Friday, January 6, 2017

Keterampilan Berbahasa Dalam Berpidato

Keterampilan Berbahasa Dalam Berpidato - Pada kesempatan weekend yang indah dan cerah ini, kami akan menuliskan tulisan singkat namun semoga saja bermanfaat tentang pengaruh keterampilan berbahasa, khususnya menyimak, membaca, dan menulis terahadap kemampuan berpidato para siswa.Memang, kita seharusnya sadar bahwa berpidato memiliki hubungan erat dnegna cara kita melatih keterampilan berbicara.

Keterampilan Berbahasa Dalam Berpidato

Tentu saja, kegiatan berbicara ini harus didukung dengan kegiatan lain, seperti menyimak, membaca, dan juga menulis. Hubungan-hubungan tersebut harus kita pahami secara menyeluruh, karena akan berdampak sangat positif terhadap kemampuan berpidato kita nantinya.

Kegiatan berbicara tentu telah kita lakukan semenjak kita masih anak-anak.Oleh karena itu, kegiatan berbicara dipengaruhi oleh cara kita menangkap apa yang disampaikan oleh orang lain (baca : tahapan bahasa pada anak-anak). Kegiatan meniru pembicaraan atau kata kata dari orang lain kadang kita lakukan, misalnya saca mengutip ucapan dari orang tua kita atau gaya bicaranya.

Kegiatan menyimak ini dilakukan dengan memperhatikan intonasi, jeda, kosakata, dan pola kalimat yang diucapkan oleh orang lain sehingga kita mengerti apa yang dibicarakan orang lain tanpa salah. Kegiatan menyimak ini sangat membantu jika kita berlatih pidato, dapat berguan sebagai acuan untuk memberikan penjelasan atau gaya berpidato.

Selain menyimak, hubungan berbicara juga menyangkut dengan kegiatan membaca. Apa yang anda sampaikan akan menjadi lebih berisi jika kamu mempunyai berbagai sumber atau referensi bacaan. Semakin anda banyak membaca, wawasanmu semakin luas sehingga isi pidatomu pun semangit bagus dan berbobot.

Segala buku yang anda baca seharusnya dapat kamu susun atau kamu tambahkan dalam pidatomu. Kegiatan ini tentunya akan lebih menarik. Pidato yang anda sampaikan nanti akan lebih berisi dengan adanya beragam informasi yang terselip di dalamnya. Dengan demikian kegiatan mambacamu akan sangat berpengaruh pada gaya kamu menuturkan isi materi pidato. Anda dapat mendukung pidatomu dengan informasi dari buku yang sesuai dengan isi pidato nantinya.

Lebih lanjut, kegiatan berbicara juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan kegiatan menulis. Apa yang anda sampaikan saat berpidato sebelumnya dapat kamu tuliskan. Tulisan berupa kerangka pidato tersebut dapat menjadi acuan apa saja yang akan kamu kemukakan agar terarah dan runut. Tulisan yang merupakan bahan pidato dapat berupa ide-ide ataupun kata kata yang menggugah dan mampu menghasilkan pidato yang baik.

Akhirnya, segala kegiatan baik menyimak, membaca, dan menulis memiliki pengaruh yang sangat positif terhadap kemampuan kita untuk berpidato karena kegiatan / keterampilan tersebut memiliki daya tarik tersendiri meningkatkan kemampuan berbicara kita saat berpidato.

Semoga dengan adanya teori tentang hubungan keterampilan berbahasa dan kemampuan berpidato, sahabat semua bisa semakin pandai dalam menulis pidato dan membuat naskah pidato.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.