Tuesday, January 10, 2017

Solusi Cemerlang Atasi Kecelakaan Pesawat

Solusi Cemerlang Atasi Kecelakaan Pesawat - Kecelakaan pesawat masih menjadi momok yang menakutkan dalam transportasi udara. Ratusan bahkan ribuan insiden kecelakaan pesawat kerap menewaskan seluruh awak dan penumpang tanpa sisa. Mengerikan, bukan?

Solusi Cemerlang Atasi Kecelakaan Pesawat

Lantas apa solusi untuk masalah yang masih menghantui kita ini?

Menurut data International Civil Aviation Organization (ICAO), selama 10 tahun terakhir, delapan persen kecelakaan pesawat terjadi ketika lepas landas, 21 persen saat mendarat, dan 71 persen di tengah perjalanan udara.

Dan, 75 persen dari total kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia. Hanya 25 persen yang disebabkan kelalaian pada mekanik atau isu teknis.

Tentu untuk menekan angka faktor manusia tersebut sangat sulit lantaran sangat relatif. Prinsip-prinsip baru konstruksi pesawat sangat diperlukan. Setidaknya, mempertebal kemungkinan penyelamatan secara kolektif dengan mengevakuasi mereka beberapa saat sebelum terjadi insiden besar.

Sejatinya, ide ini telah dipatenkan oleh Tatarenko Vladimir Nikolaevich dengan nomor #88319 (19) UA dan #144783 RU. Paten ini meliputi konstruksi pemisahan badan bawah pesawat, di mana tempat penumpang duduk dan bagasi, dan bagian atas pesawat, termasuk moncong sampai ekor pesawat.

Ketika terjadi insiden di atas udara, bagian bawah pesawat bisa dilepaskan dan melakukan pendaratan lunak (soft landing) dengan bantuan parasut. Pendaratan dimungkinkan di atas air dan daratan. "Kapsul penumpang" ini juga dilengkapi dengan alat tertentu agar mudah ditemui tim penyelamat dengan segera.

Garansi keberhasilan struktur pesawat ini sangat nyata, dan terbukti dapat menyelamatkan seluruh awak pesawat dalam penerbangan transportasi militer.

Teknologi yang ada menggunakan kevlar dan komposit karbon untuk badan pesawat, sayap, flaps, spoiler, dan ekor. Hal ini memungkinkan agar sistem parasut mampu mengimbangi bobot penumpang beserta bagasinya.

Kini pilihan berada di tangan manufaktur pesawat raksasa dunia, Boeing dan Airbus. Apakah kedua perusahaan siap mengadopsi struktur pesawat ini dan rela membayar tinggi untuk patennya?

Berikut video simulasi pesawat sipil yang telah mengadopsi struktur canggih ini, mulai dari lepas landas, melepas diri hingga proses pendaratan.

Artikel Terkait

Hidup memang membutuhkan motivasi, karena hidup adalah perjuangan maka kita harus mempunyai semangat juang yang tinggi.