula merah kentel, kadang abangnya inmprovisasi buat menambahkan sausnya paje potongan buah nangka atau duren. Biasanya selembarnya 3 ribu perak, terus minta nambah extra saus gulanya. Hmm.. jadi BM..

2. Kue Putu dan Klepon


Nostalgia Jajanan Jaman Dahulu

Ini nih, kalau lewat khas sekali bunyinya. Jaman dulu kalau beli goceng aja sudah banyak sekali. Kang kue putu biasanya lewat sore-sore pas sekali sama jam mbak-mbak nyuapin bocah sambil maen sepedah wimsaikel. Selain jualan kue putu, biasanya ada pendampingnya yaitu klepon.

3. Getuk


Nostalgia Jajanan Jaman Dahulu

Kang getuk kalau lewat lebih mirip kek orkes gerobak dorong. Karena biasanya mereka sambil nyetel dangdut kenceng sekali sampe ada yang gerobaknya dipasang toa masjid. Di beberapa wilayah di Jakarta, getuk sudah jarang sekali di jajakan lewat abang-abang. Lo musti datang ke pasar tradisional buat nemuin getuk. Yang lupa sama bentuk dan rasanya, getuk itu camilan dari singkong, yang direbus terus ditumbuk, dikasih pewarna makanan terus dikukus lagi. Biasanya dimakan bersama parutan kelapa.

4. Es Goyang


Nostalgia Jajanan Jaman Dahulu

Tukang es goyang juga sudah suka tidak keliatan lagi wara wiri di komplek rumah. Biasanya si abang siang-siang panas terang sering lewat. Es goyang atau di bilang es lilin betawi cuma dibuat dari tiga bahan sederhana. Santen, Gula sama susu kental manis. Yang bikin keren dari es goyang adalah proses tiga bahan tersebut menjadi sepotong eskrim. Kang es goyang menggunakan gerobak yang di pasang pendingin listrik terus goyang-goyangin gerobaknya sampe adonan berubah jadi eskrim. Ajaib kan!

5. Rujak Bebek


Nostalgia Jajanan Jaman Dahulu

Rujak bebek atau rujak tumbuk atau rujak ulek memang masih ada. Tapi, paling lo bisa nemuin pas lagi event-event semacem Jakarta Fair. Yang paling khas dari rujak bebek adalah rasa pisang batu yang sepet-sepet enak. Biasanya tukan rujak bebek, numbuk buahnya pakai tumbukan kayu dan disajiin pakai piring dan sendok daun pisang.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.