Sunday, January 1, 2017

Mempercepat Loading Blog dengan Expires Headers

Mempercepat Loading Blog dengan Expires Headers - Tidak dapat di pungkiri, saat ini para pemilik blog saling berlomba lomba membenahi blognya masing masing, untuk mendapatkan kecepatan loading blog yang maksimal baik dari tampilan dekstop maupun tampilan mobily (HP), yah..Persaingan semakin ketat untuk menyedot perhatian pengunjung, jika blog anda loadingnya berat sudah jelas pengunjung tidak akan betah berlama lama, kira kira begitu.

Expires Headers


Leverage browser Expires Headers berkaitan dengan halaman sebuah web seperti gambar, css, javascript, dan sebagainya. Sehingga, saat membuka kembali halaman web yang sama, maka halaman web akan semakin cepat terbuka, karena file yang pada awalnya harus di unduh, sekarang sudah tersimpan di dalam media penyimpanan.

Mempercepat Loading Blog dengan Expires Headers

Pada dasarnya Leverage browser caching mempunyai definisi Mengatur tanggal expires (kadaluwarsa) dalam header HTTP yang bersifat statis. Memerintahkan browser untuk memuat Source Code yang sudah di unduh sebelumnya dalam media penyimpanan. Caching, fungsinya untuk mengatur lamanya penyimpanan file yang sudah didownload saat membuka.

Untuk memastikannya, anda bisa cek template blog terlebih dahulu, sebelumnya silahkan buka halaman Gmetrix, masukkan URL blog anda dan lihat hasiilnya.

Untuk mengatasi hal tersebut,anda bisa menambahkan script, letakkan kode di bawah ini tepat di atas kode </head>

<include expiration='7d' path='*.css'/>
<include expiration='7d' path='*.js'/>
<include expiration='3d' path='*.gif'/>
<include expiration='3d' path='*.jpeg'/>
<include expiration='3d' path='*.jpg'/>
<include expiration='3d' path='*.png'/>
<meta http-equiv="expires" content="sat, 02 jun 2020 00:00:00 GMT"/>

Pratinjau dulu template anda, kalau sudah oke,baru klik simpan, kemudian test kembali template blog anda ke halaman Gmetrix, dan lihat hasilnya.

Di bawah ini adalah gambar setelah di pasang kode di atas, ada sedikit peningkatan dan page load time nya pun menjadi berkurang.

Biasanya perubahan expires header di bagian Yslow pada halaman Gmetrix bisa di lihat hasilnya sehari kemudian, tapi jika test kecepatan blog anda sudah ada perubahan, berarti proses penambahan script sudah berhasil. Demikian Mempercepat Loading Blog dengan Expires Headers, tips yang sederhana ini semoga saja bermanfaat.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.