Saturday, February 11, 2017

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot - Sebelum anda lanjut ke tips Cara Mengatasi Laptop Lemot perlu diketahui terlebih dahulu apakah spesifikasi laptop anda imbang dengan OS dan aplikasi yang digunakan. Contoh kecil jika anda menggunakan komputer dengan RAM 1 GB lalu anda ingin menginstal OS windows 7 dan aplikasi berat lainnya seperti adobe photoshop, cyberlink youcam bahkan pes maka sudah dipastikan laptop anda akan lamban total, anda pasti paham maksud dari saya ini.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Nah jika anda sudah paham lanjut ke cara mengatasi laptop lemot paling ampuh versi arisudibyo.com, tips nya memang simpel tapi hasil nya maksimal, itulah yang dicari semua kalangan pengguna laptop. Bagaimana anda penasaran ingin mencoba mempercepat kinerja laptop anda, silahkan ikuti tips dan langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Lemot


Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Gunakan Antivirus Yang Up To Date


Antivirus mempunyai peranan penting dalam sistem operasi laptop kita yang dimana antivirus melindungi sistem dari virus yang berbahaya seperti sality, trojan dan masih banyak lagi. Untuk itu dalam memilih antivirus disarankan menggunakan antivirus yang up to date atau antivirus yang harus update menggunakan akses internet secara berkala. Banyak referensi antivirus up to date yang bisa anda gunakan seperti, AVG, Avast, Avira, Bitdefender, Kaspersky, MSE yang anda bisa pilih sesuai dengan keinginan anda. Jika perlu gunakan juga antivirus offline untuk antivirus kedua, tapi ingat jangan terlalu banyak menggunakan antivirus karena akan membuat sistem operasi bingung dan tentu akan berujung laptop menjadi lemot, ada juga yang mengatakan bahwa terlalu banyak antivirus akan menyebabkan konflik.

2. Scan Virus Secara Berkala


Jika tahap kesatu sudah anda lakukan, tahap selanjutnya untuk mengatasi laptop lemot adalah selalu scan virus secara berkala paling tidak 1x dalam seminggu. Namun bagi anda yang sering menggunakan laptop untuk browsing atau colak-colok flasdisk disarankan selalu scan minimal 2x dalam seminggu, semakin sering juga semakin bagus.

3. Gunakan Software Utility


Software Utility merupakan software khusus yang dirancang untuk membantu anda guna menganalisa, mengkonfigurasi, mengoptimalkan, memelihara dan menjaga kesehatan Laptop anda. Jadi, software utility ini merupakan software wajib yang harus anda install pada Laptop kesayangan anda. Berikut beberapa software utility yang saya ketahui seperti TuneUp Utilities, SystemSuite, BoostSpeed, Advanced System Optimizer (ASO), Advanced SystemCare, CCleaner, dan lainnya yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda. Ingat, install satu software utility saja karena semua utility itu sama fungsi nya. Setelah anda install software utility selanjutnya anda mengoptimalkan sistem operasi anda dengan utility yang anda gunakan, caranya cukup mudah sekali atau jika bingung anda bisa searching di google atau tanyakan ke teman yang sudah pernah menggunakan software utility. Jika anda tanya admin menggunakan software utility apa, saya dari awal menggunakan laptop sampai sekarang menggunakan TuneUp Utilities karena sudah terbiasa menggunakannya jadi saya selalu pilih TuneUp.

4. Uninstall Program yang Tidak Dibutuhkan


Program yang terlalu banyak adalah satu faktor mengapa laptop anda menjadi lamban, jadi cara ini adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi laptop lemot. Jadi perhatikan berapa banyak software yang anda install dan berapa besar kapasitar RAM laptop, anda harus bisa mengira-ngira besar kapasitas RAM dan software yang digunakan jangan sampai hampir mencapai maksimal pemakaian RAM setiap anda menggunakan laptop, untuk cek pemakain RAM di windows 7 adalah "klik kanan Taskbar" (satu baris dengan start) lalu pilih "Start Task Manager" kemudian pindah tab ke "Performance".

Namun jika laptop anda hanya untuk browsing atau mengerjakan tugas saja sebaiknya uninstall program yang sekiranya jarang dipakai atau bahkan tidak pernah dipakai. Cara uninstall program cukup mudah yaitu klik "Start => Control Panel => Uninstall a Program" kemudian pilih program/software yang hendak di uninstall lalu double klik nanti akan muncul aplikasi uninstall program tersebut, klik next-next saja sampai finish.

