Saturday, February 4, 2017

Kesalahan Dalam Penerapan Email Marketing

Kesalahan Dalam Penerapan Email Marketing - Untuk para marketer, tentunya teknik periklanan dengan penerapan email marketing merupakan bukanlah hal yang asing lagi. Email marketing yang juga dikenal dengan istilah email blast dapat dikatakan sebagai satu dari beberapa sarana digital marketing yang efektif dalam mempromosikan ataupun branding suatu bisnis.

Kesalahan Dalam Penerapan Email Marketing

Bukan hanya itu, email blast juga terbilang tidak memakan banyak biaya dalam penggunaannya alias sangat hemat dalam hal biaya marketing.

Seperti namanya, penerapan email marketing dilakukan dengan mengirimkan email promosi atau penawaran ke target/ pelanggan. Penerima email juga dapat menanyakan mengenai penawaran dan juga promosi yang diutarakan melalui email yang dikirimkan.

Namun sayangnya, tidak sedikit pelaku bisnis ataupun marketer yang melakukan kesalahan fatal dalam pemanfaatan email blast/ marketing ini. Sehingga nilai keefektifannya dalam mendatangkan subscriber atau meningkatkan sale berkurang.

Kali ini, Iumari akan mengungkap beberapa kesalahan fatal yang dimaksud sebelumnya yang sebaiknya anda hindari dalam penerapan digital marketing ini:

Ketidakteraturan pengiriman email


Salah satu kesalahan fatal dalam penerapan email blast/ marketing yang sebaiknya anda hindari adalah ketidakteraturan dalam mengirim email.

Email marketing bukan hanya sebuah perangkat marketing yang ditujukan untuk mencari subscriber dan juga mempromosikan sebuah bisnis maupun brand. Namun ia juga menjadi media pembanguan persona maupun bisnis yang anda jalankan.

Keterlambatan atau tidak keteraturan dalam mengirim email ke pelanggan anda akan membuat bisnis anda menjadi terlihat kurang professional. Oleh karena itulah, pengaturan jadwal pengiriman email adalah salah satu bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. Agar tidak terjadi keterlambatan maupun ketidakteraturan dalam pengiriman email.

Untuk bagian ini, anda dapat memanfaatkan fitur atau sistem penjadwalan pengiriman email marketing yang telah banyak disediakan pada engine email marketing professional.

Kurangnya memanfaatkan subscribe email


Kesalahan fatal lainnya dalam penerapan email marketing adalah kurangnya memanfaatkan subscribe email. Pada penerapannnya, banyak marketer yang hanya menggunakan fitur subscribe email pada awal-awal promosi. Namun kemudian melupakan fitur ini alias tidak memanfaatkannya lagi.

Sebenarnya hal ini dapat memberikan dampak pada jumlah subscriber yang telah stagnant dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu, sangat disarankan untuk anda agar lebih optimal dalam menggunakan fitur subscribe email ini. Setidaknya perbaruilah promosi subscribe email sekali dalam 3 bulan.

Preview yang kurang menarik


Masih tentang kesalahan fatal dalam penerapan email blast/ marketing, kesalahan selanjutnya yang sebaiknya tidak anda lakukan adalah kurang fokus pada preview email marketing anda.

Preview adalah salah satu bagian penting dalam email marketing, dimana dengan penerapan yang tepat ia akan dapat menarik perhatian pembaca/ recipient/ penerima email anda.

Preview sendiri biasanya akan menampilkan baris pertama dari isi email anda, sehingga sangat penting untuk membuat baris pertama email anda menarik dan mengundang penerima email untuk membacanya.

Buatlah baris pertama isi email anda semenarik mungkin. Agar nantinya efektif menarik perhatian penerimanya untuk membuka dan membaca isi email anda.

Melakukan test email ke email pelanggan


Melakukan test email ke email pelanggan menjadi kesalahan terakhir dalam pembahasan kali ini yang harus anda hindari dalam penerapan email marketing.

Untuk mengetes/ testing apakah email marketing yang dikirimkan melalui engine email marketing biasanya banyak marketer yang menggunakan alamat email pelanggan untuk uji coba (mengirimkan email ke alamat email pelanggan).

Namun hal ini sebenarnya salah, cara yang paling tepat adalah mengetesnya ke alamat email anda.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.