Wednesday, January 11, 2017

Etika yang Harus Anda Ketahui Dalam Berpidato

Etika yang Harus Anda Ketahui Dalam Berpidato - Sahabat pasti sudah mengenal betul tentang pidato, yang pada umumnya berpidato haruslah menguasai diri dan menguasai para hadirin yang ada. Tentu ini merupakan suatu pengalaman tersendiri bagi seseorang untuk dapat membuktikan seberapa bisa untuk melaluinya.

Etika yang Harus Anda Ketahui Dalam Berpidato

Namun perlu kita ketahui bahwa dalam berpidato juga ada unsur-unsur yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah etika, ya etika yang baik maka akan menghasilkan pidato yang baik pula.

Ketika berpidato di depan orang banyak, ada beberapa etika yang harus diikuti. Baiknya etika berpidato disesuaikan dengan hadirin yang menyimak pidato atau dengan kata lain dengan siapa kita berpidato. Baiklah langsung saja kita pada poin utama dalam etika berpidato dibawah ini :

1. Etika berpidato di depan umum


Berpidato didepan umum sebaiknya kita mengenakan pakaian yang sesuai dengan suasana (sopan). Dan tampil dengan bersahaja (rendah hati), sesekali buatlah beberapa humor dalam berpidato dan gunakan kata-kata yang sopan. Ketika akan menutup pidato, baiknya mengucapkan kata maaf bila terdapat tutur kata yang kurang berkenan.

2. Etika berpidato di depan pejabat (orang penting)


Berpidato di depan orang penting haruslah rendah hati, jangan tampil seolah-olah kamu menggurui atau lebih tahu. Jangan memberikan penghormatan yang berlebihan pada hadirin.

3. Etika berpidato di depan pemuka agama


Berpidato di depan pemuka agama haruslah tidak mengeluarkan kata-kata yang dapat menyinggung antar umat beragama, jangan ada nada merendah atau memuji agama tertentu dan perbanyaklah istilah-istilah keagamaan.

4. Etika berpidato di depan pemuda / mahasiswa


Baiknya pidato harus mengutamakan penalaran yang berkaitan dengan dunia anak muda, jangan mengeluarkan kata-kata yang bersifat menentang dan jangan mengkritik dan menyalahkan anak muda.

5. Etika berpidato di depan para wanita (ibu-ibu/muslimah)


Bila pembicara seorang laki-laki maka berhati-hatilah jangan sampai menyinggung harkat dan martabat seorang wanita, gunakanlah istilah-istilah yang tepat seperti ibu-ibu dan saudari sekalian.

Hindarilah kata-kata senonoh yang kurang sopan.

6. Etika berpidato di depan masyarakat desa


Jangan sesekali berbohong, gunakan kata-kata yang sopan dan sederhana, bila perlu sisipkan istilah bahasa setempat.

Baiklah mungkin seperti itu Etika yang Harus Anda Ketahui Dalam Berpidato di depan orang banyak. Semoga dengan adanya tulisan ini sahabat jadi lebih sopan dan ber-etika dalam berpidato.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.