Saturday, February 18, 2017

Mahalnya Susu Formula Tak Mampu Kalahkan ASI

Mahalnya Susu Formula Tak Mampu Kalahkan ASI - Pada enam bulan awal hidupnya, bayi hendaknya mendapatkan air susu ibu (ASI) secara eksklusif. Pasalnya susu formula semahal apapun tidak akan bisa menggantikan ASI.

Mahalnya Susu Formula Tak Mampu Kalahkan ASI

“Usia 0-6 bulan berikan hanya ASI, ASI eksklusif. Jangan juga berikan air putih,” pesan dr Attila Dewanti, SpA, dalam Milna 1st Bite Campaign di Senayan City, Jl Asia Afrika, Jakarta Selatan, Sabtu (14/5/2016).

“Sufor (susu formula) paling mahal juga tidak bisa menggantikan ASI,” imbuh dr Attila.

dr Attila juga pernah mendengar saran pemberian pisang saat bayi berusia 3 bulan. Jika Anda mendengar saran itu, tolong diabaikan. Karena bayi 3 bulan belum membutuhkan pisang. “Sudah, ASI saja. ASI sudah yang paling baik,” tambahnya.

Tentang pemberian ASI, Menkes Nila F Moeloek beberapa waktu lalu mengatakan ada kenaikan jumlah prevalensi ibu menyusui yang berdasarkan hasil studi Lancet Breastfeeding Series sudah mencapai 65 persen. Jumlah ini meningkat dibanding data Riset Kesehatan Dasar 2013 dengan jumlah 38 persen.

Pemberian ASI secara langsung tidak hanya menghemat waktu karena tidak perlu sibuk menuang dan mengaduk susu, tapi juga turut menciptakan generasi muda yang berkualitas dengan mental yang baik.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga mengungkapkan ASI bermanfaat membuat tubuh si kecil lebih mudah melawan virus, terhindar dari alergi dan sakit, serta mampu meningkatkan IQ anak. ASI telah menyediakan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi agar tumbuh kembangnya baik. Dengan sederet manfaat hebat ASI, jangan patah semangat memberikan ASI untuk si kecil ya Ayah dan Ibu!

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.