Saturday, February 4, 2017

Daftar Aplikasi Desain Rumah

Daftar Aplikasi Desain Rumah - Bukankah hal yang menyenangkan bila rumah Anda di desain sendiri ? Desain rumah atau denah merupakan syarat untuk membangun sebuah rumah atau bangunan lainnya. Ini berfungsi sebagai peta konsep supaya kita dapat memperhitungkan lama pengerjaan, model seperti apa, budget yang harus dikeluarkan berapa, dan hal lainya.

Daftar Aplikasi Desain Rumah

Ada beberapa media dalam pembuatan desain rumah. Sebenarnya bisa dengan media kertas dan Anda menggambarnya sendiri. Namun bila Anda ingin lebih efektif dalam pengerjaannya dan visualnya lebih terlihat maka gunakan media komputer yaitu dengan sebuah aplikasi. Sebenarnya begitu banyak sekali aplikasi desain rumah. Tak perlu bingung bagi Anda yang ingin mendesain rumah sendiri atau ingin tahu apa saja aplikasi desain rumah berikut dibawah ini ulasannya dibawah ini.

Auto CAD


Auto CAD

Aplikasi yang di kembangkan oleh Autodesk ini di fungsikan untuk mendesain 2D dan 3D yang merupakan Software paling banyak digunakan di dunia. Aplikasi ini hanya dapat berjalan pada sistem operasi Microsoft. Terdapat banyak bahasa yang dapat di gunakan diantarannya Bahasa Ingris, Jerman, Belanda, Jepang, Perancis dll.

Dari tahun ke tahun Auto CAD terus meningkatkan versi dan Auto CAD 2016 v.20.1 merupakan versi tebaru. Pada Auto CAD 2012 v.18.2 ini dapat berjalan pada 2 sistem operasi yaitu Windows dan MAC OS. Untuk pengguna Android terdapat AutoCAD 360 yang dapat digunakan. Terdapat beberapa fitur baru diantaraya peningkatan kinerja PDF, pembentukan dimensi yang cerdas, geometric center osnap, dan objek pembatas MText.

Planner 5D


Planner 5D

Aplikasi Planner 5D merupakan aplikasi yang menyediakan desain dengan tampilan 2D dan 3D. Dengan aplikasi ini Anda bisa merancang serta merenovasi rumah dengan cara yang mudah karena aplikasi ini user friendly. Dengan Aplikasi Planner 5D Anda bisa menjadikan software ini sebagai wadah untuk mengaplikasikan imajinasi Anda tentang rumah impian.

Terdapat banyak fitur yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah membuat lantai, mengatur interior, dan eksterior. Untuk mendesain 3D memang dibutuhkan komputer dengan spesifikasi VGA dan RAM yang baik agar desain yang di hasilkan maksimal. Planner 5D dapat berubah mode dari 2D ke 3D dengan mudah dan dapat mempercepat pengerjaan. Aplikasi ini sangat komprehensif dengan set fitur yang dapat Anda pilih.

FreeCAD


FreeCAD

FreeCAD merupakan aplikasi open source yang mendesain pada 3D CAD, CAX, MCAD, CAE, PLM. Tampilan aplikasi ini sudah mengarah ke sketsa sangat cocok untuk Anda yang suka menggambar. Aplikasi FreeCAD dapat berjalan di berbagai antar muka yakni Windows, MAC OS, Linux, dan Fedora.

Fitur yang terdapat pada FreeCAD fitur yang mudah digunakan karena berbasis parametric modern. Keunggulan FreeCAD yaitu terdapat modul robot simulation, modul rendering, modul drawing sheets, dll. Untuk spesifikasi computer yang digunakan adalah RAM minimal 512 MB dan hardisk harus kosong 200 MB atau lebih.

Sweet Home 3D


Sweet Home 3D

Aplikasi selanjutnya yaitu Sweet Home 3D. Merupakan sebuah software yang mudah digunakan dan memiliki berbagai fitur. Sweet Home 3D dapat berjalan pada Windows, MAC OS, Linux dan Solaris untuk mobile juga dapat digunakan pada Android dan iOS.

Pada aplikasi desain rumah ini juga Anda dapat menambah furniture seperti kursi, lemari dll untuk menambah keidahan ruangan. Keunggulan dari Sweet Home 3D yaitu adanya fitur Home 3D view, Home Plan, Home Furniture List, dan Furnitur Catalog. Sweet Home 3D juga sudah di dukung oleh berbagai bahasa serta hadir dengan tampilan yang simple dan menarik.

FloorPlanner


FloorPlanner

FloorPlanner merupakan sebuah sotware desain yang interaktif. Cocok bagi anda yang senang dengan suasana baru dengan mengganti berbagai furniture. FloorPlanner ini apat anda gunakan pada komputer dan juga ponsel iOS. Anda dapat membuat simulasi dengan mudah untuk membuat suatu acara seperti pesta.

Aplikasi ini juga mendukung 2 dimensi 2D dan juga 3D. Ciri dari FloorPlanner ini adalah mudah dan efektif digunakan. Software ini merupakan ektensi dari Chrome. Agar dalam pengerjaan desain lebiih detail maka Anda bisa menggunakan navigasi move dan zoom. Hasil dari desain FloorPlanner ini dapat di simpan dan di export serta dicetak langsung juga Anda bisa share di media social.

3D Interior Room Desain


3D Interior Room Desain

3D Interior Room Desain di buat oleh HB Conception Inc. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat denah rumah dengan tampilan 3D yang membuat terlihat lebih nyata. Aplikasi ini sangat bagus karena Anda dapat mendekorasi interior sesuai dengan keinginan.

3d Interior Room Desain ini berjalan pada antarmuka Wndows dan untuk mobile dapat di gunakan di Android. Selain itu Anda juga bisa memodifikasi warna dengan gambar. Aplikasi ini mudah di gunakan dan juga cepat. Tampilan yang seperti nyata memperindah interior rumah menjadi terlihat lebih mudah.

Itulah beberapa aplikasi desain rumah yang perlu Anda coba. Apakah Anda tertarik ? Desain sendiri saja rumah Anda. Dengan berkembangnya zaman dan tekhnologi. Sekarang tidak hanya seorang Arsitektur saja yang dapat mendesain bangunan khususnya rumah, Anda juga bisa !. Sekian informasi yang dapat di sampaikan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.