Friday, September 9, 2016

Cara Memimpin Rapat yang Baik

Cara Memimpin Rapat yang Baik - Anda ingin memimpin rapat? Namun anda belum tahu teknik atau cara memimpin rapat yang baik dan efektif? Bagi anda yang ingin menjadi pemimpin di dalam rapat terkadang mengalami nervous atau gugup. Hal itu dirasa wajar karena sebagian orang belum terbiasa untuk berbicara di depan orang banyak.

Cara Memimpin Rapat yang Baik

Oleh karena itu, sebelum anda mengetahui cara memimpin rapat yang baik dan efisien, terlebih dahulu anda harus mengetahui bagaimana cara agar tidak gugup saat memimpin rapat.

Menghindari Gugup saat Memimpin Rapat


1. Percaya diri

Tingkatkan rasa percaya diri pada diri anda bahwa anda dapat berbicara di depan orang banyak. Anggap saja anda sedang berbicara di dalam ruang sepi untuk menghilangkan kegugupan pada diri anda.

2. Menguasai bahan

Pastikan anda menguasai bahan yang akan anda sampaikan. Hal tersebut sangat penting karena anda adalah pemimpin dalam rapat. Jadi anda harus menjadi orang yang paling mengerti tentang maksud diadakannya rapat tersebut.

3. Memperhatikan jeda saat berbicara

Usahakan untuk memperhatikan jeda saat berbicara. Hal ini sangat penting agar maksud dan tujuan yang ingin anda sampaikan disaat rapat dapat dengan jelas dipahami oleh anggota atau peserta rapat.

4. Gerakkan anggota tubuh

Menggerakkan anggota tubuh saat anda berbicara. Hal tersebut untuk mengurangi kegugupan anda saat sedang berbicara karena posisi badan yang terlalu kaku akan membuat anda semakin gugup dan tegang.

5. Berdoa

Berdoa sebelum memulai rapat. Pastikan anda selalu berdoa ketika akan memimpin rapat agar rapat berlangsung dengan damai dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan semua pihak.

Setelah anda memahami berbagai cara di atas untuk menghilangkan rasa gugup saat menjadi pemimpin rapat, barulah anda dapat memahami cara memipin rapat yang baik dan efektif.

Cara Memimpin Rapat


1. Mengadakan Checking dan Recechking

Mengadakan checking dan recechking maksudnya adalah anda sebagai pemimpin rapat harus mempersiapkan segalanya dengan baik dengan melakukan pengecekan dalam berbagai aspek penting dan pendukung di dalam rapat, seperti agenda rapat yang jelas, undangan rapat telah disebar minimal dua minggu sebelum pelaksanaan, persiapan ruangan, dan konsumsi yang cukup.

2. Menguasai Masalah Agenda Rapat

Anda sebagai pemimpin rapat harus memahami segal aspek yang berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas saat rapat, seperti hal yang ingin dicapai dari rapat, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam rapat, memutuskan cara yang paling efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dan anggota-anggota rapat yang dapat memberikan gagasan dan kontribusi saat rapat berlangsung.

3. Menguasai Kebiasaan dalam Rapat

Maksud dari menguasai kebiasaan dalam rapat adalah anda sebagai pemimpin rapat harus memahami AD (anggaran dasar) dan ART (anggaran rumah tangga) organisasi anda serta memahami hak-hak para hadirin dalam rapat. Jadi anda harus memahami anggota rapat yang memiliki hak berbicara dan hak pilih dalam rapat dan anggota yang hanya memiliki hak berbicara saja tanpa memiliki hak pilih atau dipilih.

4. Tegas dalam Mengambil Keputusan

Dalam sebuah rapat anda akan menemui banyak karakteristik anggota rapat dalam berargumentasi, seperti

a. Anggota rapat yang selalu menentang pendapat pihak lain.

b. Anggota rapat yang realistik dan dapat menenrima orang lain karena pendapatnya lebih baik.

c. Anggota rapat yang selalu menonjolkan diri sendiri.

d. Dan Anggota rapat yang memiliki gagasan, namun tidak berani menyampaikannya dan hanya berani meyampaikan di luar rapat.

Anda sebagai pemimpin rapat harus tegas dalam menghadapi anggota rapat yang demikian agar hal-hal yang tidak dinginkan atau konflik yang terjadi dalam rapat dapat terhindarkan.

Sebaiknya anda sebagai pemimpin rapat harus bersikap adil dan netral tanpa memihak kepada pihak atau anggota manapun. Hal tersebut bertujuan agar hasil yang dicapai setelah rapat dapat menguntungkan dan bermanfaat bagi semua pihak dalm organisasi anda.

Artikel Terkait

Saat ini saya mengelola blog yang beralamat di Iumari, salam kenal dan sehat selalu.