Monday, January 9, 2017

SEO dan Pencarian Kata Kunci di Google

SEO dan Pencarian Kata Kunci di Google - Menulis itu mudah, tapi untuk memenangkan hasil pencarian dimesin pencari yang dominan dikuasai google itu yang susah. Banyak blogger pemula yang mengatakan bahwa mengatasi persaingan SEO (Search Engine Optimation) itu teramat sulit, apa benar demikian?

SEO dan Pencarian Kata Kunci di Google

Sebenarnya bukan perihal mengatasi masalah SEO yang perlu diresahkan. Tetapi pikirkanlah tentang apa yang membuat situs web unik, berharga, atau menarik. Buat situs web Anda menonjol dari yang lain, maka mesin pencari akan memahami blog Anda.

Mengatasi Persaingan SEO


Tidak perlu bersusah payah untuk mendalami ilmu SEO, cukup memahami dasar-dasarnya saja. Buat situs yang berguna dan kaya informasi, serta tulis laman yang menggambarkan konten Anda dengan jelas dan tepat. Ini akan membuat blog Anda mengatasi persaingan SEO antar sesama blogger.

Cara diatas adalah sebuah pondasi untuk membuat konten yang akan disukai oleh mesin pencari, isi dari informasi konten yang menggambarkan penjelasan artikel akan lebih diutamakan. Teknik ini adalah seni perpaduan keterampilan menulis dan pengetahuan tentang optimasi mesin pencari, itulah SEO yang sebenarnya.

Pentingnya kata kunci


Yang perlu diperhatikan adalah “kata kunci”, pikirkan kata kunci yang akan diketik pengguna untuk mencari laman Anda, dan pastikan bahwa situs Anda memuat kata-kata itu. Ini yang sesuai dengan arahan pedoman webmaster google.

Jangan menggunakan kata kunci yang terlalu rakus hanya untuk mengatasi persaingan SEO, tetapi pikirkanlah kata kunci yang simetris dan relevan mengikuti konten beserta penjelasannya. Buatlah laman yang lebih mengutamakan pengguna dan bukan untuk mesin telusur.

Dengan begitu kata kunci yang Anda bidik akan menjadi keyword natural, terbaca di algoritma penelusuran dan akan lebih diutamakan mesin pencari.

Beberapa hal penting dalam penempatan kata kunci


Keywords atau kata kunci bahkan bisa menjadi buah simalakama, kita tidak bisa asal meletakkan kata kunci atau terlalu berlebihan dalam menuliskannya. Cara ini bukan untuk mengatasi persaingan SEO dan mengharapkan hasil yang memuaskan di mesin pencari.

Setidaknya Anda harus mengetahui tehnik mengolah dan menempatkan kata kunci pada artikel, agar hasilnya akan lebih memuaskan.

1. Headline/judul : Sebagai magnet


Ini sangat penting, Anda bisa membuat judul yang heboh dan viral atau terserah Anda yang penting mengundang pembaca untuk terpancing dan melihat konten yang Anda buat. Tetapi, jangan lupa menempatkan kata kuci pada judul tersebut.

Selain itu, headline atau judul adalah sebagai prioritas mesin pencari untuk mengenali konten Anda. Tanpa ada kata kunci yang Anda tempatkan dalam judul, hasil pencarian mesin telusur tidak akan menemukan konten Anda.

2. Paragraf awal : Penempatan kata kunci dahsyat


Semakin awal Anda menyebutkan kata kunci pada tulisan, maka semakin besar peluang konten Anda dirayapi oleh mesin pencari. Penempatan kata kunci pada paragraf pertama ini sebaiknya sebelum 100 kata, anda bisa menyisipkannya secara natural sebagai bagian dari artikel.

3. Sub Judul/subheading (H2. H3..)


Yang saya tulis bercetak tebal diatas adalah bagian dari sub judul atau sering juga disebut penajukan. Fungsinya untuk lebih menjelaskan artikel dengan lebih terperinci. Dengan adanya subheading, pembaca akan tetap fokus pada topik yang disertakan dan tidak melenceng kemana-mana.

Tempatkan salah satu kata kunci pada sub judul, agar lebih menguatkan judul utama sebagai penjelasan secara detail dan terperinci.

4. Gambar : Bukan sekedar fantasi


Walaupun gambar dalam posting terkadang hanya sebagai ilustrasi, namun akan sangat berpengaruh untuk mengatasi persaingan SEO dalam hasil pencarian, terutama pencarian gambar.

Tempatkan kata kunci pada gambar dan berikan diskripsi yang sesuai, agar gambar dalam posting Anda muncul di pencarian gambar google.

5. Internal link : Pondasi kuat SEO offpage


Internal link adalah sebuah link dari satu halaman menuju halaman lain di dalam sebuah blog/website yang sama, dimana isinya masih saling terkait atau berhubungan. Ini adalah salah satu cara mengatasi persaingan SEO dan cara ampuh meningkatkan SERP pada artikel.

Kata kunci yang relevan bisa Anda tempatkan pada internal link maupun eksternal link untuk memperkuat kedudukan artikel tersebut. Selain itu, Internal link juga akan menambah nilai dan manfaat bagi pengunjung untuk mengetahui informasi terkait dalam artikel.

6. Permalink : Singkat akan lebih bagus


Konten dalam artikel masing-masing memiliki link atau URL yang berbeda. Biasanya, permalink akan terbangun otomatis sesuai judul konten. Permalink dapat diubah sesuai dengan keinginan kita, edit permalink pada konten Anda dan masukkanlah kata kunci kedalamnya.

Permalink yang singkat akan jauh lebih bagus dari pada ukuran panjang, yang paling penting ada kata kunci utama yang Anda bidik dalam permalink tersebut.

Nah, itulah beberapa hal yang paling penting dalam mengatasi persaingan SEO dalam hasil pencarian di google. Hal yang paling utama adalah kata kunci, sebab tanpa kata kunci google tidak akan mengenali konten Anda di mesin telusur.

Itu beberapa hal mengenai SEO yang perlu Anda ketahui, dan jangan terlalu pusing memikirkan hal lainnya. Tetap menulis dan keep spirit. Happy Blogging.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.