Monday, January 9, 2017

Rahasia Sukses Dalam Membawakan Pidato

Rahasia Sukses Dalam Membawakan Pidato - Apakah sobat masih belum bisa mengembangkan potensi dalam berpidato? Oleh karenanya pada kesempatan ini saya akan mengajak sobat semua menyimak tentang rahasia sukses dalam berpidato.

Rahasia Sukses Dalam Membawakan Pidato

“Naik tanpa persiapan, turun tanpa penghormatan” kata bijak tersebut merupakan gambaran bahwa seseorang yang akan berpidato haruslah mempunyai persiapan yang matang.

Kegiatan diatas panggung atau podium tentu memerlukan persiapan khusus.

Kamu pun akan lebih percaya diri dan siap menyampaikan isi pidato dengan baik dan benar.

Setelah kamu memiliki keberanian, mulailah berlatih pidato sederhana.

Pidato tidaklah perlu berpanjang-panjang. Tema yang dibicarakan adalah tema sehari-hari yang dekat dengan lingkunganmu. Misalnya, masalah keindahan taman, rencana berlibur atau masalah-masalah lain yang menarik perhatianmu. Jika berpidato lengkap kamu anggap terlalu panjang dan berat maka dapat kamu mulai dengan latihan membuka atau menutup pidato saja.

Ketika kamu tampil di hadapan orang banyak, tentu kamu akan menjadi pusat perhatian.

Semua yang ada pada kamu akan diperhatikan. Mulai dari pakaian, potongan rambut, tatapan mata, cara berbicara sampai cara kamu berjalan. Jika ada sesuatu yang kurang cocok terhadapmu akan menjadi bahan pembicaraan. Hal ini akan merugikanmu karena penampilanmu menunjukan kurang simpatik.

Untuk itu kamu harus memperhatikan hal-hal yang membuatmu semakin percaya diri, diantaranya adalah:

Rahasia Sukses Dalam Membawakan Pidato

1. Cara Berbusana


Kamu harus berpakaian bersih, rapih dan sopan sesuai situasi. Bersih bukan berarti harus baru dan mahal. Bahkan pakaian yang terlalu mahal dan perhiasan yang belebihan akan memberi kesan pamer. Sebaliknya, pakaian yang terlalu sederhana dan lusuh akan mengesankan kurang menghargai pendengar.

2. Berdiri di Depan Banyak Orang


Sebelum dipersilahkan pembawa acara untuk pidato sebaiknya kamu duduk di tempat yang tidak mencolok. Sebaliknya, kamu tidak duduk didepan para pendengar. Hal ini bertujuan agar penampilanmu mempunyai daya kejut.

Begitu dipersilahkan, kamu harus segera berdiri dan menuju tempat berpidato secara wajar dan tidak dibuat-buat. Jangan langsung berbicara begitu sampai di tempat pidato. Diamlah sebentar sambil menghirup nafas sedalam-dalamnya dengan tenang.

3. Ketahui Siapa Saja yang Hadir


Mengenal siapa saja yang hadir akan membantumu dalam mengarahkan isi pidatomu.

Sebelumnya kamu akan melakukan survei siapa saja yang datang untuk menentukan bahasa pidato yang akan disampaikan. Selain itu kamu juga harus mengetahui jenis acaranya.

4. Kendalikan Anggota Badanmu


Saat berpidato, arahkan pandanganmu ke semua hadirin. Mengapa? Hal ini bertujuan agar semua hadirin merasa diajak berbicara. Inilah awal kontak batin antara kamu dengan hadirin. Untuk meningkatkan adanya kontak batin, pandangan harus merata disertai senyum yang ikhlas dan ramah.

5. Memanfaatkan Pengeras Suara


Jika para pendengar cukup banyak dan ruangan cukup luas, biasanya panitia menyiapkan sarana berupa pengeras suara. Penggunaan alat ini perlu diperhatikan. Sering sering memegang alat ini akan menimbulkan bunyi dengung, juga menimbulkan kesan tidak tenang.

Sekian pembahasan tentang Rahasia Sukses Dalam Membawakan Pidato, semoga dengan adanya kiat mudah ini sobat akan semakin pandai dalam berpidato.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.