Friday, January 20, 2017

Langkah Mudah Memenangkan Persaingan Bisnis

Langkah Mudah Memenangkan Persaingan Bisnis - Dari berbagai survei disebutkan bahwa jumlah pencari kerja saat ini jauh lebih banyak dibanding jumlah penyedia lapangan kerja. Dampaknya jumlah pengangguran pun meningkat.

Langkah Mudah Memenangkan Persaingan Bisnis

Memulai bisnis adalah solusi paling tepat untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Namun masalahnya sering kita jumpai calon pebisnis yang mengurungkan niatnya untuk berbisnis lantaran persaingan yang dianggapnya terlalu berat.

Melihat masalah tersebut saya ingin mencoba berbagi informasi kepada Anda khususnya untuk para calon pebisnis tentang cara memenangkan persaingan bisnis yang sudah teruji dan terbukti.

1. Partner


Partner atau mitra kerja merupakan bagian terpenting dalam membangun sebuah bisnis utamanya dalam hal expansi bisnis.

Untuk mendapatkan kepercayaan dari mitra, maka Anda dituntut mampu mewujudkan rencana awal. Karena dari situlah akan terbangun kepercayaan dari mitra Anda.

2. Persaingan


Lakukan analisa persaingan pasar untuk mengetahui siapa dan seberapa kuat lawan Anda. Hal ini penting dilakukan sebagai persiapan awal untuk menyusun strategi guna memenangkan persaingan yang ada.

Anda bisa mulai untuk menganalisa 4 hal penting dalam bisnis yakni Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Oppurtunities (peluang) dan Threats (ancaman) atau sering disingkat SWOT.

3. Pelayanan


Ini adalah salah satu poin penting untuk memenangkan persaingan bisnis. Ya, pelayanan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Pelanggan tidak butuh banyak hal, mereka hanya butuh pelayanan dan kualitas.

Jadi, berikan servis terbaik Anda untuk menyakinkan konsumen bahwa Anda benar-benar peduli dengan mereka.

4. Pelanggan


Menjalin hubungan baik dengan pelanggan akan memberikan banyak manfaat bagi jalannya bisnis Anda kedepan.

Salah satu poin penting yang akan Anda dapatkan dari hubungan baik dengan pelanggan adalah Feedback, ya Feedback dari pelanggan akan menjadi kunci keberhasilan dalam mempertahankan bisnis.

5. Kualitas


Perhatikan juga kualitas barang atau jasa yang Anda tawarkan kepada pelanggan, seperti yang sudah saya katakan diatas, dimana para pelanggan Anda sebenarnya hanya butuh dua hal, pelayanan dan kualitas.

Bersaing di harga memang perlu, namun tidak harus mengorbankan kualitas barang atau jasa yang dijual, karena hal tersebut hanya akan membawa bisnis Anda pada kehancuran.

6. Lokasi


Cara paling mudah mengurangi tingkat persaingan adalah dengan memilih lokasi bisnis yang strategis, yang jauh dari lapak pesaing Anda.

Akses yang mudah sebaiknya juga menjadi pertimbangan utama dalam menentukan lokasi bisnis, karena hal tersebut akan membuat bisnis Anda mudah dikenal dan dijangkau oleh masyarakat.

7. Konsep


Konsep maupun perencanaan awal yang matang akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis kedepan atau minimal untuk mempertahankan agar bisnis Anda bisa tetap berjalan.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan konsep, namun secara garis besar ada dua hal penting yang harus diperhatikan yakni selera dan daya beli masyarakat. Dari situ Anda bisa menentukan konsep seperti apa yang akan Anda jalankan.

8. Evaluasi dan Inovasi


Jika semua hal sudah berjalan, maka kini saatnya melakukan evaluasi untuk melihat kekurangan dan kelebihan bisnis, jangan sampai menutup mata akan hal ini, jika tidak ingin bisnis Anda berhenti.

Bisnis membutuhkan invoasi, itu benar adanya agar bisnis Anda bisa bertahan lama, karena tanpa adanya inovasi, besar kemungkinan bisnis tersebut akan mati.

9. Promosi


Promosi merupakan salah cara untuk memenangkan persaingan bisnis, dengan melakukan promosi akan membuat bisnis Anda semakin dikenal dan semakin meluaskan pasar.

Dengan bertambahnya potensi pembeli maka omset bisnis Anda juga akan berpotensi untuk meningkat, jadi tidak ada salahnya untuk memikirkan strategi pemasaran untuk meluaskan pasar pada bisnis Anda, misalnya dengan membuka cabang baru.

Langkah selanjutnya untuk memenangkan persaingan bisnis adalah fokus untuk mengembangkan merk, karena dari merk inilah akan membuat orang tertarik utnuk membeli produk yang Anda jual.

Mudahnya, jika orang tidak tahu merk Anda, bagaimana mungkin mereka akan membeli produk yang Anda jual, jadi usahakan untuk fokus bersaing pada merk. Karena potensi pembeli baru akan datang jika merk tersebut dikenal banyak orang.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.