Saturday, January 14, 2017

Cara Membuat File Folder dengan Bentuk Rar atau Zip

Cara Membuat File Folder dengan Bentuk Rar atau Zip - Cara membuat file atau folder dengan bentuk rar dan zip berpassword dengan menggunakan aplikasi Winrar. Pasti anda sering menjumpai file yang berbentuk rar atau zip. File-file yang berbentuk rar atau zip tersebut sebenarnya merupakan archive dari file-file biasa seperti word, excel, pdf file image dan lain sebagainya yang berada didalamnya. Hanya dengan menggunakan fungsi file rar biasanya ukurannya lebih kecil dari ukuran file asli dan ini banyak digunakan pada file-file yang di upload di internet.

Cara Membuat File Folder dengan Bentuk Rar atau Zip

File yang berformat rar harus dibuka dengan menggunakan aplikasi Winrar, sedangkan yang berformat zip dapat dibuka tanpa perlu menginstal aplikasi winrar. Banyak kelebihan dari aplikasi winrar, yaitu dapat mengompress file dalam dua bentuk yaitu file rar dan zip, dapat membuat password pada file rar, membuat setup instalasi dan lainnya.

Nah kali ini saya akan share bagaimana cara membuat file rar atau zip dengan menggunakan aplikasi Winrar.

1. Install terlebih dahulu aplikasi Winrar

2. File-file yang akan di compress dengan Winrar sebaiknya dijadikan dalam satu folder terlebih dahulu

3. Kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih Add to archive seperti pada contoh gambar dibawah ini :

Cara Membuat File Folder dengan Bentuk Rar atau Zip

Selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut :

Cara Membuat File Folder dengan Bentuk Rar atau Zip

Disini saya hanya akan menjelaskan fungsi yang sering digunakan. Perhatikan gambar diatas. Untuk merubah nama file tersebut dapat merubahnya pada kolom Archive name, ubah nama file sesuai yang diinginkan.

Kemudian jika anda ingin hasilnya berformat rar atau zip dapat memilih pilihan pada Archive format. Untuk membagi file jadi beberapa bagian gunakan fungsi Split to volume, size, pilih ukuran bagian file yang diinginkan. Hasilnya maka file akan berbentuk part1 hingga part-part selanjutnya.

Nah fungsi dari Winrar yang sering juga digunakan adalah membuat file rar berpassword. Untuk itu dapat menggunaan fungsi Set Password. Setelah itu anda dapat klik OK untuk membuat file anda menjadi file archive berformat Rar atau Zip. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.