Tuesday, January 3, 2017

Perbedaan 4G LTE dengan GSM CDMA

Perbedaan 4G LTE dengan GSM CDMA - Akhir-akhir ini di forum dan group smartphone 4G banyak yang bertanya dan bingung kok smartfren 4G bisa dipake di HP Gsm ya? atas kebingungan tersebut saya mencoba memberikan sedikit penjelasan agar rekan-rekan sekalian bisa tercerahkan.

Perbedaan 4G LTE dengan GSM CDMA

Belum lama ini provider CDMA smartfren menluncurkan teknologi 4G mereka. Kemudian muncullah banyak penggunaa HP 4g seperti ASUS Zenfone 2 yang menunjukkan mereka bisa menggunakan kartu smartfren 4g di smartphone mereka. Banyak yang bertanya kok bisa itu khan HP GSM bukan CDMA.

Sebelum saya akan jelaskan bahwa LTE itu adalah teknologi yang berdiri sendiri bukan hasil pengembangan dari teknologi GSM maupun teknologi CDMA. LTE adalah teknologi yang dikhususkan untuk koneksi data internet mobile broadband. Di sini jelas bahwa LTE itu basis teknologinya adalah koneksi data internet.

Perbedaan 4G LTE dengan GSM CDMA

Koneksi data internet di teknologi GSM dikembangkan dengan teknologi 3G kemudian menjadi HSDPA dan sekarang HSDPA+. Sedangkan untuk teknologi CDMA dikembangkan dengan teknologi EVDO Rev A kemudian EVDO Rev B. Lalu GSM dan CDMA sekarang menggunakan teknologi LTE. Teknologi LTE sendiri adalah teknologi universal yang tidak berangkat dari GSM maupun CDMA namun teknologi ini bisa dipasangkan di module GSM dan CDMA.

Sebuah perangkat smarphone bisa terkoneksi ke LTE jika dilengkapi modul LTE. Modul inilah yang digunakan untuk berkomunikasi dengan teknologi LTE. Module LTE sendiri bekerja dengan frekuensi yang berbeda-beda. Gampangnya jika frekuensinya g sama dengan Frekuensi Operator maka ya tidak bisa nyambung. Sama juga dengan GSM dan CDMA harus ada modulnya dan frekuensinya cocok.

Seharusnya di sini sudah terjawab kenapa kok HP GSM dalam contoh ini ASUS zenfone 2 bisa terkoneksi ke jaringa smartfren 4G. Tentu jawabanya karena Zenfone 2 menggunakan modul LTE yang frekuensinya sama dengan smartfren 4G. Jadi bukan lagi masalah GSM dan CDMA kalau kita melihat konteks dari LTE. Tapi kalau kemudian user bilang kok saya nggak bisa telp sama SMS pake smartfren 4g di Zenfone 2. Ini seharusnya juga sudah terjawab dari penjelasan mengenai module. Asus Zenfone 2 tidak memiliki module CDMA, seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa LTE hanya untuk data bukan telp dan sms. Sementara Asus zenfone 2 hanya terkoneksi ke smarfren dengan LTE saja jadi jelas kenapa tidak bisa telp dan sms di ASUS Zenfone 2 karena HP tersebut tidak memiliki module CDMA untuk bisa telp dan sms di jaringan CDMA.

Perbedaan 4G LTE dengan GSM CDMA

Lalu ada yang bertanya kok kalau pake telkomsel bisa ya telp dan sms padahal konek 4G. Pada saat telp sebenarnya HP terkoneksi ke jaringan 3g atau 2g tidak dijaringan 4G. Silahkan perhatikan jaringan pada saat anda melakukan telp maka yang muncul adalah HSDPA, 3G atau bisa jadi 2G. Ini yang namanya teknologi switching jaringan secara otomatis.

Asus zenfone 2 memiliki module GSM baik itu 2g, 3g dan HSDPA jadi wajar saja jika bisa telp dan sms di jaringan Telkomsel yang merupakan operator GSM. Pada saat melakukan panggilan atau ada telp masuk secara otomatis BTS operator akan memberikan signal untuk swicthing jaringan ke GSM sehingga bisa melakukan panggilan. Hal ini menjawab mengapa pada pengaturan jaringan secara default itu tidak ada pilihan 4G only tetapi 2G/3G/4G karena jika jaringan di set manual ke 4G only maka HP anda tidak bisa digunakan untuk telp dan sms.

Balik ke smartfren lagi, dari penjelasan saya sudah jelas agar anda bisa telp dan sms di jaringan smartfren maka smartphone yang anda gunakan harus terdapat modul CDMA agar bisa swicthing otomatis. Setahu saya saat ini baru smartphone andromax yang memiliki module CDMA dan 4G LTE.

Kemudian ada yang bertanya, Smartfren khan pakai RUIM card bukan SIM card seperti yang ada di GSM kok bisa kartunya dipake di HP GSM. Sim card adalah sarana untuk otentifikasi ke jaringan. Gampang semacam kunci yang memuat identitas (no HP) dan settingan agar dapat masuk ke jaringan operator. Dengan simcard maka pengguna telkomsel tidak bisa masuk ke jaringan XL karena kuncinya beda. Analogi sederhananya seperti itu.

Tentunya untuk bisa masuk ke jaringan LTE simcard perlu diisi dengan setting parameter. Nah parameter ini disimpan di sim card. Akibatnya kapasitas simcard menjadi bertambah karena harus menyimpan setting dari GSM, 2G, 3G, HSDPA, LTE atau CDMA, EVDO A, EVDO B, LTE. Terkait hal ini perkembangan teknologi simcard tidak bisa lagi menggunakan Ruim card atau sim card gsm biasa. Sudah menggunakan USIM atau universal simcard yang kapasitasnya lebih besar 128kb agar mampu menampung data setting parameter berbagai teknologi jaringan dalam 1 kartu.

Kembali lagi ke perangkatnya. Sebuah smartphone 4G tentunya mendukung USIM karena dengan adanya slot USIM ini sudah bisa mengcover kebutuhan untuk sim card maupun ruim card. Jadi jelas mengapa kartu smartfren 4G bisa digunakan di ASUS Zenfone 2.

Inilah yang membedakan HP GSM dan HP CDMA yang support teknologi 4G LTE yaitu kemampuan swicthing untuk melakukan panggilan dan sms. Karena fitur tersebut (telp dna sms) saat ini baru ada di GSM maupun CDMA. Hal inilah yang saat ini membedakan penggunakan smartphone GSM dan CDMA yang memiliki support 4G LTE.

Ke depan seperti pada artikel yang saya tulis sebelumnya operator akan mengembangkan teknologi VoLTE, panggilan suara akan menggunakan koneksi internet dan seamless tanpa harus install aplikasi tambahan. Pengguna tidak akan tahu bahwa dia melakukan panggilan di jaringan LTE. Dengan teknologi ini nantinya smartphone tidak lagi GSM dan CDMA tetapi 4G LTE. Tidak perlu lagi swicthing ke GSM dan CDMA ketika melakukan panggilan dan SMS.

Semoga tulisan saya ini dapat memberi pencerahan terkait fenomena teknologi 4G LTE yang saat ini sedang tren.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.