Saturday, February 4, 2017

Cara Untuk Meningkatkan Engagement Twitter

Cara Untuk Meningkatkan Engagement Twitter - Bicara mengenai yang namanya digital marketing, khususnya untuk bisnis B2C ( Business to Customer). Media sosial memang dapat dikatakan masih menjadi pilihan sarana marketing yang tidak boleh sampai terlewat untuk strategi marketing.

Cara Untuk Meningkatkan Engagement Twitter

Ya, jelas saja demikian, apalagi jika mengingat bahwa media sosial merupakan situs yang paling sering dikunjungi oleh internet user setiap harinya. Salah satu media sosial yang cukup populer dan kerap digunakan untuk kepentingan marketing adalah twitter.

Dibandingkan dengan popularitas facebook, memang twitter dapat dikatakan berada di peringkat kedua. Namun keefektifan yang ditawarkan oleh media sosial ber-icon burung ini tidak kalah baiknya dengan dengan facebook dalam hal marketing atau promosi.

Twitter memiliki keunikannya tersendiri di bandingkan dengan media sosial yang lainnya. Salah satu yang paling mencolok adalah bahwa twitter membatasi karakter dalam setiap post/ tweet hanya sebanyak 140 kata saja.

Meskipun memiliki keunikan sekaligus keterbatasan, hal tersebut malah menjadi nilai plus bagi twitter sebagai sarana marketing. Keterbatasan karakter yang hanya 140 karakter akan membuat informasi yang disampaikan menjadi lebih singkat dan akurat.

Membahas mengenai tips digital marketing menggunakan twitter, istilah engagement adalah salah satu yang pastinya berkaitan. Dimana hal ini adalah hal yang dituju oleh para marketer. Sedikit menjelaskan bahwa engagement adalah aktifitas yang terjadi antara anda selaku pemiik akun/ orang yang memposting dengan follower anda.

Aktifitas yang dimaksud dapat berupa klik link, memberi like, re-tweet, shared via email dan lainnya. Akan menjadi percuma jika anda melakukan banyak tweet namun engagement yang anda dapatkan sedikit?.

Nah, pada bahasan kali ini Iumari akan mengupas mengenai tips digital marketing.

Cara untuk menaikkan engagement twiter untuk digital marketing.

Berikut ulasan selengkapnya untuk anda:

Menggunakan Twitter Analytic untuk Memantau Engagement


Menggunakan Twitter Analytic untuk Memantau Engagement

Untuk mengetahui apakah digital marketing yang diterapkan melalui twitter terbilang efektif atau tidak, twitter analytic adalah salah satu tools online yang dapat digunakan.

Tools twitter yang satu ini dapat membantu anda dalam mendapatkan statistic aktifitas postingan di twitter anda yang mencangkup jumlah tweet, impression, engagement dan juga engagement rate.

Sehingga anda akan dapat mengetahui dengan pasti apakah strategi marketing lewat twitter yang anda lakukan efektif atau tidak.

Dari keseluruhan data yang diungkap sebelumnya (impression, engagement dan engagement rate), engagement rate dapat dikatakan sebagai data kesimpulan dimana anda dapat menjadikan patokan efektif atau tidaknya digital marketing yang anda lakukan.

Engagement rate dapat dijelaskan sebagai persentase engagement dari setiap tweet yang dibuat, engagement rate ini juga kerap disingkat TER( Twitter Engagement Rate) dalam dunia marketing.

Sebagai contoh dari TER ini adalah misalnya anda mendapatkan 100 impression untuk tweet anda dan 1 engagement, hal tersebut berarti bahwa Twitter engagement rate( TER) dari tweet anda adalah 1%.

Banyak dipercaya bahwa angka ideal dari TER ini sendiri adalah 2% untuk setiap tweet. Nilai TER 2% tadi memang dapat dikatakan sedikit, namun akan sangat mempengaruhi engagement dan juga jumlah follower nantinya.

Bagaimanakah cara untuk menaikan nilai Twitter Engagement Rate( TER) ini?


Bagaimanakah cara untuk menaikan nilai Twitter Engagement Rate( TER) ini?

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa nilai TER adalah data kesimpulan yang menunjukan apakah digital marketing yang diterapkan efektif atau tidak.

Untuk itulah, menaikan nilai TER menjadi hal penting yang harus diketahui oleh para marketer yang menggunakan twitter sebagai media marketingnya.

Menaikan nilai TER sendiri sebenarnya mengacu pada dasar-dasar strategi digital marketing. Jika anda mengetahui dasar-dasarnya, maka nilai TER anda pastinya akan baik.

Berikut adalah tips digital marketing yang berkaitan dengan hal-hal dasar yang dimaksud sebelumnya:

Mengetahui apa yang diinginkan oleh pasar


Mengetahui apa yang diinginkan oleh pasar

Salah satu poin yang perlu anda ketahui mengenai tips digital marketing menggunakan twitter, terutama untuk menaikan nilai TER adalah keinginan pasar.

Contohnya, jika anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang travel. Berarti anda memiliki target marketing yang telah sangat jelas yakni anak muda dan juga keluarga yang menginginkan paket liburan unik.

Untuk itu, anda dapat menyajikan info mengenai destinasi liburan yang berbeda atau jarang dikunjungi sebagai bagian promosi/ strategi marketing anda.

Dengan mengetahui market atau target marketing anda, maka hal tersebut akan sangat membantu dalam menaikan nilai TER dari postingan anda di tweet.

Memberikan gambar pada tweet


Memberikan gambar pada tweet

Menarik perhatian audience adalah hal paling basic dalam digital marketing, memberikan gambar pada tweet anda dalah dikatakan sebagai salah satu bentuk penerapan hal ini.

Gambar yang melengkapi tweet dapat menjadi pelengkap informasi yang jitu dalam menarik perhatian audience.

Saat ini sendiri, telah sangat banyak pelaku digital marketing yang menggunakan gambar dan juga gambar GIF untuk menarik perhatian audience/ follower, sehingga engagement pun akan meningkat.

Itulah beberapa tips digital marketing yang dapat membantu untuk menaikan engagement dari setiap tweet untuk tujuan marketing yang anda lakukan. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.