Thursday, January 12, 2017

Belajar Menulis Naskah Pidato Bagi Pemula

Belajar Menulis Naskah Pidato Bagi Pemula - Menulis naskah pidato tidaklah sulit untuk orang-orang yang sudah terbiasa berpidato, namun bagi kalangan pemula mungkin masih sangat kesulitan dalam menerapkan langkah-langkah menulis naskah pidato.

Belajar Menulis Naskah Pidato Bagi Pemula

Pada dasarnya menulis naskah pidato sama halnya dengan kita memahami pidato-pidato yang sudah pernah kita dengar dari orang lain, tinggal bagaimana caranya agar kita menuangkannya dengan jalan fikir dan bahasa yang kita punya.

Menulis naskah pidato sangat erat hubungannya dengan kemampuan kita dengan pengetahuan-pengetahuan yang kita miliki, jika kita mengetahui cara-cara yang tepat dalam menulis naskah pidato maka kita akan menghasilkan pidato yang baik dan benar.

Menulis naskah pidato juga dipercaya sangat efektif untuk para pemula, dengan menulis naskah pidato maka kita akan lebih siap dan matang dalam membawakan pidato.

Di Indonesia juga memiliki orang-orang cerdas dan ahli dalam membawakan pidato, jika kita menengok sejarah maka Indonesia tidaklah lepas dari nama sang proklamator Soekarno, presiden pertama indonesia ini adalah ahli pidato yang sangat ulung. Ia sangat pandai mengolah kata dan menggelorakan semangat bagi massa yang mendengarkan pidato-pidatonya. Hal ini tidaklah lepas dari kelihaian beliau dalam menyusun dan menghadirkan materi pidato yang baik.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum menulis naskah pidato :

Tentukanlah topik atau tema yang akan disampaikan dalam pidato

Tema yang akan dikemukakan harus berhubungan dengan tujuan persoalan yang akan disampaikan. Tujuan tersebut berhubungan dengan sikap atau pandangan pendengar yang kamu inginkan setelah mendengar pidatomu.

Lakukanlah analisis situasi

Kamu harus mengetahui waktu berpidato dan siapa saja para pesertanya.

Kumpulkan bahan yang menunjang pidatomu

Dalam hal ini kamu harus bisa memilih dan memilah hal-hal apa saja yang hendak disampaikan saat berpidato. Hal-hal tersebut akan memperlancar kamu dalam menyusun pidato.

Buatlah kerangka uraian

Kerangka uraian yang dibuat sebaiknya terperinci dan tersusun baik sehingga memudahkan kamu dalam menyusun naskah pidato.

Kembangkanlah kerangka pidato yang kamu buat

Gunakanlah kata-kata yang tepat dan efektif utuk kerangka pidatomu, gunakan juga gaya bahasa atau istilah yang dapat memperjelas uraian menjadi semakin menarik.

Baiklah itu semua yang harus sahabat Iumari pahami dan terapkan untuk menulis naskah pidato, semoga dengan adanya langkah-langkah tersebut sahabat bisa membuat pidato yang baik dan benar. Terus berlatih dan jangan menyerah untuk memberanikan diri dalam berpidato sahabat Iumari.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Namina, salam kenal dan sehat selalu.