Wednesday, February 1, 2017

Film Klasik Tiga Dara

Film Klasik Tiga Dara - Hadirnya film Tiga Dara yang telah selesai direstorasi, bukan hanya memberikan angin segar di dunia perfilman, tapi juga penting untuk menjaga sejarah, musikalitas, dan budaya bangsa.

Film Klasik Tiga Dara

Akhirnya film klasik drama musikal Tiga Dara, siap kembali hadir di bioskop. Film yang telah selesai direstorasi di Bologna, Italia, ini akan tayang untuk publik mulai 11 Agustus 2016 mendatang.

Film Tiga Dara ini dihadirkan dalam rangka perayaan 60 tahun film karya sutradara legendaris Usmar Ismail. Hitsss yang juga berkesempatan menonton film Tiga Dara ini pada saat press screening, Rabu (3/8/2016), menikmati film ini yang menceritakan tentang kehidupan perempuan di era 50-an.

Dalam film tersebut jelas terlihat budaya di era pasca kemerdekaan, yang digambarkan detail oleh sang sutradara. Tiga Dara sendiri dipandang sebagai aset penting, karena mengandung banyak jejak sejarah yang bisa terlihat dari film itu.

“Film Tiga Dara adalah tentang kita, tentang sejarah kita, tentang musikalitas, tentang budaya kita,” kata Yoki P. Soufyan, Komisaris dan Direktur Utama PT. SA Films, dalam sesi konferensi pers Tiga Dara.

Film Tiga Dara juga merupakan bukti otentik sejarah pasca kemerdekaan, dan bukti itu tidak boleh hilang sama sekali. “Kita menghindari bangsa kita kehilangan salah satu bukti otentik sejarah dan budayanya. Maka merestorasi dan mempersembahkan kembali film Tiga Dara kepada bangsa Indonesia adalah tugas yang sangat penting,” ujar Yoki.

Film yang dibuat dalam versi modern


Film Klasik Tiga Dara

Tanggal 1 September 2016 lalu, Tiga Dara berumur 60 tahun. Umur film tersebut mungkin sudah menua, namun demikian tentunya film-film klasik semacam ini sangat membutuhkan apresiasi yang baik bagi generasi muda saat ini.

SA Films, selaku pihak yang merestorasi film, juga bekerja sama dengan Kalyana Shira Films, untuk membuat film yang terinspirasi dari kisah Tiga Dara, namun diangkat dalam versi lebih modern.

Judulnya adalah Ini Kisah Tiga Dara, film ini disutradai oleh sutradara perempuan Nia Dinata, dengan para pemain film terdiri dari Tara Basro, Shanty Parades, hingga Tatyana Akman.

Bersamaan dengan pemutaran untuk umum, akan diadakan juga konser musik besar memperingati “60 Tahun Tiga Dara”. Dengan line-up pengisi acara, seperti Bonita and the Husband, Aimee Saras, Aprilia Apsari, Anda Perdana, Monita Tahalea, Indra Azis dan lain-lain.

Konser “60 Tahun Tiga Dara” ini akan menampilkan Indra Perkasa sebagai konduktor konser, sekaligus pembuat musik untuk album soundtrack Tiga Dara, bersama Bemby Gusti dan Aghi Narottama, sebagai pembuat musik untuk film Ini Kisah Tiga Dara.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.