5. Pindahkan Data Dari Patisi System Ke Partisi Data


Tahap ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh besar, tapi apa salahnya kita gunakan tahap ini dan apalagi jika partisi system sudah hampir penuh maka disarankan anda wajib memindahkan data dari partisi system ke partisi data. Data apa saja sih yang dimaksud? seperti ketika anda mendownload data/file maka otomatis akan tersimpan di "C:\Users\Nama User\Downloads" maka anda perlu memindahkannya ke partisi data. Bukan hanya itu saja, anda bisa lihat data/file lainnya di "C:\Users\Nama User" kemudian silahkan pindahkan data yang sekiranya penting ke partisi data.

6. Cek Kapasitas Hard Disk


Setelah tahap ke-6 sudah anda lakukan, silahkan cek kapasitas hardisk laptop anda. Jika pemakaian partisi rata-rata sudah mencapai diatas 80% maka anda perlu melakukan pemilihan file yang penting dan tidak, kemudian file yang dikiranya tidak penting atau tidak dipakai silahkan hapus file tersebut atau jika anda keberatan untuk menghapus file kesayangan anda silahkan gunakan hardisk external untuk menyimpan beberapa file anda terutama yang berukuran besar.

7. Bersihkan File Sampah


Banyak sekali program tambahan yang dapat membantu kita untuk mengatasi masalah ini, salah satu yang banyak direkomendasikan adalah Ccleaner, yang dapat membantu anda membersihkan file – file yang tidak pelu seperti temporary files ataupun cookies, pembersihannya pun dirasa cukup maksimal dan hasilnya bisa dibilang memuaskan. Jangan lupa juga selalu bersihkan Recycle Bin secara berkala, atau jika ingin menghapus file langsung secara permanen caranya pilih file yang hendah dihapus kemudian tekan Shift + Dell secara bersamaan kemudian Ok.

8. Cek Komponen Dalam Laptop


Untuk tahap ini tidak semua pengguna bisa melakukannya, maka disarankan jangan nekat melakukannya. Nah jika laptop anda sudah benar-benar lemot anda bisa meminta tolong kepada teman yang bisa cek komponen laptop atau anda bisa bawa laptop anda ke tempat service terdekat dan tanyakan apa kendalanya, kemungkinan kendalanya adalah komponen kotor, fungsi komponen mulai lemah (faktor umur komponen), atau bahkan ada komponen yang rusak, maka dari itu laptop anda segera di perbaiki untuk mencapai penggunaan yang maksimal. Namun jika dikiranya umur laptop anda belum lama maka lewatkan saja tahap yang satu ini, anda bisa langsung ke toko dimana anda membeli karena masih ada garansi jika ada kerusakan alami.

9. Bersihkan Bagian Dalam Laptop


Debu adalah salah satu penghambat kinerja laptop, apalagi anda sering mengggunakan laptop di tempat yang memungkinkan laptop kemasukan debu. Disarankan saat menggunakan laptop di tempat yang benar-benar bersih, gunakan tempat yang datar dan keras bila perlu gunakan cooling pad (kipas angin laptop), jangan gunakan laptop di tempat yang bisa menghambat keluar masuknya udara seperti kasur. Namun jika anda sudah melakukannya dengan benar tapi laptop masih terlihat berdebu itu memang wajar jika dengan selang waktu beberapa tahun. Solusinya adalah bersihkan bagian dalam laptop anda paling tidak 3 tahun sekali. Untuk membersikan komponen gunakan kuas cat, tisue atau kain harus yang kering, untuk tutorial membersihkan bagian dalam laptop saya kira tidak perlu saya jelaskan, anda pasti sudah mengerti dan memahami sendiri.

10. Install Ulang Sistem Operasi


Re-install operating system atau dalam indonesia instal ulang sistem operasi adalah sebuah usaha untuk memasukan kembali semua file-file sistem operasi kedalam sebuah path/drive tertentu pada hard disk sehingga komputer dapat beroperasi kembali secara normal. Namun setelah melakukan install ulang maka semua software yang terinstall otomatis terhapus karena untuk melakukan install ulang harus menghapus semua file yang ada di partisi sistem untuk mengganti yang baru. Untuk tutorial install ulang sistem operasi saya tidak bisa jelaskan di artikel ini, karena saya sudah menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk membuat postingan ini, untuk itu anda bisa langsung searching saja di google.

Itulah Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Ampuh, baca juga artikel menarik lainnya hanya di www.iumari.com untuk mempelajari dunia teknologi. Sekarang zaman nya teknologi jadi jangan sampai anda ketinggalan ilmu jika mau hidup di dunia modern. Penulis berharap anda bisa share postingan ini ke sosial media untuk memberi tahu teman yang membutuhkan. Terima kasih silahkan melanjutkan aktivitas anda.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.