Friday, September 9, 2016

Cara Menghadapi Orang Sombong

Cara Menghadapi Orang Sombong - Anda memiliki teman yang sombong? Namun, anda bingung cara menghadapi orang yang sombong terhadap anda? orang yang sombong biasanya dapat anda ketahui dari sikap dan bicaranya yang sering memamerkan sesuatu atau berbual terhadap sesuatu seolah-olah dia pernah mengalaminya.

Cara Menghadapi Orang Sombong

Nah, bagi anda yang suka bertemu atau memilki teman yang sombong. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menghadapinya.

Cara Menghadapi Orang Sombong


1. Bersikap Santai

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk menghadapi orang yang sombong adalah dengan bersikap santai. Jadi, jika suatu saat teman anda sedang menyombongkan dirinya dihadapan anda, tanggapi saja hal tersebut dengan santai, seperti menjawab penyataannya dengan kata –kata yang datar : bagus, hebat juga, boleh juga tuh.

Gunakan ekspresi wajah yang datar dan seolah-olah enggan untuk menanggapi kesombongannya. Orang yang sombong apabila ditanggapi dengan serius, maka kesombongannya akan semakin manjadi- jadi bahkan dia tidak akan segan untuk membual tentang hal-hal yang tidak masuk akal.

2. Tunjukkan Ekspresi Tidak Suka

Cara yang kedua ini hampir sama dengan cara yang pertama tadi, namun cara ini lebih banyak menggunakan ekspresi wajah dari pada kata-kata. Jadi, apabila anda bertemu dengan orang sombong yang memamerkan sesuatu kepada anda, tanggapilah dengan ekspresi yang datar dengan tatapan mata tidak tertuju kepadanya seolah-olah anda tidak sedang berbicara dengannya.

Apabila hal tersebut anda lakukan, maka dengan sendirinya orang sombong tersebut akan menjauhi anda tanpa perlu anda minta. Orang sombong tersebut akan merasa tidak didengar dan dihargai oleh anda karena ekspresi wajah anda yang tidak tertarik bahkan tidak melontarkan pujian terhadapnya.

Pada hakikatnya orang sombong itu sangat senang dipuji bahkan diagung-agungkan. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak menanggapi dengan pujian bualan dan kesombongannya dengan memberikan ekspresi wajah yang tidak suka atau sedang kesal.

3. Menasehatinya

Cara selanjutnya adalah cara yang lebih santun untuk menghadapi orang yang sombong, yaitu menasehatinya. Lakukan pendekatan dengan cara yang baik dan perkataan yang halus agar orang tersebut tidak tersinggung dan marah kepada anda.

Sebaiknya jika anda ingin menggunakan cara ini, dengarkan terlebih dahulu semua perkataan dan kesombongannya, setelah orang terebut selesai bercerita, barulah anda menasehatinya dengan halus. Anda dapat menasehatinya dengan berkata : “Tak ada gunanya kamu menyombongkan diri, harta kita itu hanya titipan dari Tuhan, bisa saja suatu saat Tuhan meminta kembali”. Dengan cara seperti itu, orang yang sombong tersebut akan berintrospeksi dengan dirinya dan mendalami makna dari nasehat anda.

4. Tinggalkan dan Acuhkan

Cara ini sangat ekstrim dan dapat anda gunakan jika orang yang sombong tersebut sudah terlalu sering bahkan hampir setiap saat memamerkan kesombongannya terhadap anda. langkah yang paling aman dan membuat orang tersebut berhenti membual adalah dengan meninggalkannya.

Jadi, sebelum orang tersebut selesai berbicara dan menunjukkan kesombongannya kepada anda, tanpa basa- basi anda tinggalkan saja dia seolah- olah dia tidak sedang berbicara terhadap anda.

Cara ini sebaiknya dilakukan jika puncak kekesalan anda dan orang tersebut sudah memuncak dan tidak ada lagi toleransi untuk berteman dan berhubungan baik dengannya karena cara ini memiliki resiko terjadi konflik atau permusuhan antara anda dan orang sombong tersebut.

Pada intinya, jadikan kesombongan orang tersebut sebagai motivasi bagi anda untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari apa yang dia punya. Sehingga anda tidak merasa terganggu dan selalu semangat dalam belajar dan bekerja.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.